Black Friday Clothing Sale Leaderboard.j

NET PROFIT MINUS Gara-Gara Manual ? NgitungHPP, Aplikasi Super Penting Bisnis kuliner.


Kapan terkahir kali temen-temen sebagai pemiliki bisnis melakukan check PRODUCT COST? Ato hanya mengandalkan ingatan atau catatan yang dulu? Padahal ini salah satu kunci utama akurasi COGS yang kita miliki, serta pengaruh besar ke NET PROFIT perusahaan loh.


Kita ambil contoh deh real kasus nih, Foodizz baru mentoring :


Si Geprek: "Mas, bulan Maret untungku MINUS gara-gara harga cabe dari 50 ribu melonjak sempet jadi 150 ribu, mana sehari belanja hampir 150 kg cabe"


Foodizz: "Loh emang ga punya langkah antisipasi kan udah tau harga cabe naik, misalnya membatasi dulu penggunaan cabe, atau membuat menu cabe ijo atau kriting ato apa gitu"


Si Geprek: "nah itu saya terlambat di update oleh purchasing klo harga naik sampe 5 hari, jadi udah terlanjur tuh seminggu lebih belanja cabe dengan harga baru tanpa DO NOTHING, kayak pasrah ajah jadinya"


Foodizz: "Kok bisa purchasing ga update? Pasti udah SOP hal-hal seperti ini khan harusnya di dalam perusahaan, ato masih semua manual yah?"


Ini salah satu contoh di mana jika perusahaan kita dijalankan dengan terlalu MANUAL di mana semua di update berdasarkan "seperti nya udah di info" sehingga akhirnya kita tidak betul-betul tau kondisi perusahaan kita seperti apa, contoh di atas menggambarkan di mana:

  • Kita tidak tau apa yang terjadi di pasar "harga naik",

  • Kita tidak tau dengan pasti skrg posisi PRODUCT COST kita berapa?

  • Kita tidak tau IMPACT terhadap NET PROFIT kita

  • Kita tidak tahu harus mengambil langkah penting apa untuk antisipasi yang terjadi di lapangan?


Dari mana sumber masalah di atas? TIDAK UPDATE HARGA dan PRODUCT COST, karena apa? MANUAL, sehingga ada hal-hal yang terlewat. Dari sini Foodizz sering mendorong temen-temen untuk mengadaptasi teknologi untuk membantu temen-temen membereskan masalah-masalah mendasar namun punya impact besar terhadap bisnis temen-temen. Salah satu teknologi penting yang coba akan kita bahas adalah https://ngitunghpp.com/


Mengapa teknologi ini sangat penting walaupun terlihat sederhana, hanya memastikan seluruh DATABASE VENDOR di upload ke CLOUD APLIKASI sehingga temen-temen bisa mendapatkan RUMUS PRODUCT COST yang TEPAT DAN UP TO DATE serta ga perlu khawatir lagi kalo purchasingnya pindah atau menghilang tanpa kabar, seluruh data VENDOR tetap bisa diakses karena OTORITAS nya ada di owner, coba yuk kita lihat mengapa SANGAT PENTING?



1. AKSES DATA VENDOR


Ini penting sekali, baik yang bisnisnya baru 1 cabang maupun banyak cabang, untuk memastikan database VENDOR DETAIL (harga, legalitas, term & condition) harus kita pastikan ada di CLOUD, sehingga kita tidak perlu khawatir jika divisi purchasing kita, atau PIC nya berhenti dan menghilang tanpa kabar. Jika manual pake excell, wah bisa pusing temen-temen apalagi kalo cabangnya banyak.



2. AUDITED


Dengan semua sistem sudah CLOUD, kita akan mudah melakukan AUDIT kinerja team, kinerja VENDOR, history harga, PRODUCT COST, dll. Contoh purchasing bilang sudah info harga pas ketemu dengan Anda sebagai owner, yah Anda tinggal tanya sudah di update ke www.ngitunghpp.com ? Klo blom semua cuman alasan ajah. Demikian juga KEY VENDOR seperti supplier cabe, kita bisa wajibkan mereka untuk update harga jual di apliasi ngitunghpp kita sehingga kita bisa menolak untuk kenaikan harga jika tidak diinfokan secara resmi di aplikasi tersebut.



3. PALING UPDATE


Yes dengan aplikasi kita sebagai owner jadi bisa mendapatkan notifikasi secara UPDATE baik perubahan vendor, kenaikan harga, penurunan harga serta pergerakan PRODUCT COST yang khususnya memberikan dampak besar terhadap NET PROFIT perusahaan kita. Kita juga secara up date bisa melakukan audit, baik itu harga dan vendor yang digunakan oleh tim kita, khususnya temen-temen yang menyerahkan pekerjaan ini ke profesional.



