Black Friday Clothing Sale Leaderboard.j

NEW PRODUCT LAUNCH, Penting ga sih?

Updated: Dec 18, 2020

Serial 1 from 4, NPL Strategy

NEW PRODUCT LAUNCH dalam bisnis Resto/Cafe merupakan salah satu strategi yang sangat PENTING yang harus dipahami oleh setiap pebisnis, karena objectives dari NEW PRODUCT LAUNCH sangat multifungsi dan stratejik. Contoh ketika muncul HYPE es kopi susu, pertanyaan paling mendasar "IKUT GA?" terus klo ikut apa objective nya? Berapa targetnya? Gimana ngukurnya? Bagaimana memaksimalkan strateginya?


Kebanyakan dari pengalaman Foodizz selama ini, banyak foodpreneur yang menggunakan strategi NEW PRODUCT LAUNCH tanpa DASAR/OBJECTIVE yang terukur dan jelas, karena lebih menggunakan SELERA atau INSTING dari ownernya "kayaknya menu ini ok nih kita luncurkan". Gitu ga?


Nah kesempatan kali ini coba kita bahas yah Foodpreneur apa ajah sih tujuan/OBJECTIVE dalam NEW PRODUCT LAUNCH sehingga nanti ketika kita memakai strategi ini, foodpreneur bisa dengan jelas mengetahui arah dan targetnya.


Coba kita perhatikan ada beberapa tujuan ketika kita memutuskan untuk menggunakan NEW PRODUCT LAUNCH.


1. New Traffic Generator (TC)

NEW PRODUCT LAUNCH dibuat dengan tujuan untuk mendatangkan market baru (New TC), karena kita mungkin merasa market yg ada sekarang sudah bergeser sejak pertama kali kita membuka bisnis kita (berdasarkan data yang dikumpulkan). Contoh, bisnis kita sudah jalan 5 tahun di mana segmen marketnya sudah bergeser cukup jauh, sehingga butuh New Menu untuk membentuk TC baru.


2. Brand Relevant

NEW PRODUCT LAUNCH diluncurkan untuk membuat brand kita tetap relevan dengan target market, jangan sampai konsumen dan target market kita merasa brand kita sudah OUT OF DATE, ketinggalan jaman, dan sudah enggak "KITA BANGET". Brand yang tidak relevan ini sangat berbahaya loh Foodpreneur, karena selain Sales kita bisa turun terus, secara NILAI BRAND juga akan berdampak cukup besar, artinya intangible aset kita yang rusak dalam jangka waktu panjang.


3. Reducing Inventory

NEW PRODUCT LAUNCH dibuat dengan tujuan untuk mengurangi Stock Gudang yang tidak MOVING/berputar, sehingga menjadikan COST bagi perusahaan. Tentu dalam hal ini, New Menu yang dibuat berdasarkan SKU yang memang ditarget untuk dikurangi, namun penting untuk dicatat walaupun objective nya mengurangi atau menghabiskan Stock, tetap saja proses kreatif harus kuat, sehingga selain target tercapai, dari sisi brand juga punya positive impact, bukan sebaliknya, misal karena inventory berlimpah dibuatlah DISCOUNT gila-gilaan yang mana ini malah menjadi BACK FIRE bagi brand.


4. ReBrand

NEW PRODUCT LAUNCH diluncurkan sebagai bagian dari upaya untuk melakukan ReBrand, di mana secara strategi kita merasa saat ini sudah perlu, misalnya mengganti BRAND POSITIONING, karena sudah tidak relevan lagi dengan kondisi saat ini, baik dari sisi konsumen, persaingan, ataupun perubahan pasar. Dalam hal ini bahkan bisa dikatakan New Menu memegang peranan sangat stratejik loh Foodpreneur.


5. APC Increase

NEW PRODUCT LAUNCH dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan APC (Average per Check) sehingga bisa jadi sales lebih cepat dicapai atau memang ditargetkan untuk meningkatkan Sales. New menu relatif lebih stratejik dan aman dalam strategi meningkatkan APC ini, karena konsumen tidak berpikir menu-menu kita jadi mahal, karena yang muncul adalah New Menu dengan harga baru.


6. Low Hanging Fruit

NEW PRODUCT LAUNCHI dibuat dengan tujuan untuk memanfaatkan Low Hanging Fruit, sesuatu yang sudah pasti jadi omset bagi kita karena bisa jadi misalnya produk tersebut memang sudah sangat familiar dalam bisnis cafe/resto (misalnya Nasi Goreng) ataupun menu tersebut sedang sangat trend (seperti es kopi susu) sehingga kita sesegera mungkin berusaha menjadikan ini sebagai strategi untuk meluncurkan new menu.


7. Profit Increase

NEW PRODUCT LAUNCH ditujukan untuk meningkatkan Profit perusahaan, baik itu karena New menu ini lebih kecil COGS/HPP nya sehingga profit akan lebih besar ataupun karena New menu ini harganya lebih tinggi, sehingga membuat Net Income/Profit jadi lebih tinggi juga.


8. Brand Exposure

NEW PRODUCT LAUNCH dibuat dengan tujuan mendapatkan EXPOSURE/Brand Awareness, strategi new menu ini bisa dalam wujud misalnya kolaborasi dengan brand lain, sehingga muncul potensi untuk mendapatkan liputan media serta cross awareness dengan memanfaatkan media masing-masing brand yang berkolaborasi.


Nah, di atas adalah 8 Tujuan ketika kita memutuskan untuk meluncurkan NEW MENU di dalam bisnis kita, coba Foodpreneur bahas lagi bersama tim, mumpung akhir tahun harusnya NEW MENU/NPL merupakan bagian PENTING dalam strategi 2021, ato jangan-jangan blom punya business plan nya? Go! go! buruan dibuat dan diselesaikan udah akhir tahun loh. Klo bingung Business Plan itu apa, gimana formatnya, dokumennya kayak gimana coba cek di link ini


Nah Foodpreneur, tulisan soal NEW MENU/NPL ini akan kita bahas dalam 4 serial tulisan yah biar ga kepanjangan, dalam tulisan Serial Menu Baru ke-2 selanjutnya kita akan bahas MENU BARU APA dan KENAPA? dan kemudian di Serial Menu Baru ke-3, baru kita akan bahas bagaimana UKURAN dan KPI nya dalam NUMBER dan Serial ke-4 (final) kita akan bahas Bagaiman Cara Meluncurkan nya agar sukses.


Stay Tuned selalu dan jangan lupa di share artikel ini ke temen-temen Foodpreneur yang lain, agar semakin banyak yang bisa mendapatkan dan memanfaatkan ilmunya. Share link nya ambil di: www.foodizz.id/blog dan selalu tulis sumbernya dari Foodizz yah temen-temen :)


Bersambung ke New Menu Serial 2, MENU BARU APA & KENAPA?


Selamat Pagi


#Foodizz

#SpreadKnowledge

#KeepSharing


Check seluruh artikel foodizz di www.foodizz.id/blog


Sumber Gambar: www.pexels.com

335 views0 comments

Previous Post

Baca berdasarkan Topik