Search
  • FOODIZZ.ID

Tips Mempertahankan Bisnis Kuliner di Tengah Pandemi COVID-19

Pandemi COVID-19 memberikan dampak yang cukup besar terhadap berbagai sektor, terutama di bidang usaha kuliner. Tak sedikit yang harus menutup kedai atau restoran mereka seiring dengan aturan pemerintah yang mengharuskan masyarakat untuk beraktivitas di rumah.

Namun, ternyata hal tersebut tak selamanya menimbulkan kerugian, selalu ada peluang untuk para pebisnis meningkatkan penjualan mereka di masa pandemi ini.


Berikut beberapa tips yang bisa kami berikan untuk Anda yang sedang mengalami kesulitan di masa krisis seperti sekarang ini:


1. Lakukan Pivot Produk


Pivot adalah sebuah aktivitas pengembangan bisnis dengan mengubah model bisnis itu sendiri, namun tetap berpijak pada visi bisnis itu sendiri.


Misalnya dengan membuat drive thru menggunakan booth, dimana orang yang naik mobil bisa langsung membeli. Kemudian, menjual produk yang siap untuk dimasak atau diolah di rumah.


2. Menjaga Stabilitas Internal di Masa Pandemi


Buatlah internal campaign yang bisa bermanfaat bagi seluruh tim. Misalnya setiap jam 8 kita melakukan tatap muka melalui Zoom, karena itu akan membawa dampak yang signifikan. Kan ada orang-orang yang tetap butuh support. Energinya pasti akan sampai dan kebersamaan pun semakin kuat.


Internal campaign lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan mencari pendapatan lebih. Misalnya dengan membuat frozen food yang dijual oleh tim internal atau reseller.


3. Stay Update


Selalu lakukan perbaikan setiap hari. Sering-seringlah untuk berdiskusi dengan tim, apa permasalahan yang tengah dihadapi, mencari solusi bersama agar bisa melakukan penjualan yang lebih banyak lagi.


Pantau juga berita-berita terkini yang berhubungan dengan COVID-19 dan lakukan protokol kesehatan sesuai dengan apa yang dianjurkan oleh pemerintah.


Satu lagi hal penting yang harus Anda lakukan adalah terus belajar dan mencari strategi ter-update supaya bisa cepat beradaptasi. Caranya adalah Anda bisa membeli Paket E-Course Survival Mode Bisnis Kuliner. E-Course terbaru dari Foodizz yang akan memberikan pencerahan untuk bisnis kuliner Anda menghadapi masa krisis seperti sekarang.


Artikel bermanfaat lainnya: Keuntungan Punya Brand yang Kuat


Semoga artikel yang diberikan bisa bermanfaat.

Akses berbagai program lengkap Foodizz: Online Class, E-Course, Buku, E-Book, dll untuk mendukung penambahan ilmu Bisnis Kuliner mu!



21 views