Haus x Dagelan

Updated: Dec 29, 2020

Satu lagi kolaborasi kuliner keren yang baru ajah di launching minggu ini, yaitu kolaborasi antara Haus x Dagelan dengan tema Dagelan World Series #1 Japan Episode #DUDUISINTHEHAUS. Kolaborasi Haus x Dagelan ini melaunching 4 Varian Rasa yang "Jepang Banget" seperti: Tokyo Banana Choco, Kyoto Matcha Latte, Osaka Orange Yakult, dan Hokkaido Boba Match.

Kolaborasi antara Haus x Dagelan merupakan move yang bisa dibilang sangat kreatif dan strategis bagi Haus, karena seperti yang kita tau, Dagelan merupakan Content Distribution Platform yang sangat besar di online dan juga punya segmen yang tepat untuk Haus, sehingga tentu objective besar yang melatar belakangi kolaborasi ini kemungkinan besar bisa tereksekusi dengan baik.


BTW, Foodizz dalam banyak kesempatan sudah beberapa kali menulis betapa pentingnya kolaborasi brand saat ini, it's era of collaboration. Mengapa? Karena banyak sekali manfaat dalam melakukan kolaborasi seperti:


1. Brand Exposure

Kolaborasi dengan partner yang tepat tentunya bisa menciptakan Brand Exposure yang cukup besar bagi brand kita, apalagi jika yang diajak berkolaborasi merupakan Content Distribution Platform yang besar di Indonesia, yang jika misalnya kita Paid Ads (iklan berbayar) costnya akan sangat besar.


Selain melalui platform yang kita ajak berkolaborasi, media exposure lainnya juga bisa muncul karena kolaborasi yang keren merupakan CONTENT bagi media-media lain seperti hal nya Foodizz menulis Haus x Dagelan ini.


2. Sales Traffic Baru

Kolaborasi juga tentu ditujukan untuk mendrive traffic (TC) ke outlet kita, apalagi misalnya outlet kita cabangnya banyak seperti Haus, dengan besarnya komunitas di Dagelan tentu peluang untuk menciptakan traffic ke outlet-outlet Haus menjadi sangat besar.


3. Spesific Measurement

Kolaborasi juga dapat diukur dengan target spesifik dibandingkan bentuk Exposure lainnya seperti Iklan Berbayar, karena di dalam kolaborasi seperti halnya Haus x Dagelan, tentu masing-masing pihak memiliki target pencapaian yang terukur dan jelas sehingga setiap budget yg dikeluarkan lebih bisa dipertanggung jawabkan secara obejctivenya.


4. Brand Relevant

Kolaborasi membuat Brand kita STAY RELEVANT khususnya tentu jika kita memilih berkolaborasi dengan brand yang tepat. Kembali seperti contoh Haus x Dagelan, kita lihat relevansi Brand Haus dan Dagelan sangat kuat dan ini tentu saja menjadi advantage yang besar bagi Haus untuk terus menjadi brandnya STAY RELEVANT. Anyway in today situation this is very good move actually.


5. Brand Engagement

Kolaborasi juga membuat Brand bisa terus engage dengan konsumennya tentunya, ada sesuatu yang "baru" dan kosumen juga merasa brandnya "keren" karena terus melakukan inovasi. Perkiraan Foodizz, tentunya kolaborasi ini akan diikuti oleh berbagai aktivasi brand.


6. Low Cost High Impact

Yah tentu kolaborasi harusnya bisa menciptakan kegiatan yang Low Cost High Impact, tentu pada prinsipnya akan muncul budget dalam melakukan kolaborasi, tapi kembali lagi ke poin 3, budget dengan hasil yang sangat terukur dan juga harapannya hasil yang jauh lebih besar dari sisi budget yang dikeluarkan. Perlu diingat bukan hanya bicara soal Sales loh, tapi kolaborasi seperti ini juga punya impact besar ke Brand.


Gimana caranya biar Brand kita bisa berkolaborasi dengan brand Lain, sederhananya:

1. Siapkan dulu konsepnya kolaborasinya

2. Ajak bertemu brand yanag akan diajak berkolaborasi

3. Ingat kolaborasi itu IMBAL BALIK, lo CUAN gua CUAN

4. Tentukan Objectives masing-masing pihak

5. Tentukan bentuk kewajiban dan tanggung jawab masing-masing

6. Lakukan Kontrak yang legal

7. Buat planning launching yang detail

8. Pastikan ada Exposure tentunya

9. Evaluasi kembali hasil kolaborasi setiap bulan

10. Lakukan improvement terhadap bentuk dan konten kolaborasi


Nah temen-temen Foodpreneur semoga artikel kali ini memberi inspirasi untuk kita mencoba berkolaborasi yah.


Selamat Pagi


Selamat pagi .... Foodizz

1st F&B Education Platform in Indonesia


www.foodizz.id

Join telegram channel di t.me/foodizz.id


#keeplearnig

#keepsharing

#spreadknowledge


Foodpreneur sudah memiliki buku 50 Kesalahan Fatal Dalam Bisnis Kuliner? Buku wajib setiap pebisnis kuliner ini, ILMU MAHAL yang tidak perlu foodpreneur alami sendiri, ILMU MAHAL yang didasari oleh studi kasus yang memang dialami oleh temen-temen kuliner untuk bisa dijadikan pelajaran. Silahkan jika yg ingin memiliki bukunya bisa langsung WA 0812 1469 0474 Winda.


Sumber Gambar: Official IG Account @haus.indonesia

239 views0 comments

Previous Post

Baca berdasarkan Topik