Search
  • FOODIZZ.id

Mau Nawarin apa? Dan Kenapa Konsumen Mau Beli?

Dua pertanyaan sederhana dalam bisnis apapun sebetulnya. Apa yang ingin kita tawarkan dan bagaimana caranya sehingga konsumen "harus", "tertarik" dan akhirnya membeli apa yang kita tawarkan tersebut, dan bahkan sampai konsumen dengan sukarela mempromosikan dan merekomendasi brand kita. Ok, coba kita bahas satu per satu yuk.


Pertanyaan Pertama,


MAU NAWARIN APA, ini salah satu pertanyaan yang keliatan mudah, tapi sebetulnya tidak mudah, karena banyak faktor yang dipertimbangkan sebelum akhirnya kita membuat PENAWARAN ke konsumen.


- Nawarin produk ..........

- Nawarin konsep yang keren ....

- Nawarin harga yang murah ....

- Nawarin manfaat yang bisa di dapat ....

- Nawarin nawarin layanan ............

- Nawarin pengalaman ..............

- Nawarin kombinasi manfaat .......


dan banyak lagi PENAWARAN yang bisa kita lakukan untuk membuat konsumen akhirnya MEMBELI DAN MEREKOMENDASIKAN brand kita.


Pertanyaan yang perlu dijawab ketika membuat PENAWARAN yang perlu diperhatikan:

  1. Apakah PENAWARAN menjawab kebutuhan dan keinginan konsumen.

  2. Apakah PENAWARAN kita lebih baik dari PESAING

  3. Apakah PENAWARAN kita punya dampak baik ke dalam perusahaan kita, misalnya ga membuat kita rugi dan malah sebalik membuat keuangan kita makin bagus.

  4. Apakah PENAWARAN kita sulit dilewatkan oleh konsumen, artinya konsumen akan merasa rugi kalo tidak mengambil penawaran yang kita berikan?

  5. Apakah PENAWARAN yang kita buat tidak mempunyai impact jelek ke brand kita, misalnya klo penawaran diskon apakah malah akan membuat konsumen punya persepsi brand kita tidak laku? Apakah justru sebaliknya, penawaran yang kita berikan makin memperkuat brand kita?

Pertanyaan Kedua,


GIMANA CARA NAWARINNYA sehingga membuat konsumen harus / terpaksa / pasti / secepatnya membeli.


Ini ga kalah penting nih dengan APA YANG MAU DITAWARKAN, GIMANA CARA NAWARINNYA inilah salah satu faktor penting yang akhirnya membuat konsumen ACTION MEMBELI, Anda bisa punya PENAWARAN yang luar biasa benefitnya, tapi klo ga tau GIMANA CARA NAWARINNYA yah bisa jadi konsumen tidak tau dengan APA YG DITAWARKAN, lah klo sudah begitu siapa yang mau beli?


Nah ada 3 resep tentang GIMANA CARA NAWARINNYA


1. CONTENT yang KUAT

Penawaran harus dibuat dengan content yang kuat, baik itu berupa Image, Video, Copywriting, Testimonial dan berbagai content yang bisa membuat konsumen AWARE, TERTARIK dan sampai akhinya memutuskan untuk membeli. Jadi di point ini, Foodpreneur harus mau belajar soal ilmu CONTENT, kecuali ada budget untuk bayar agency.


2. MEDIA yang TEPAT

Nah penawaran juga harus di "lempar" melalui media / platform yang tepat di mana memang konsumen kita ada di sana, jadi jangan sembarang atau asal pilih media.


3. WAKTU yang PAS

Terkahir, tentu penawaran juga harus dilakukan di waktu yang tepat, misalnya kita membuat penawaran Buy 1 Get 1 di tanggal muda, yah ngapain? rugi dong kita, harusnya buat penawaran lain yang lebih menarik serta punya dampak omset yang ok karana lagi tanggal muda.


Nah Semoga bermanfaat yah temen-temen Foodpreneur.



22 views