No Plan = Plan to Fail


Si Brother ..... "Bulan depan kita mau buat Coffeshop nih bro, konsepnya dibuat kekinian dengan menu-menu yang juga kekinian. Secara konsep design juga kita bakal designer yang terkenal itu, jadi konsepnya bakal dibuat simple, elegan dan comfort banget, jadi konsumen bakal betah lama-lama, kemudian seneng pasti foto-foto, plus juga mereka bisa menikmati pilihan kopi dari berbagai daerah di Indonesia".


Gua ....... "Wuih keren .... keren, kenapa coffeeshop bro? Emang seberapa gede pasarnya sampe lo mau invest 2 Miliaran lebih? Sudah dibuat P&L Projectionnya sampe 3 tahun ke depan? Kira-kira Growth Scenario nya seperti apa nanti? BTW, operational udah disiapkan dari sekarang nih sama biaya OPEX nya sudah dipertimbangkan dengan baik?"


lanjut gua ........... BTW differensiasi dan positoning brand coffeeshop lo nanti apa ya? Kemudian apa dasarnya? Klo cuma pake designer ternama, kopi dari seluruh Indonesia, lah itu mah semua orang juga bakal bisa kerjain, ujung-ujungnya lo bakal menghadapi pesaing baru yang mungkin duitnya lebih banyak bahkan buat coffeeshop cuman buat iseng jualan, berabe khan klo gitu, iya sih konsumen bakal rame banget mungkin 1-3 bulan awal apalagi lo BOM dengan budget marketing, tapi setelah nya, apa STRONG REASON TO BUY? & what makes your CUSTOMER or YOUR TARGET MARKET will come and come again?"


Si Brother .......... "Ah elo bro, klo sampe detail-detail lo tanya, tiap pebisnis yang mau mulai bisa kaga jadi lah wkwkwk, pararel ajah jalanin bisnis, yang penting kita punya konsep kuat dulu, buka dan bentuk market dulu nah baru setelah itu kita liat WHERE WILL IT GO"


Gua .......... yang udah 8 tahun di industri F&B "@#$&$%"


3 Bulan kemudian


Si brother ........... "Bro ada waktu ga bentar mau dong zoom an, pengen curhat nih sama konsultasi klo boleh nanti ke depannya"


Gua ............. Udah feeling ga enak nih "ok bro"


Janjian deh di ZOOM


Si Brother .........." Bro, gini, lo tau khan bisnis kopi yang beberapa bulan lalu gua sharing, nah gini bro, gua sama temen-temen agak bingung nih, kita khan rame banget pas 3 bulan awal, omset gila lah keren, sampe WL konsumen di coffeeshop kita, Nah cuma masalah jadi banyak banget complaint ey, terus aneh banget 3 bulan cash flow kita minus terus jadi harus terus suntik dana ke coffeeshopnya dan jalan bulan ke empat ini sales malah turun terus, sembari kita bingung kenapa ya? padahal khan 3 bulan awal rame banget"


"ini investor yang gua ajak juga jadi ngomel-ngomel, nanya kok omset gede tapi cash flow minus, dikira kita ga bener jalanin bisnis, terus ditambah muncul kompetitor baru lagi, makin pusing kita nih"


"jadi kita mau minta saran nih bro gimana yah kira-kira bagusnya, coba kita dengerin elo di awal-awal yah buat dipersiapkan semuanya. Kira-kira lo bisa jadi konsultan or mentor kita ga yah biar kondisi bisa balik lagi nih seperti awalnya, gimana bro"


Gua .............. "Wah bro ini sih jadi bisa puanjangg ceritanya, banyak yang harus dicari tau dulu, blom lagi dan bisa jadi loh apa yang sudah lo bangun misalnya harus dirombak total, semua butuh biaya tambahan yang cukup besar loh, yah syukur2 problemnya tidak sekompleks itu sih, cuman masalahnya gua lagi Full sekarang ey, paling kita ngopi-ngopi ajah, mungkin gua bisa kasih beberapa input dan masukan yang mungkin kita mengulang obrolan 4 bulan lalu ketika lo blom buka sih"


Foodpreneur, cerita di atas bukan fiksi tapi memang beberapa kali terjadi dalam perjalan Foodizz selama ini.


If you fail to plan, you are planning to fail. Makna singkat dari cerita di atas. Siapkan dengan matang jika ingin berbisnis ataupun seperti kita akan memasukin 2021 jika ingin Success Rate kita lebih baik, jika tidak kita sama saja berjudi dalam bisnis.


Selamat Pagi


#Foodizz

#SpreadKnowledge

#KeepSharing


Udah susun Business Plan 2021? Padahal ini penting sekali loh agar bisnis kita punya rencana dan arah yang jelas. Gagal Berenca berarti Anda Berencana untuk Gagal.


Ga perlu khawatir, Foodizz Ecourse 3 hari menyusun Business Plan, temen-temen bisa belajar 9 jam Full tentang business plan. Silahkan klik di link ini. Yuk mumpung lagi Pre Order harga special.


Sumber Gambar: unsplash.com

153 views0 comments

Previous Post

Baca berdasarkan Topik