Search
  • FOODIZZ.ID

Pebisnis harus tahu istilah-istilah ini...

Orang yang baru pertama terjun ke dalam dunia bisnis, terkadang tidak tahu istilah-istilah di dalam dunia bisnis. Padahal istilah-istilah itu wajib diketahui dan dimengerti oleh pebisnis.

Kali ini Foodizz akan memberikan informasi beberapa istilah dalam bisnis yang penting untuk Anda ketahui.


1. Revenue (Pendapatan)


Revenue atau pendapatan merupakan bentuk pemasukan yang diperoleh oleh suatu perusahaan dalam periode waktu tertentu, seperti pendapatan bulanan, kuarter, semester maupun pendapatan tahunan.


Pendapatan utama yang diperoleh perusahaan biasanya datang dari hasil penjualan, Namun penerimaan juga bisa berasal dari sumber lainnya seperti hasil investasi dan bunga deposito.


Beberapa dari Anda mungkin pernah mendengar revenue stream. Mari kita bahas sedikit. Revenue stream adalah suatu pendapatan yang masuk untuk perusaan kita. Jadi dapat dikatakan juga bahwa pevenue stream adalah pemasukan yang sudah dikurangi dengan biaya yang dikeluarkan.


2. Income (Penghasilan)


Income adalah jumlah uang yang didapat melalui hasil penjualan dalam jangka waktu tertentu dengan pengurangan dari harga pokok penjualan (HPP), beban dan biaya lainnya. Sebagian orang menganggap bahwa income memiliki persamaan dengan revenue, padahal keduanya ini berbeda. Income hapir selalu mengacu pada laba bersih.


Disebut sebagai laba bersih karena jumlahnya dapat mewakili jumlah total uang tunai yang tersisa dari jumlah pendapatan asli.


3. Profit (Keuntungan)


Profit adalah suatu pendapatan yang dikurangi oleh biaya lain seperti halnya modal. Seperti contoh Anda memiliki sebuah bisnis kuliner dan menghasilkan pendapatan sebesar Rp 20 juta, Anda perlu mengeluarkan biaya usaha tersebut sebesar Rp 15 juta, maka profit yang Anda peroleh adalah Rp 20 juta dikurangi Rp 15 juta, yaitu Rp 5 juta.


Profit ini terbagi menjadi 2 yaitu gross profit dan net profit.


a. Gross Profit


Gross Profit adalah pendapatan yang dikurangi oleh cost of goods sold (COGS) atau Harga Pokok Penjualan (HPP). Harga pokok penjualan ini terdiri dari biaya-biaya yang terkait langsung dengan produksi barang.


Contoh harga pokok penjualan yaitu biaya pembelian bahan baku dan biaya upah karyawan.


b. Net Profit


Net profit adalah nilai Gross Profit yang dikurangi oleh biaya yang tidak langsung berhubungan dengan proses produksi, namun biaya harus dikeluarkan agar produk yang dijual sampai kepada pembeli.


4. Cash Flow (Arus Kas)


Cash flow adalah suatu laporan keuangan dimana berisi tentang informasi penerimaan dan pengeluaran kas dalam sebuah perusahaan pada periode waktu tertentu. Berbicara mengenai cash flow, maka akan berbicara mengenai arus kas yang masuk dan arus kas yang keluar.


Arus kas masuk akan dicatat saat ada penerimaan uang tunai pada kas atau penerimaan pada akun bank perusahaan. Sedangkan untuk arus keluar akan dicatat saat uang tersebut keluar dari kas harian maupun dari akun bank.


5 Expense (Beban)


Istilah dalam dunia bisnis yang satu ini juga kadang banyak yang kurang paham dari arti yang sebenarnya. Expense adalah suatu penurunan nilai ekonomi, yang merupakan kas keluar atau aktiva yang berkurang. Beban juga biasanya dianggap sebagai kewajiban. Maksudnya sesuatu yang sudah diberikan dengan memiliki tujuan untuk mendapatkan pendapatan.


Artikel lainnya: 8 Tips Sukses Memulai Bisnis Kuliner Rumahan


Itu dia 5 istilah yang wajib untuk Anda ketahui sebagai seorang pebisnis. Semoga bermanfaat.

Akses berbagai program lengkap Foodizz: Online Class, E-Course, Buku, E-Book, dll untuk mendukung penambahan ilmu Bisnis Kuliner mu!


32 views