Black Friday Clothing Sale Leaderboard.j

Tidak Semua Bisnis Harus Jadi Besar


"Mas klo saya punya 1 coffeeshop ajah di mana saya bisa mengundang temen-temen ngobrol, keluarga bareng, kopi saya bikin sendiri sebisa mungkin setiap saat, bahkan saya juga ingin memasak sendiri makanan-makanan yang akan saya sajikan ke konsumen, menurut mas gimana?"


Saya "Yah lakukan ajah, klo elo mencintai apa yang lo kerjakan, lo passion di sana, ada kebahagiaan yang lo dapatkan dengan menjalankan semua itu serta setidaknya itu cukup untuk periuk nasi di rumah, just do it what ever you want and enjoy it"


Tidak semua bisnis harus menjadi besar, dan tidak ada yang salah atau benar soal ini, karena kembali lagi kepada diri kita sebetulnya, apa yang kita cari atau purpose apa yang memang kita ingin capai dari mendirikan sebuah bisnis.


Langganan saya Tukang Mie Ayam sejak 1997, sampai hari ini tetap menjaga dagangannya, selalu menyapa dengan senyum yang sama bahkan setelah 20 tahun berjalan, bisnisnya? yah segitu-gitu ajah dari dulu, tapi mungkin ajah beliau happy dengan apa yang dijalankan.


Tidak perlulah mengukur sebuah pencapaian menurut kacamata orang lain, tidak perlu juga kita menilai pencapaian bisnis orang lain menurut kacamata kita, karena kebahagiaan itu punya ukurannya masing-masing, Purpose of life itu punya bentuk yang berbeda bagi setiap orang, tidak pernah ada yang tau, pemilik 1 kedai coffeeshop mungkin hidupnya jauh lebih bahagia, karena hanya 1 kedai itulah hidupnya, 1 kedai itulah keluarganya, yang dikenal dengan baik semua karyawannya, dibandingkan pemilik belasan kedai yang hidupnya hanya penuh dengan angka, penuh dengan masalah, dan penuh dengan tantangan, tapi yah.. kembali lagi, bisa jadi si pemilik kedai puluhan ini juga bahagia-bahagia ajah tuh dengan hidupnya. Semua tentang PERSPECTIVE.


Bagaimana dengan kita? Apakah perlu menjadi bisnis besar? Tanya ajah kembali ke hati kita, apakah kita bahagia dengan semua yang kita jalankan, jika YA, mungkin inilah petunjuk Yang di Atas untuk kita tetap konsisten menjalankan apa yang sekarang kita jalankan, jika ternyata hati tidak bahagia, mungkin saatnya sedikit merenung dan kembali lagi melihat Purpose hidup kita.


Bisnis itu cuman kendaraan temen, bukan tujuan akhir.


#SalamKuliner


Nah temen-temen yg ingin MEMULAI atau udah MULAI tapi masih tidak tahu arah, bulan depan Foodizz punya kelas yang LEGEND banget nih yaitu Memulai Bisnis Kuliner dari Nol ke 16, sudah 16 angkatan, nama-nama yang pernah ikut mungkin temen-temen sudah kenal banget seperti Waroeng Steak, HAUS, TEGUK, Mr Suprek, dan ratusan brand lainnya. Kali ini lebih asik, yang ga bisa ikut offline di Bandung, bisa ikut Live nya di online. 4 Hari, 32 Jam. Plus lebih mantap lagi bakal di sharing 5 bisnis yang potensi buat di garap. Yuk join sekarang, ini momen yang sangat pas untuk mempersiapkan bisnis kamu. Klik link ini


Foodizz

1st F&B Education Platform in Indonesia.

www.foodizz.id


#keepsharing

#keeplearning

#spreadknoweledge

#kulinerindonesia


*Buat temen-temen yang mau copas artikel silahkan ajah ga perlu minta izin asal mencantumkan sumber artikelnya, yaitu www.foodizz.id/blog. Yuk hargai karya dan usaha orang lain dalam membuat konten"


Sumber Gambar: Unsplash.com


229 views0 comments

Previous Post

Baca berdasarkan Topik