Black Friday Clothing Sale Leaderboard.j

Lampu Kuning Pebisnis Ghost Kitchen.


Setidaknya sudah ada 2 Virtual Kitchen / Ghost Kitchen / Cloud Kitchen atau apapun istilahnya yang muncul di Bandung dalam beberapa waktu kebelakang. Klo di Jakarta mungkin sudah lebih dulu.


Yummy Kitchen & Hangry!, jika temen-temen aware / sadar khususnya di Bandung, iklan (ads) nya saat ini cukup masif muncul di berbagai platform seperti instagram, brand-brand ini merupakan Virtual Kitchen yang cukup kencang melakukan ekspansi untuk terus menambah Virtual Kitchennya. Silahkan cek di sini: @hangryindonesia dan ini @id.yummykitchen btw ini blom ditambah Cloud kitchen milik delivery online (Grab & Gojek) juga yah.


Apa artinya ini? LAMPU KUNING bagi individual / UMKM kecil yang bermain di Ghost Kitchen dan hanya mengandalkan delivery online, dan bahkan yang bermain di outlet namun juga mengandalkan penjualan delivery online sebagai salah satu revenue penting, MENGAPA? karena PESAING anda makin banyak dan juga bukan individual mereka KORPORASI.


1. Brand-brand ini juga bermain di platform aplikasi online seperti Gofood dan Grabfood, artinya persaingan di aplikasi ini akan makin ketat. Arahnya kemana? Yah tentu makin ketat biasanya makin berat biaya yang harus dikeluarkan (biaya promo, biaya iklan, dll)


2. Brand-brand ini organisasi besar yang di topang dana lumayan tentunya, sehingga punya kemampuan untuk membangun brand serta menggelontorkan budget untuk akuisisi konsumen.


3. Brand-brand ini juga mengembangkan Omnichannel (multi sales channel) seperti order via WA (coba ajah sendiri check link IG nya) sehingga tidak hanya mengandalkan aplikasi online. Apa artinya? Mereka juga menggarap pasar yang lebih luas dari sekedar bermain di delivery online melalui Grabfood & Gofood. Misalnya, bermain Big Order (catering), event, dll. Coba cek Link BIO nya Hangry!, di sana anda menemukan tulisan Bulk Order dan Subscrition.


4. Brand-brand ini agresif mengembangkan kemitraan brand dan outlet di berbagai lokasi sehingga titik distribusi / Virtual Kitchen bisa cukup banyak.


5. Brand-brand seperti ini biasanya kuat dalam hal data market, apalagi mereka punya akses yang cukup banyak, sehingga inovasi yang mereka lakukan tentu akan cukup up to date misalnya terkait dengan inovasi produk.


Ah nakut-nakuti ajah ini Foodizz, loh bukan nakut-nakutin, justru harusnya informasi ini membuat kita khususnya yang ada di Bandung dan kota-kota yang sudah hadir brand-brand seperti ini, untuk lebih punya persiapan untuk bisa menghadapi kompetisi yang mungkin akan muncul, dan memberi impact ke bisnis kita, yah syukur-syukur ga ada impact, berarti abaikan ajah tulisan ini.


Klo di kotanya blom ada, yah dari sekarang diperkuat GARDA pertahanannya, ciptakan berbagai inovasi yang membuat bisnis kita ke depan bisa sustain dan bertahan jika nanti pada akhirnya brand-brand ini masuk ke kota kita.


Eh iya, terus apa nih yang bisa dilakukan? agar tentu kita bisa bersaing dan juga bisa menjaga bisnis kita tetap stabil syukur-syukur bahkan bisa terus tumbuh sales dan profitnya?


1. DATABASE

Miliki database konsumen kamu. Pake apa? Apa ajah, intinya data konsumen bisa dimiliki, mau itu manual nanya ke pa ojek siapa yang order, bisa juga database konsumen yang datang di input ke dalam POS, bisa juga pake WA bisnis databasenya disimpan dan dikelola, bisa juga database email order via online bahkan sampe yang paling canggih pake aplikasi. INTINYA OWNED YOUR DATABASE and MANAGE IT.


