Search
  • FOODIZZ.id

7 Strategi Meningkatkan % REPEAT BUYING

"Apa saja yang harus Foodpreneur lakukan untuk membuat tingkat Repeat Buying konsumen menjadi tinggi?"

REPEAT BUYING itu sangat penting bagi setiap pebisnis kuliner loh, mengapa? Coba kita liat beberapa alasan di bawah ini kenapa PENTING ato bahkan SUPER PENTING.


- Cost Akuisi TC (Total Check) baru sangat tinggi

- Bisa memprediksi SSS lebih tajam jika % Repeat tinggi

- Meningkatkan nilai perusahaan

- Menggali banyak insight baru dan loyal customer

- Program yang lebih tajam dan terarah

- Bisa menghitung customer lifetime value

- Cost promosi jadi lebih rendah


Nah kebayangkan mengapa sangat penting, contoh di no 1, klo REPEAT BUYING kita rendah, artinya kita harus terus mendatangkan KONSUMEN BARU, yang artinya BIAYA lebih TINGGI, karena untuk mendatangkan konsumen baru kita membutuhkan BRAND ACTIVATION, PLACEMENT (beriklan), Buat KONTEN (bisa jadi harus bayar agency) dan biaya-biaya lainnya, yang tidak perlu muncul jika persentase REPEAT BUYING kita tinggi.


Jadi Foodpreneur WAJIB SEKALI untuk kita memastikan dan membuat terjadinya REPEAT BUYING dalam persentase yang tinggi.


TAPI, yah tentu ini TIDAK MUDAH, bahkan untuk bisnis kuliner misalnya yang punya OUTLET bisa dikatakan cukup sulit membuat % REPEAT BUYING tinggi karena banyaknya pesaing dan pilihan untuk konsumen menikmati sebuah produk.


TAPI lagi, bukan berati kemudian kita berpasrah dong, harus tetap menjalankan strategi dan program untuk bisa memaksimalkan terjadinya REPEAT BUYING walaupun sulit. Gimana caranya?


Yuk coba kita bahas singkat 7 Cara Meningkatkan Persentase REPEAT BUYING di bisnis kuliner kita.


1. Collect Database

Nah ini langkah awal banget yang paling penting, untuk membuat terjadinya REPEAT BUYING, kita harus punya tuh data konsumen kita, baik itu data yang tajam ataupun masih bias. Yah, tajam contohnya database yang bisa kita dapatkan dari POS, aplikasi, WA, data bias misalnya yang follow Intagram, Tiktok.


2. Gunakan Tools yang mendukung

Data bisa diolah tentu dengan bantuan Tools dan Media, artinya pastikan data yang kita miliki memang bisa diolah, dan dengan apa mengelolanya kita paham. Contoh kalo kita punya data WA, nah tentu melalui WA bisa kita olah, atau klo kita punya Aplikasi seperti Aplikasi Upnormal (Coba download untuk mencari insightnya) nah nanti melalui aplikasi ini bisa kita kelola datanya.


3. Buat Program REPEAT BUYING

Apa yang membuat konsumen REPEAT BUYING, yah salah satunya tentu PENAWARAN dan PROGRAM konsumen, jadi coba dibuat penawaran dan program-program yang memang menarik, sehingga konsumen kita terus melakukan REPEAT BUYING. Misal program Discount Konsumen Loyal, Program Buy 1 Get 1 khusus Konsumen Loyal. Jadi program dan penawaran memang dikhususkan untuk data konsumen yang memang pernah transaksi di outlet kita.


4. Alokasikan Budget REPEAT BUYING

Yah Penawaran dan Program tentu butuh budget, tapi seperti yang dibahas budget ini jauh lebih kecil daripada kita harus mengakuisisi konsumen baru loh Foodpreneur, serta budget ini ukurannya juga langsung SALES sehingga sangat efektif dan tepat sasaran.


5. Dedicated PIC / Team dengan KPI

Nah salah satu yang membuat program REPEAT BUYING tidak efektif atau bahkan tidak jalan sama sekali adalah tidak ada PIC (Person In Charge) khusus yang menanganinya padahal impactnya sangat besar bagi bisnis kita. Jadi coba berinvestasi dengan PIC dan kasih KPI Sales REPEAT BUYING.


6. Insight dari Konsumen

Sebagai pemilik brand, semua program dan penawaran yang kita buat untuk program REPEAT BUYING harus juga mengacu dari INSIGHT konsumen yang memang sudah datang, jadi lakukan survey dan riset konsumen secara berkala sehingga kita tau program dan penawaran yang paling tepat serta juga tau misalnya mengapa mereka tertarik, atau tidak tertarik.


7. Review, Evaluasi & Improvement

Selalu lakukan review, evaluasi dan improvement terhadap program REPEAT BUYING yang sudah dan sedang berjalan untuk terus bisa mendapatkan hasil yang terbaik. Selalu ukur hasilnya, apakah ada peningkatan REPEAT BUYING dari bulan ke bulan, sehingga kita terus bisa melakukan improvement.


Nah Foodpreneur semoga bermanfaat yah, ayo segera di praktekan, coba bayangkan berapa banyak konsumen yang pernah datang ke outlet kita, sayang banget klo kita tidak menjalankan program REPEAT BUYING ini.


#Foodizz

#SpreadKnowledge

#KeepSharing


Udah susun Business Plan 2021? Padahal ini penting sekali loh agar bisnis kita punya rencana dan arah yang jelas. Gagal Berencana, berarti Anda Berencana untuk Gagal.


Ga perlu khawatir Foodizz Ecourse 3 hari menyusun Business Plan, temen-temen bisa belajar 9 jam Full tentang Business Plan. Silahkan klik di link ini. Yuk mumpung lagi Pre-Order harga special!!

122 views