Black Friday Clothing Sale Leaderboard.j

POS (Point Of Sales) Mana yang Terbaik untuk Bisnis Kuliner?


"Halo nanya dong, POS apa yah yang rekomendasi buat bisnis kuliner? Saya baru mau pake POS nih"


"Halo ada yang tau ga POS yang bisa sekalian mengelola data-data menu yang terjual mulai dari core category sampe menu yang tidak potensial"


"Halo ada POS yang gratis ga yah klo buat bisnis gerobakan gitu, yang penting bisa catat omset masuk ajah"


Temen-temen, jika melihat ketiga pertanyaan di atas kita sadar tidak klo ketika pertanyaan tersebut mungkin sekali jawabannya membutuhkan POS yang berbeda? Nah sebetulnya POS mana yang paling bagus itu bisa dibilang tidak ada jawaban yang betul-betul tepat, TERGANTUNG apa OBJECTIVES dan KEBUTUHAN yang kita cari dari POS tersebut untuk bisnis kita.


Karena percuma kita pake POS yang canggih, mungkin perangkat POS nya ajah udah belasan juta atau puluhan juta, belom lagi langganan bulanan untuk sistemnya yang juga mahal, tapi kemudian POS nya cuma buat mencatat transaksi harian, sisanya GA ADA GUNA, ataupun jika butuh-butuh data, eh DOWNLOAD MANUAL soalnya pengelolaan datanya ga bisa POS.


So, POS seperti apa yang cocok buat temen-temen, nah coba perhatikan ke lima hal di bawah, baru kemudian temen-temen putuskan POS mana yang PAS / COCOK buat temen-temen dan memang secara fungsional sudah CUKUP untuk bisnis yang kita jalankan, bukan karena NICE TO HAVE.



1. MODEL BISNIS


Contoh bisnisnya gerobakan, yah mungkin lebih baik menggunakan yg light atau bahkan FREE karena kebutuhan tidak terlalu banyak, misalnya hanya untuk mencatatat transaksi harian. Seperti nya cukup banyak POS yang gratisan jika bisnis modelnya cukup pake yang gratisan. Apalagi misalnya bisnis model ini juga LOW CAPEX dan jumlah outletnya RATUSAN dengan model KEMITRAAN, as simple as untuk catat duit masuk ajah.



2. ANGGARAN BUDGET


Tiap bisnis pasti punya anggaran tergantung bisnis modelnya, nah coba lihat kembali anggaran yang kita miliki serta kebutuhan terhadap POS itu sendiri seperti apa. Jangan maksa karena misalnya POS itu keren atau terkenal, kembali lagi bisnis harus menyesuaikan budget serta kebutuhan. Misal NET PROFIT bisnis kita memang mepet-mepet, langganan POS mahal yah tentu menjadi tidak bijak klo misalnya masih banyak yg gratisan yang bisa digunakan.



3. KOMPLEKSITAS LAPORAN


Nah butuh kompleks atau simple-simple ajah, klo cuman simple-simple ajah yang tentu cari yang fitur nya "cukup" ajah karena udah canggih-canggih ga ke pake juga buat apa khan. Tapi jika bisnis Anda misalnya butuh sampai CORE analisa MENU, dll yang pilih yang memang ada fasilitas seperti ini, walaupun so far masih butuh proses manual seinget Foodizz, download dulu excell nya baru bisa dibuat analisa-analisa karena kebutuhan bisnis kuliner cukup custom.



4. DATABASE / CRM


Bisnis kuliner sekarang wajib punya database pelanggan, nah hal penting bisa soal database ini:

  • Bisa simpan database ga?

  • Bisa kelola database ga misal di intergrasikan dengan WA business atau misalnya email bisa diintergrasikan dengan layanlan email. Nah tapi biasanya POS model gini yah "ada harga ada barang lah" kira-kira, tapi kembali lagi jika bisnis model kita memang perlu yah ini jadi WAJIB.



5. KONEKTIVITAS DENGAN APLIKASI LAIN


Contoh buat rumahan yang mau langsung terlink dengan aplikasi delivery online, yah tentu jika ada POS yang langsung nge link akan lebih baik apalagi jika harganya memang terjangkau, dan kita tidak butuh POS yang terlalu kompleks. Kadang juga beberapa perusahaan memutuskan untuk menggunakan POS karena POS tersebut terbuka untuk pengembangan dan open API (bisa di koneksi dengan software perusahaan).



6. PENGEMBANGAN PERUSAHAAN


Bisnis kita akan seperti apa ke depannya berkembang, nah kita bisa sesuaikan, jangan misalnya high investment sejak awal padahal ga dibutuhkan, hanya fungsi utama ajah yang dibutuhkan sebetulnya. Jadi tahap awal tidak masalah misalnya kita menggunakan POS yang ringan dan murah dulu, namun di tahap tertentu kita mulai melakukan investasi di POS yang memang menunjang bisnis kita untuk SCALE.



7. LAYANAN VENDOR POS


Nah ini juga bisa jadi pertimbangan apalagi misalnya temen-temen bisnisnya sudah gede, misalnya ketika ada masalah terkait POS, pemasangan POS, dll Vendor bergerak dengan cepat dan sigap untuk membantu kita sehingga bisa cepat tersolusi. Tapi kembali lagi, blom tentu juga kita butuh karena biasanya ini juga akan terkait dengan COST yang harus kita keluarkan.


Nah semoga 7 hal di atas memberikan kita gambaran POS seperti apa yang kita BUTUHKAN untuk bisnis kita, sekali lagi bukan yang NICE TO HAVE tapi ga bisa dimaksimalkan. So POS mana yang jadi pilihan terbaikmu? Semoga bermanfaat.


Foodizz

1st F&B EduTech

Belajar Bisnis Kuliner ..... Yah di Foodizz.


www.foodizz.id

www.sekolahkuliner.com

Join Telegram Group di t.me/foodizzid


GOOD NEWS

Temen-temen kuliner di Bulan Mei 2021, Foodizz akan mengadakan untuk pertama kalinya BOOTCAMP BISNIS KULINER dengan topik VALUASI BISNIS, INVESTOR & MENDAPATKAN PENDANAAN yang akan diadakan selama 4 hari, dari pagi - malam. Temen-temen akan langsung dimentoring oleh Pa Budi Isman, Gito Wahyudi, Yuszhak M. Yahya, Danis Puntoadi, Akhmad Saeful, dan beberapa Venture Captital invitation untuk bisa menyusun langsung VALUASI BISNIS milik temen-temen, serta berkesempatan langsung di pertemukan dengan INVESTOR yang siap melakukan investasi di bisnis kuliner jika mereka tertarik dengan bisnis temen-temen kuliner.


Silahkan yang tertarik untuk mendaftar di sini


Peserta hanya dibatasi sebanyak 26 peserta dan akan dipilih peserta yang memang siap untuk melakukan valuasi dan di investasi. Daftar di sini


*Buat temen-temen yang mau copas artikel silahkan ajah ga perlu minta izin asal mencantumkan sumber artikelnya, yaitu www.foodizz.id/blog. Yuk hargai karya dan usaha orang lain dalam membuat konten.


Sumber Gambar: Unsplash.com


213 views0 comments

Previous Post

Baca berdasarkan Topik