Jangkrik Rambo

10 Catatan Penting 2021, Mengapa Membangun Brand sangat penting bagi bisnis kuliner.

Ini sebetulnya tulisan lama di re-write kembali, disesuaikan dengan kondisi saat ini. Alkisah ada penjual jangkrik yang sedang menjual jangkrik-jangkriknya, kebetulan di tempat tersebut ada 30 penjual jangkrik lainnya, nah singkat kata si penjual berpikir keras bagaimana agar pembeli memutuskan untuk membeli jangkrik darinya akhirnya dia berpikir bagaimana bila saya berikan barang jualan saya dengan nama Jangkrik Rambo (ceritanya udah puluhan tahun lalu nih di mana pada saat itu Rambo sedang tenar-tenarnya) hehe..


Mulailah si penjual di pasar tersebut berteriak-teriak "jangkrik rambo, jangkrik rambo" di ulangnya terus teriakan tersebut di pasar dan juga dibuat tulisan besar "jual Jangkrik Rambo". Tidak lama benar saja, para pembeli jangkrik yang datang ke pasar tersebut mengerubungi lapak si penjual jangkrik rambo tersebut, mengapa? yah simpel karena penasaran, memang apa sih Jangkrik Rambo itu. Bahkan bapak-bapak yang membawa anaknya juga selalu memilih penjual tersebut karena bisa ngomong "ayo nak bapak beliin Jangkrik Rambo".


Singkat cerita, penjual "Jangkrik Rambo" tersebut akhirnya menuai sukses karena sejak dia memberi nama barang jualannya "Jangkrik Rambo" omongan pun tersebar di mana-mana, orang menjadi penasaran dengan Jangkrik Rambo nya dan bisa ditebak pada akhirnya orang membeli Jangkrik di Jangkrik Rambo tersebut. Diliputi rasa penasaran, seorang pebisnis bertanya "Bang, emang bedanya apa jangkrik Rambo dengan dengan jangkrik lainnya?" dan jawaban si penjual Jangkrik Rambo lah yang membuat di Syok, "ga ada pak, sama ajah Jangkriknya, cuma yang berbeda kalo beli di saya Bapak Beli Jangkrik Rambo, kalo yang di lain yang jangkrik biasa hehe".


Kisah di atas sepertinya fiktif entah dari mana sumbernya, tapi berapa banyak orang yang membeli atau memutuskan membeli karena BRAND? Buanyaakkkk saya rasa. Karena itulah membangun BRAND merupakan tugas wajib setiap pebisnis kuliner bahkan mungkin bisa dikatakan TUGAS STRATEJIK karena akan memberi pengaruh besar dalam bisnis kita. Apa aja itu?


1. Short Cut

Brand itu jalan pintas untuk konsumen memutuskan membeli, "maka ayam geprek apa yah? Bensu ajah" ..... Short Cut, "Ngebakso apa yah ..........Boedjangan ajah" ... Short Cut, "Minum boba yuk, yah udah cari Xin Fu Tang" .... Short Cut. Jadi klo temen-temen tidak membangun brand A.K.A tidak punya brand, yang tentu akan sulit mendapatkan konsumen.


2. Intangible Asset

Brand itu aset yang sangat mahal nilainya, coba temen-temen lihat statement ini "In 2018, McDonald's emerged as the most valuable QSR (fast-food to most people) chain with a brand value nearing 126.04 billion USD and total assets 33.8 billion USD" apa artinya? Brand Value McD bahkan hampir 4x nilainya lebih tinggi dari total asetnya sehingga dari sini kita bisa lihat betapa pentingnya brand dibangun dengan baik dan kuat sejak awal.


3. Higher Price

Banyak ga tempat makan sushi yang harganya murah meriah? Banyakkkk, tapi kenapa brand seperti Sushi Tei tetap ramai atau brand seperti Sushi Hiro sangat ramai (apalagi dulu sebelum Covid-19), kenapa kita pergi ke brand tersebut, rela membayar lebih tinggi dari tempat lain dan merasa kualitas makanannya sangat bagus? BRAND.


4. Avoid Price Competition

Brand dapat membuat kita keluar dari kompetisi harga di mana standar harga yang kita jual mengikuti apa yang kita inginkan. Tanpa brand bisa dipastikan pertarungan utama akan terjadi di sisi harga, mau itu harga murah, harga discount, harga potong, dll, kerasa sendiri khan temen-temen, apalagi lewat aplikasi online? Bener ga?


