Search
  • FOODIZZ.id

Langkah Mendaftar menjadi Merchant Go-Food dan Grab Food

Updated: Aug 31


Sumber gambar: Inet Detik

Saat ini sudah menjadi hal yang wajib sebuah bisnis kuliner membuka jalur penjualan melalui Online Delivery.


Di Indonesia, Online Delivery yang masih paling banyak pengguna nya adalah Go-Food dan Grab Food.

Yuk kita lihat tahapan-tahapan cara mendaftarkannya.

Cara Daftar Usaha Kuliner di Go Food

1. Mengunduh aplikasi Go-Biz untuk melakukan pendaftaran. GO-BIZ adalah aplikasi yang digunakan oleh GO-FOOD Partner untuk mengelola restoran.


Melalui GO-BIZ, kita dapat mengaktifkan/menonaktifkan pilihan menu, mengubah jam buka, menerima pembayaran dengan GO-PAY, dll.


2. Menyiapkan dokumen yang diperlukan saat pendaftaran: KTP, NPWP, dan Foto halaman pertama dan kedua buku tabungan atau e Banking yang memperlihatkan Nomor Rekening.


3. Buka aplikasi Go-Biz, pilih daftar Go Food, klik buka restoran baru milik pribadi, pilih kota tempat membuka restoran tersebut, dan pilih lanjut.

4. Masukkan nama pemilik usaha di kolom pengguna, email dan nomor HP yang masih aktif, pilih buat akun. Kode konfirmasi akun akan dikirim ke nomor HP yang telah didaftarkan. 

5. Masukan nama restoran. Atur titik lokasi restoran secara akurat, gunakan google maps untuk mencari titik lokasi yang paling mendekati. Pilih identitas pemilik, masukkan nomor telepon pemilik usaha, klik upload dan foto KTP.


6. Masukkan nomor KTP di kolom yang sudah disediakan. Klik centang di kolom NPWP klik upload foto kartu NPWP. Masukkan nomor dan nama yang ada pada NPWP. Pilih simpan.


7. Pilih informasi rekening bank. Pilih panah di kolom nama bank dan pilihlah bank yang Anda gunakan. Masukkan nomor rekening juga nama pemilik rekening. Klik verifikasi jika pemilik rekening berbeda dengan pemilik restoran.


8. Masukkan nama pemilik sesuai KTP dan nama pemegang rekening bank. Klik centang dan upload surat kuasa, klik simpan. Pilih informasi pajak dan lainnya, 


9. Masukkan info tarif pajak PB1, tarif pelayanan dengan maksimal 10%. Pilih simpan. Jika semua data sudah lengkap, pilih lanjut. Pilih kirim data usaha.


Setelah itu, pendaftaran selesai, Anda hanya perlu menunggu data diproses oleh pihak GOJEK. 


Cara Daftar Usaha Kuliner di Grab Food

1. Buka website Grab Food

Akan muncul layanan pesan antar makanan, namun abaikan ini dan scroll ke bawah bagian “Bantuan”. Akan ada “Yuk Jadi Mitra Restoran Grab Food”, klik dan Anda akan dibawa ke halaman baru.


2. Isi Form Dengan Lengkap

Pada halaman baru akan terdapat channel “Jadilah Mitra Kami”, Anda bisa memilih “Mitra Grab Food” dan akan muncul form pendaftaran yang harus diisi. Isikan nama restoran, alamat, kota, nama pemilik restoran, nomor handphone, email dan catatan. Jika sudah mengisi formulir sesuai dengan data yang benar maka silahkan klik captcha untuk autentifikasi. Setelah itu kemudian klik daftar.


3. Pihak Grab akan mengirim email berupa registrasi restoran. Tunggulah beberapa saat setelah pengisian form maka email akan segera dikirim. Anda hanya perlu mengklik tautan yang dikirim di email dan diarahkan menuju halaman help.grab.com. Scroll kebawah dan anda akan menemukan form pengisian formulir, jika masih bingung maka bisa klik tombol biru Tips mengisi formulir. Isilah formulir secara lengkap.


Isi form Grab Food dengan lengkap. Kemudian lengkapi hari dan jam restoran buka dan tutupnya. Scroll pada bagian bawah tekan tanda panah hijau untuk melanjutkan proses pendaftaran. Setelah selesai isilah kolom “Menu” lalu kirim permintaan.


Selanjutnya silahkan silahkan tambahkan menu dengan menekan tombol +. Anda juga bisa menghapus menu dengan tombol X. Isikan nama restoran, jenis makanan, nama menu dan juga harga sesuai dengan yang ada di restoran milik anda. Jika sudah melakukan cara daftar usaha Grab Food silahkan klik Kirim untuk menyelesaikan pendaftaran.


Verifikasi akan dilakukan oleh tim Grab Food. Jika pendaftaran diterima maka anda akan dihubungi via email atau SMS yang menandakan lokasi anda sudah aktif. Setelah itu akan ada perjanjian partnership dengan Grab Food dan untuk langkah selanjutnya akan dipandu langsung oleh pihak Grab.


Berhasil mendaftarkan dan Go live pada akun Grab Food dan Go Food merupakan langkah awal! Pastikan Anda melengkapinya dengan baik dan "niat" jangan sampai "ada" di Go Food dan Grab Food, tapi gambarnya ga menarik, info menunya ga lengkap, dan lain lain.


Tambahkan terus ilmu Anda untuk bisa berhasil di Go-Food dan Grab Food melalui beberapa kelas dan e-book pilihan Foodizz sebagai berikut:


  1. E-Course Ghost Kitchen dan Strategi Online Delivery (Grab Food dan Go Food) baca lengkapnya klik di sini

  2. E-Book 20 Cara Optimasi Grab-Food agar Sales Meningkat untuk membeli klik di sini

  3. E-Book 19 Cara Optimasi Go-Food agar Sales Meningkat untuk membeli klik di sini



48 views