Search
  • FOODIZZ.ID

Mau Usaha Kuliner Anda Sukses Melalui Social Media Marketing?

Anda memiliki bisnis kuliner? Tapi kok penjualan masih sepi saja. Apakah Anda sudah mencoba menggunakan social media marketing sebagai sarana untuk pemasaran? Jika belum Anda wajib untuk terjun sekarang.

Sebagai pebisnis kuliner, kedai Anda akan lebih ramai jika menggunakan social media marketing. Tidak hanya itu, ada banyak lagi keuntungan yang bisa Anda peroleh melalui social media marketing seperti:


  • Kunjungan konsumen ke kedai meningkat,

  • Setiap event di kedai selalu ramai,

  • Biaya marketing lebih hemat,

  • Menciptakan fanbase kuliner Anda,

  • Memudahkan Anda untuk menemukan segmen pasar,

  • Dan membuat konsumen mengenal menu serta range harga produk yang Anda tawarkan


Kehadiran bisnis kuliner Anda di media sosial juga akan memudahkan konsumen itu sendiri. Banyak informasi yang bisa didapatkan oleh calon konsumen sebelum mereka akhirnya memutuskan untuk datang langsung ke outlet.


Fakta Social Media Marketing


Media sosial adalah salah satu platform yang bisa digunakan untuk pemasaran tapi Anda tidak perlu biaya yang besar. Selain sarana untuk pemasaran, media sosial juga bisa Anda gunakan sebagai media interaksi dengan konsumen. Istilah kerennya adalah engagement.

Variasi Konten Digital Marketing


Berperan sebagai media promosi, media sosial menyediakan berbagai fitur keunggulan dan kemudahan dalam mengoperasikannya. Salah satunya jenis konten digital marketing. Di media sosial, Anda bisa mengunggah foto, video, poster dan lain-lain.


Setiap konten memiliki efektivitas sendiri-sendiri. Selain itu, beda media sosial maka beda pula konten yang cocok untuk Anda gunakan. Namun, secara general kombinasi antara konten visual dan teks akan membuat postingan Anda di media sosial lebih powerful.


Optimalisasi Segmen


Social media marketing harus diterapkan pada beberapa platform, tidak hanya 1 platform. Misalnya Facebook dan Instagram. Strategi marketing akan semakin optimal dengan menggunakan beberapa medsos sekaligus.


Instagram: Cenderung banyak konten foto sehingga cocok dijadikan sebagai tempat untuk memajang foto produk. Selain itu, interaksi antara pemilik kedai dan konsumen pun bisa berinteraksi secara cepat.

Facebook: Dipenuhi oleh konten teks pengguna sehingga Anda bisa menelaah lebih lanjut soal respon konsumen terhadap service atau produk Anda. Selain itu, Facebook pun bisa Anda jadikan sebagai wadah diskusi antara Anda dan konsumen. Hal ini bisa memastikan kedalam informasi dan membentuk komunitas yang kuat.


Artikel lainnya: 8 Cara Membangun Kreativitas dan Inovasi dalam Tim


Kunci untuk memasarkan produk dan mengenalkan bisnis kuliner Anda ke pasar online adalah konten yang menarik, lalu bagaimana cara membuat konten menarik yang bisa menarik perhatian banyak orang? Anda bisa belajar langsung di E-Course Marketing, Selling & Social Media Bisnis Kuliner yang sudah Foodizz sediakan untuk Anda pelajari. Semoga bermanfaat.

Akses berbagai program lengkap Foodizz: Online Class, E-Course, Buku, E-Book, dll untuk mendukung penambahan ilmu Bisnis Kuliner mu!


42 views