4. OTORITAS APPROVAL


Apakah boleh purchasing mengganti vendor tanpa sepengetahuan temen-temen? Ato Vendor merubah harga tanpa temen-temen tau dan terupdate dengan cepat? TIDAK BOLEH tentunya khan, nah aplikasi seperti ngitung HPP ini memiliki sistem AUTHORITY di mana berbagai perubahan bisa disetting harus di acc terlebih dahulu oleh seseorang "bisnis owner atau orang yang dipercayanya" sehingga ga akan ada tuh kasus di mana harga cabe naik tapi temen-temen ga tau.



5. PRODUCT COST PRESISI


Lupakan excell, dengan aplikasi semua product cost yang kita miliki akan sangat presisi karena semua dibuat berbadasarkan MASTER DATA yang kita miliki. Ga ada perbedaan mau itu 100 perak sekalipun, apalagi 1000 atau 10.000 ribu, temen-temen nanti coba pake aplikasi nya dan bandingkan dengan itungan manual yang dulu temen-temen pernah buat, JANGAN-JANGAN ga sadar selisihnya gede sehingga PROFIT selama ini kecil cuman gara-gara hal ini. PANIK GA? PANIK GAK? PANIK LAH, MASA ENGGAK?



6. SIMULASI PRODUCT COST


"Coba kurangin gramasi ayamnya dari 120 gram ke 80 gram" Nah menggunakan aplikasi ini yah tinggal ganti angka di kolom dan langsung kelihatan selisih 120 gram dengan 80 gram terhadap PRODUCT COST sehingga meminimalisir resiko salah product cost serta salah strategi dalam menyusun product cost yang kita miliki.



7. KEPUTUSAN PENTING


Pentingnya UPTODATE salah satunya tentu adalah cepat atau tidaknya kita mengambil keputusan stratejik. Contoh cabe di atas, klo di hari yang sama Owner tau harga loncat tinggi, mungkin ownernya bisa segera mengambil langkah-langkah strategic untuk mengantisipas NET PROFIT nya jadi MINUS gara-gara cabe, misalnya mengurangi GRAMASI, mencampur caba rawit merah dan kriting merah, membatasi porsi cabe merah, atau bahkan membuat cabe baru, misalnya sambal matah yang costnya lebih rendah. Namun nasi sudah menjadi bubur hanya gara-gara semua masih manual.



8. EVALUASI KINERJA


Dengan aplikasi tentu akan mempermudah kita melakukan evaluasi kerja tim kita, contoh:

- Purchasing, klo telat update sudah jadi bahan evaluasi, klo tidak punya alternatif vendor yang diupdate di aplikasi bisa jadi bahan evaluasi, dan banyak lagi loh.

- Marketing, udah dapet notifikasi klo harga naik, product cost naik lah kok ga ngapa-ngapain, tidak ada langkah-langkah antisipasi terhadap informasi seperti ini? Bisa di evaluasi.

- Finance dan Vendor, kok main bayar-bayar ajah harga yang mahal, padahal vendor tidak melakukan update harga namun malah nagih harga baru, bisa dievaluasi juga.


Ini baru sedikit bagaimana manfaat aplikasi NgitungHPP ini, mereka bahkan lagi mengembangkan tahap ke 2 yaitu sampai belanja via aplikasi, serta inventory sehingga akan banyak lagi manfaat yang bakal temen-temen dapatkan.


So jangan nunggu MASALAH datang, sekarang juga better gunakan www.ngitunghpp.com cuman 70 ribu per bulan, cuman seharga 2 gelas kopi kok. Go DIGITAL YUK.


Semoga Bermanfaat.


Buat yang ingin tau lebih jauh dan berlangganan serta dapet trainingnya, temen-temen bisa langsung kunjungin www.ngitunghpp.com or WA langsung tim nya disini

Foodizz

1st F&B EduTech

Belajar Bisnis Kuliner ..... Yah di Foodizz.


www.foodizz.id

www.sekolahkuliner.com

Join Telegram Group di t.me/foodizzid


#keepsharing

#keeplearning

#spreadknoweledge

#kulinerindonesia


*Buat temen-temen yang mau copas artikel silahkan ajah ga perlu minta izin asal mencantumkan sumber artikelnya, yaitu www.foodizz.id/blog. Yuk hargai karya dan usaha orang lain dalam membuat konten.





361 views0 comments

Previous Post

Baca berdasarkan Topik