Pricing Strategy Dalam Bisnis Kuliner (PART 2)


Ok, kita lanjutakan Pricing Strategy yang sebelumnya sudah kita bahas di part 1, yg terlewat part 1 bisa di baca di sini: Pricing Strategy Dalam Bisnis Kuliner (PART 1)


Melaunching harga produk kuliner kita merupakan salah keputusan stratejik yang kita perlu pertimbangkan dengan matang, ketika kita salah dalam mementukan keputusan pricing, bisa berpengaruh pada ketertarikan Konsumen terhadap produk yang kta jual. Nah, dalam artikel kali ini kita akan share 10 Strategi Pricing yang bisa pebisnis kuliner pilih sehingga produknya bisa diterima dan tetap kompetitif bagi target marketnya



1. Penetration Market Pricing


Strategi ini dilakukan pada saat kita baru masuk ke sebuah pasar baru, kita dapat melakukan setting harga produk di bawah harga yang ada di market, konsekuensinya adalah margin profit kita akan lebih kecil, tetapi walau demikian tujuan utama dari strategi ini adalah menciptakan daya tarik dari sisi harga jual kepada target market.


Ketika target market sudah mulai tertarik dengan harga yang ditawarkan, tentunya dengan kualitas yang tidak kalah dengan kompetitor yang mejual produk yang sama, diharapkan keuntungan akan didapat dari volume penjualan yang tinggi dan experience yang diperoleh oleh target market yang masif Ketika mengkonsumsi produk kita.


Frekuensi konsumsi dengan jumlah konsumen yang banyak dan periode yang lama, akan merubah habit konsumsi target market, sehingga diharapkan pada akhirnya berhasil mengalihkan kebiasaan konsumsi dari brand pesaing ke brand kita, atau bermunculan juga konsumen-konsumen baru yang membeli produk yang kita jual.


Ketika habit sudah terbangun, harga mulai bisa dinaikan secara bertahap dalam range yang masih sesuai daya beli konsumen dan kompetitif.



2. Loss Leader Pricing


Loss leader Pricing adalah konsep penetapan harga dengan menetapkah harga salah satu produk yang di push penjualan dan komunikasinya dengan level harga di bawah harga pasar, tujuan dari strategi ini adalah untuk mengundang sebanyak-banyak konsumen yang tertarik untuk membeli produk yang dijual dengan Loss Leader Pricing tersebut, di sisi lain kita sebagai pemilik brand harus menyiapkan strategi pendamping, guna memaksimalkan pembelian dari konsumen yang sudah datang.


Adapun strategi yang bisa menjadi pendamping antara lain adalah

a) strategi upselling, dimana kita menawarkan untuk melakukan upsize produk dari awalnya small menjadi ukuran medium dan big, sehingga penambahan margin bisa kita peroleh dari penambahan ukuran pembelian ini


b) cross selling, kita bisa menawarkan produk pendamping dari menu basic yang kita jual dengan strategi lost leader ini, misalkan produk yang kita terapkan lost leader pricing adalah produk kentang. Selain kita menawarkan produk kentang dengan up selling, kita bisa menwarkan orange juice atau chocolate ice sebagai teman minuman ketika konsumen membeli kentang.


c) suggestive selling, biasanya konsumen datang tidak hanya sendirian, seringkali mereka datang rombongan, misalkan saja yang datang 4 orang dalam satu grup, bisa saja 2 orang tertarik untuk membeli produk basic dengan harga loss leader pricing, sisanya 3 orang lainnya kita bisa tawarkan produk lain yang memiliki margin lebih tinggi, jika penawaran ini berhasil, tentu akan dapat menambah profit margin



3. Price to Competitors


Benchmarking dengan competitor adalah dasar ketika kita akan menerapkan strategi ini, dalam hal ini kita akan menetapkan harga yang sama dengan kompetitor yang menjual produk sejenis. Tentu saja keputusan ini membuat kita tidak memiliki nilai jual dari sisi harga bagi konsumen, sehingga Ketika kita menerapkan strategi harga ini kita harus bisa membangun value lain selain harga.


Pebisnis kuliner bisa membangun value lain tersebut melalui konsep produk yang berbeda, penampilan product/packaging yang unik, serta infrastruktur dan design restoran yang keren



4. Cost Plus Pricing


Strategi ini biasanya digunakan oleh pebisnis kuliner yang memiliki tempat produksi dan berbisnis B to B dengan mensupply bahan baku ke restoran dan café, tujuannya untuk mendapatkan kepercayaan konsumen dengan konsep keterbukaan dan bisa menjadi dasar yang logis Ketika menaikkan harga jual


Mekanismenya sederhana, yaitu dengan menghitung total semua biaya yang jadi beban pembuatan produk baru, kemudian disepakati antara kedua belah pihak akan ditambahkan margin berapa persen dari total biaya yang ada.



5. Bundling Pricing


Bundling pricing merupakan salah satu strategi pemasaran dimana suatu perusahaan menjual dua atau lebih produk dalam satu paket, dengan ketentuan harga paket lebih murah dari pada harga total masing-masing item jika dijual terpisah.


Strategi ini bertujuan untuk meningkatkan APC (Average Per Check) dari setiap pembelian konsumen, yang awalnya konsumen hanya membeli produk makanan saja, tetapi dengan penawaran produk dengan Bundling Pricing ini membuat mereka tertarik membeli paket, karena penawaran harga yang lebih murah.


Dalam menyusun bundling pricing ini, harus berhati-hati, kita perlu mengkombinasikan dengan satu produk yang merupakan preferensi konsumen dengan margin yang besar, sehingga secara paket produk tetap diminati konsumen dan walaupun dijual harga lebih murah, profit marginnya pun masih baik.



Ini adalah 5 Strategi dalam menyusun harga untuk produk yang kita jual, yang bisa membantu teman-teman pebisnis kuliner dalam menetapkan harga yang kometitif, di artikel berikutnya saya akan share 5 strategi lainnya dan juga bagaimana pendekatan yang tepat untuk kita dapat menaikkan harga secara efektif.


Semoga Bermanfaat.


Let's get SCALE


Foodizz Team

Serial #138


#keepsharing

#keeplearning

#spreadknoweledge

#kulinerindonesia


*Buat temen-temen yang mau copas artikel silahkan ajah ga perlu minta izin asal mencantumkan sumber artikelnya, yaitu www.foodizz.id/blog. Yuk hargai karya dan usaha orang lain dalam membuat konten"



#kotenpromo


Supply Chain Management Mastery dalam Bisnis Kuliner


"Siap-siap, ILMU ini akan membuat Anda HEMAT jutaan, puluhan juta, ratusan juta atau bahkan miliaran tergantung skala bisnis Anda. Bukan TEORI, workshop ini dibuat berdasarkan PRATEK DAN PENGALAMAN langsung yang dilengkapi dengan ILMU yang detail"


JANGAN SAMPAI ANDA SALAH LANGKAH DAN RUGI HINGGA MILIARAN RUPIAH! Daftar Sekarang di sini


Sumber Gambar: Unsplash.com


127 views0 comments

Previous Post

Baca berdasarkan Topik