2. ENGAGE dengan DATABASE

Klo sudah punya database, KELOLA data tersebut, coba di WA tanyakan masukan, bisa juga kasih PROMO or lakukan SURVEY bahkan kita bisa sampai mengukur terjadinya REPETISI pembelian dari DATABASE tersebut.


3. MULTI SALES CHANNEL

Jangan tergantung dengan 1 Sales Channel, misalnya temen-temen pemain Ghost Kitchen, eh udah ajah tergantung hanya dengan delivery online seperti GoFood dan GrabFood, BIG NO NO, carilah SALES CHANNEL lain juga seperti order via WA, order via Website, pake RESELLER agar kita lebih bisa sustain. Klo sudah kuat di delivery online, it is GOOD THINGS, my point is cari CHANNEL lain juga.


Pernah ditulis lengkap di sini: 8 Alternatif Channel Jualan Dalam Bisnis Kuliner


4. INOVASI yg KONSITEN

Berinovasilah secara berkala dari sisi PRODUK agar konsumen-konsumen kita menjadi LOYAL untuk terus melakukan REPETISI, serta juga menarik KONSUMEN BARU membeli produk kita, jangan hanya tergantung menu itu-itu ajah, kecuali memang customer base kita gede banget dan sudah sangat loyal dalam jangka waktu lama.


5. KOLABORASI SERANG BALIK

Nah ini juga bisa dilakukan loh temen-temen, lakukan KOLABORASI antar BRAND LOKAL, punya CROSS PROMOSI, CROSS SELLING PRODUCT, CROSS BRANDING plus minta dukungan juga misalnya kolaborasi ini dengan BUZZER-BUZZER / KOL lokal sehingga brand-brand lokal bisa mendapatkan EXPOSURE secara intens dan berkala. EXPOSURE ini tentu diharapkan mendorong TRAFFIC pembelian ONLINE ke brand-brand yang melakukan KOLABORASI. BUDGET boleh sedikit ato ga ada, tapi dengan KOLABORASI, kita bisa bikin impact bareng yang besar.


6. BRAND BRAND dan BRAND

Terakhir, yang selalu Foodizz pesankan, bangun lah BRAND, perkuat BRAND kita sehingga kita bisa melakukan SHORT CUT DECISION BUYING konsumen. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membangun BRAND biarpun bisnis kita masih kecil, contohnya di point 6 lakukan kolaborasi. Selain itu juga membangun BRAND bisa dilakukan dengan cara membangun ENGAGE dengan KOMUNITAS LOKAL, bisa juga dengan MEMPERKUAT PRODUCT yg KHAS atau juga dengan MEMBANGUN PERSONAL BRAND dan STORY dari brand kita.


Nah semoga sedikit tulisan di atas memberikan kita AWARENESS / Kesadaran untuk selalu SIAP dengan PERSAINGAN dan selalu siap dengan INOVASI agar brand dan bisnis kita bisa terus bertahan dan berkembang.


Baca artikel menarik lainnya:

Bisnis Ghost Kitchen, Emang Sustain?

10 Cara agar Ghost Kitchen dapat Banyak Order


Let's get SCALE


Foodizz Team



#keepsharing

#keeplearning

#spreadknoweledge

#kulinerindonesia


*Buat temen-temen yang mau copas artikel silahkan ajah ga perlu minta izin asal mencantumkan sumber artikelnya, yaitu www.foodizz.id/blog. Yuk hargai karya dan usaha orang lain dalam membuat konten"


#KontenPromo


Program Marketing, Selling dan Profit di 2021 yang PRAKTIS dan SIAP pakai? Ga perlu pusing, cukup belajar dari kelas Ecourse ini, detail dan siap IMPLEMENTASI. Daftar disini


Sumber Gambar: Unsplash.com


1,151 views0 comments

Previous Post

Baca berdasarkan Topik