Black Friday Clothing Sale Leaderboard.j

Nge BOOMING in Bisnis Kuliner melalui KOLABORASI dgn IKOBE (Influencer/ Key Opinion Leader/ Buzzer)

Salah satu cara cepat untuk BOOMING dalam bisnis kuliner adalah dengan bekerjasama dengan Influencer/ Key Opinion Leadear/ Buzzer, kita singkatkan dengan IKOBE, baik itu booming untuk bisnis yang baru maupun misalnya dalam taktikal program seperti launching produk baru.

Mengapa IKOBE sangat strategis dalam mem BOOMING kan bisnis kuliner kita?

- IKOBE punya follower/ Fanbase (FF) yang biasanya memang sudah cukup besar.

- IKOBE biasanya cukup kuat dari sisi engage dengan FF, hal ini bisa di cek dengan data analyticnya.

- IKOBE juga biasanya punya relevansi cukup tinggi dengan bisnis yang kita jalankan, misal sama-sama di bidang kuliner.

- IKOBE juga cukup banyak insight untuk bisa membuat bisnis berkembang lebih cepat dan booming dalam waktu singkat, apalagi memang bisnis baru dengan product dan brand yang menarik


Nah temen-temen foodpreneur, Kolaborasi dengan IKOBE sebetulnya solusi yang sangat membantu jika temen-temen memiliki keterbatasan dana dan tidak terlalu paham tentang strategi komunikasi branding, khususnya ketika ingin memulai bisnis kuliner loh.


Contoh, misalnya Nyapii (Sei sapi) yang ketika launching menggandeng dan berkolaborasi dengan Edho Zell, yang dalam waktu singkat langsung booming dan dalam beberapa bulan cabangnya langsung berkembang lebih dari 20 di berbagai daerah.


Pertanyaannya, gimana biar bisa kerjasama dengan IKOBE dan bentuk kerjasamanya seperti apa yah? Yuk kita bahas satu per satu biar lebih jelas.


A. Gimana caranya agar bisa kerjasama?


1. Cari IKOBE di daerah kamu lewat Instagram/ Tiktok/ FB.

2. DM (Direct Message) or Call mereka melalui sosmed tersebut. Jangan malu atau sungkan, ingat kita mau nawarin KOLABORASI kok.

3. Ajak bertemu atau undang ngopi-ngopi untuk bisa ngobrol lebih detail.

4. Infokan ke IKOBE kita pengen ketemu untuk bahas bisnis bareng dan juga kemungkikan placement (Pasang iklan), info pasang iklan ini strategi ajah biar IKOBE nya lebih tertarik ketemu hehe..

5. Siapkan penawaran dan ide kolaborasi kita.

6. Ketika ketemu, gali juga insight-insight dan informasi-informasi terkait dengan dunia bisnis kuliner.


B. Gimana bentuk kerjasamanya?


1. Paling awam yah pasang iklan di mereka, tapi ini lebih kerjasama bisnis as usual ajah, kolaborasinya lebih ke develop konten yang bisa membuat bisnis/produk kita lebih booming. Point 1 ini diistilahkan KOLABORASI BUAT KONTEN.


2. KOLABORASI BISNIS BARENG, artinya kita dan IKOBE punya saham (bisnis bareng) dengan KPI masing-masing tentunya, misal mereka punya kewajiban socmed handling, posting di akun mereka, dan juga ngeboomingnya bisnis bareng kita ini.


3. KOLABORASI REVENUE SHARING, artinya kita sepakat dengan IKOBE misalnya untuk launching sebuah menu atau launcing bisnis dengan sistem bagi hasil dari SALES dalam periode tertentu (misalnya 3 bulan). Nah di sini temen-temen foodpreneur bisa hemat budget banget dan lebih punya peluang untuk booming, apalagi kalo ga paham soal branding.


Nah temen-temen foodpreneur, semoga artikel di atas memberikan inspirasi buat temen-temen untuk bisa nge booming in bisnis/produk nya, tidak terlalu sulit khan, yang pernting persistance untuk terus dicoba dan diusahakan, tentu akan ada penolakan, mungkin dari beberapa IKOBE tapi jgn cepet nyerah, sejelek-jelek nya klo di tolak khan tetep dapet temen dan kenalan baru, plus dapet insight-insight.


Selamat Pagi


Let's get SCALE


Foodizz Team


#keepsharing

#keeplearning

#spreadknoweledge


*Buat temen-temen yang mau copas artikel silahkan ajah ga perlu minta izin asal mencantumkan sumber artikelnya yaitu www.foodizz.id/blog. Yuk hargai karya dan usaha orang lain dalam membuat konten"


BTW temen-temen yang tertarik untuk MENDAPATKAN INVESTOR, membuat VALUASI BISNIS, dan mendapakatan GROUP MENTORING serta mendapatkan contoh TEMPLATE EXCELL VALUASI BISNIS, silakan join di kelas FOODIZZ 10x Growth, yang dibawakan langsung oleh Gito Wahyudi (Investor Bisnis) serta Danis Puntoadi (F&B Consultant). Bakal seru banget kelasnya karena temen-temen bisa ngerti tentang GROWTH dan VALUASI dalam bisnis kuliner dengan STUDI KASUS KULINER. Daftar di link ini


Sumber gambar: pixabay.com


595 views0 comments

Previous Post

Baca berdasarkan Topik