MENTOR Dalam Bisnis Kuliner, PENTING?

Updated: Dec 29, 2020

Masih lanjut inspirasi dari Drama Korea Start-up, salah satu yang cukup menarik di film ini adalah MENTOR yang dipilih dan hadir ketika Samsan Tech berhasil masuk dan terpilih dalam program Sandbox.


Seo Dal-Mi dihadapkan pada pilihan mentor yang sangat punya kompetensi di bidangnya, seperti Ibu Yoon Sun-Hak, foundernya Sandbox, Alex Kwon, 2STO dari Silicon Valley dan kepala tim di perusahaan ventura, SH Venture Capital, Han Ji-Pyeong.

Pada akhirnya Seo Dal-Mi memilih Han Ji-Pyeong sebagai mentornya karena Pak Han yang sangat peduli dengan Samsan Tech sejauh ini serta tentu tanpa mengesampingkan pertimbangan profesional dan kompetensi Han Ji-Pyeong walaupun pada perjalanannya Han Ji-Pyeong bisa dikatakan mentor yang sangat menyebalkan bahwa di sebuah episode Han Ji-Pyeong mengatakan sendiri bahwa Samsan Tech tidak ada peluang untuk bisa sukses.


Pada akhirnya perjalan mentoring di mulai, banyak sekali yang bisa dipelajari mulai dari menyusun Pitch Deck, menyusun Revenue Stream, Business Model dan lain sebagainya di mana Seo Dal-Mi sangat aktif terus bertanya walaupun mungkin banyak hal yang cukup tajam bagi telinga Start-up mengenai masukan dan imput dari mentornya Han Ji-Pyeong.


Yes, pada akhirnya mereka sukses di demo day, sayangnya (spoiler alert!!) setelah demo day muncul konflik cinta haha, sehingga ketika menerima penawaran 2STO mereka tidak mendiskusikan terlebih dahulu dengan Han Ji-Pyeong sebagai mentor yang akhirnya membuat tim mereka dibubarkan oleh 2STO dan Seo Dal-Mi sebagai CEO dipecat tepat 1 hari setelah deal.


Lah mau bahas apa ini, spoiler drakor? yah kagak lah wkwk, kali ini biarpun intronya panjang Foodizz ingin coba membahas satu hal yang cukup menjadi sorotan di film Start-up yaitu mentor. Perlu ga sih? Mentor kayak apa emang yg diperlukan?


Sejauh perjalan bisnis kuliner yang sudah dijalankan, satu kesimpulan yang muncul soal Mentor dalam bisnis kuliner, apa itu? MENTOR itu PENTING sekali. Mengapa?


1. Titik Buta (Blind Spot)

Mentor dengan pengalamannya dapat melihat Blind Spot yang sering tidak terlihat oleh mentee nya, Blind Spot ini kadang sangat berbahaya bagi pebisnis apalagi yang memang blom pernah berhadapan dengan masalah atau tantangan yang muncul.


2. Scale bisnis lebih cepat

MENTOR memberikan leverage (keunggulan) untuk bisa kita bisa lebih cepat scale up karena mentor tau poin-poin mana saja yang harus difokuskan dan bagaimana strategi untuk membangun bisnis dengan cepat dan tepat.


3. Efisien dalam bisnis

Mentor juga bisa membuat bisnis kita lebih efisien karena titik-titik inefisiensi dalam bisnis bisa diantisipasi dengan bimbingannya. Inefisiensi ini biaya belajar sangat mahal jika kita terjerumus di dalamnya loh foodpreneur.


4. Titik Kritikal

Mentor juga bisa membantu kita untuk melewati banyak titik kritikal dalam bisnis yang kita jalankan. Simpel-simpel ajah misal, soal jualan bahan baku ke mitra jika bisnis anda kemitraan, Sistem Supply Chain seperti apa yang harusnya dipakai, gimana regulasi pajak, bagaimana mengatur strategi harga jual di mitra, bagaimana memastikan pemenuhan inventory tentu masalah besar ketika kita terlalu cepat ekspansi tanpa pengetahuan yang kuat dalam SCM, nah mentor yang handal tentu membuat kita bisa smooth melewati hal ini.


5. Meningkatkan Moral

Yup kadang perjalanan bisnis membuat kita cukup lelah, mentor bisa dijadikan temen ngopi dan curhat tentunya, dengan pengalamannya mungkin sekali hadir solusi-solusi bukan hanya soal bisnis namun juga bisa soal spritual dan emosi.


Yah tentu penting sekali kita memilih mentor yang punya kompetensi di bisnis yang kita jalankan apalagi jika kita memang masih membutuhkan bimbingan teknis dan strategi, namun tidak semua mentor harus mengerti detail bisnis yang kita jalankan juga, misal everything ok in our business, tapi kita lebih butuh mentor yang bisa mendorong moral dan spirit kita, yah carilah mentor yang memang di area tersebut


Kadang mentor juga tidak harus bersifat fisik ngobrol, kita bisa juga mencari mentor-mentor melalui pemikiran-pemikiran mereka di youtube, podcast, artikel, dll untuk mendapatkan berbagai insight dalam menjalankan bisnis kita.


So finally dikembalikan lagi ke temen-temen foodpreneur semua soal ini, apakah ingin memiliki mentor yang memang mendampingi bisnis kita ato kah cukup kita belajar dari pemikiran-pemikiran mereka dari berbagai media di mana mentor tersebut eksis.


Foodizz

#keepsharing

#Spreadknowledge

#bisniskuliner

#Indonesiamaju


Buat temen-temen yang membutuhkan Mentor dalam bidang kuliner, nah finally terbuka kesempatan nih untuk bisa langsung dimentori pebisnis kuliner yang sudah berpengalaman silahkan WA ke nomor 082261170077 Winda.


Sumber gambar: www.instagram.com/tvndrama.official

57 views0 comments

Previous Post

Baca berdasarkan Topik