5. Perception of Quality

"Eh makan Seafood di Brand X ajah, ga apa-apa mahalan tapi jelas tuh seger-seger dan saos nya enak". Brand juga akan membentuk persepsi kualitas terhadap produk yang kita jual, meskipun mungkin secara bahan baku sama-sama ajah, tapi karena brand akhirnya konsumen punya persepsi yang berbeda dan ini bisa menjadi faktor "reason to buy" yang tinggi bagi konsumen.


6. Sustainability of Sales

Brand juga dapat membuat Sales kita lebih sustain karena muncul loyalitas terhadap brand tersebut apalagi jika kita juga didukung oleh pengelolaan database yang kuat. Selain itu, konsumen yang loyal terhadap brand juga mempunya POWER untuk mengajak, mendorong dan merekomendasikan orang lain itu juga datang sehingga selain terjadi repetisi, terjadi juga NEW TRAFFIC bagi usaha kita.


7. Brand Recommendation

Yuk seperti yang sudah disinggung di poin 6, brand yang dibangun dengan baik dan kuat pada akhirnya akan mendorong konsumen untuk melakukan rekomendasi, jika sudah begini, tentu cost untuk mengakusisi konsumen baru akan lebih rendah, dan hal ini tentu sangat menguntungkan bagi bisnis kita.


8. Cost Effiency & Effectiveness

Brand yang kuat akan membuat banyak sekali efisiensi dalam sisi biaya akuisi pelanggan baru, sehingga kita bisa melakukan alokasi budget untuk berbagai hal yang sifatnya stratejik, seperti membangun sistem CRM, teknologi ORDER, dll yang tujuannya makin memperkuat brand dan juga mendorong sustainability bisnis dalam jangka panjang.


9. Internal Loyalty

Brand juga sangat penting membuat organisasi kita bisa loyal dan memberikan effort terbaik bagi bisnis kita, sederhananya kita bakal bangga banget khan misalnya kerja di Starbucks, sehingga effort akan lebih maksimal karena tentu sederhananya kita ingin terus performa sehingga bisa bertahan dan berkarir dalam waktu lama, ini contoh sederhana ajah.


10. Company Valuation

Terakhir, brand sebagai intangible asset akan membuat nilai perusahaan kita makin tinggi dan besar, jika temen-temen punya Game / Tujuan misalnya di funding atau exit (IPO / Jual), hal ini tentu akan sangat menguntungkan temen-temen, karena bisnis temen-temen akan dinilai tinggi dari sisi brand ini.


Jadi temen-temen, jika misalnya buat Ghost Kitchen, punya produk enak banget, sudah daftar aplikasi online, bukan berarti tugas sudah selesai dan berharap kemudian terjadi sales, jarang ada cerita Cinderella seperti itu, temen-temen harus membangun brand dulu, dikenal, mendorong orang untuk mencoba, kemudian akhirnya jatuh cinta, baru lah bicara sales, dan baru kemudian sales bisa sustain.


Akhir kata, semoga temen-temen semua mendapatkan manfaat selama ini bersama Foodizz dan semoga bisnis kita semua akan makin sukses di tahun 2021.


Selamat Tahun Baru 2021.


Foodizz Team.


Foodizz

1st F&B Education Platform in Indonesia


https://www.foodizz.id/

Foodizz Youtube Channel: https://www.youtube.com/c/FoodizzChannel


#keepsharing

#keeplearning

#spreadknoweledge


*Buat temen-temen yang mau copas artikel silahkan ajah ga perlu minta izin asal mencantumkan sumber artikelnya yaitu www.foodizz.id/blog. Yuk hargai karya dan usaha orang lain dalam membuat konten"


#KontenPromo


Ingin bisnis bisnis total modal 200 juta

Investor setor full 200 juta

Investor dapet maksimal 20 persen saham

Berarti nilai bisnis kamu 1 miliar

Padahal blom mulai bisnisnya

Kok Bisa? Gimana Itungan VALUASInya?


Ikuti kelas 10X agar kamu bisa membuat valuasi bisnis dengan tepat dan membuat kamu tetap punya MAYORITAS kepemilikan di bisnis kamu walapun 100 Persen modal awal dari Investor. Daftar di link ini


Dapatkan juga template bisnis valuasi sehingga kamu tidak perlu repot mencari format excell untuk membuat valuasi bisnis.


Sumber Gambar: Pexels.com


105 views0 comments

Previous Post

Baca berdasarkan Topik