Search
  • FOODIZZ.ID

Faktor-faktor yang Menyebabkan Kegagalan dalam Bisnis Kuliner

Tidak hanya bisnis kuliner, namun semua bisnis ketika dibangun banyak hal yang harus diperhatikan yaitu berbagai macam kemungkinan yang akan terjadi nantinya, kemungkinan baik ataupun buruk.

Nah jika Anda serius ingin membuka bisnis kuliner, berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan.


1. Kualitas Rasa


Namanya juga bisnis makanan, ya sudah wajib jika rasa makanan dan minumannya enak, jika rasanya biasa-biasa saja atau cenderung kurang enak, jangan harap bisnis kuliner Anda bisa berkembang.


Ini lah kesalahan yang sering dilakukan oleh para pebisnis kuliner, belum memiliki resep racikan yang enak, sudah berani membuka kedai mereka sendiri. Beberapa tips yang bisa Anda lakukan yaitu membuat sample dan bagikan kepada keluarga dan kerabat, catat semua kelebihan dan kekurangan dari resep Anda, hingga nanti Anda bisa mendapatkan resep yang sempurna.


2. Salah Menentukan Harga


Harga bisa menjadi salah satu penentu bahwa bisnis kuliner Anda laris atau tidak. Contohnya, bagaimana tempat Anda bisa ramai jika harga yang ditawarkan relatif mahal, padahal target pasar Anda adalah anak sekolah dan mahasiswa.


3. Kurangnya Publikasi


Publikasi merupakan salah satu hal penting yang harus Anda lakukan untuk memperkenalkan bisnis Anda ke khalayak luas.Tanpa publikasi pasti Anda akan kesulitan untuk menjaring banyak pembeli. Anda bisa menggunakan sosial media untuk publikasi atau mulut ke mulut.


4. Kurang Inovasi


Ini dalah hal terpenting ketika Anda memiliki bisnis kuliner, yaitu inovasi. Buatlah gebrakan kreatif yang disesuaikan dengan perkembangan selera masyarakat. Bisa berkaitan dengan menu-menu, resep atau cara penyajiannya.


5. Layanan yang Minus


Saat Anda datang ke sebuah rumah makan dan bertemu dengan pelayan yang tidak ramah, bagaimana perasaan Anda? Apakah Anda merasa nyaman makan di tempat tersebut? Apakah Anda akan kembali ke restoran tersebut? Tentu tidak! Meskipun restoran Anda memiliki menu yang lezat dan dilengkapi dengan fasilitas yang wah, namun jika pelayanannya buruk, konsumen tidak akan kembali ke tempat Anda.


6. Kebersihan Tempat


Kebersihan dan kenyamanan tempat menjadi poin terpenting membangun bisnis kuliner. Anda mempunyai menu yang unik, rasa yang lezat namun tidak didukung dengan tempat yang representatif, tentu saja percuma. Konsumen akan merasa ilfil jika melihat tempat makan yang jorok.


7. Enggan Berbagi Kesuksesan


Saat bisnis kuliner Anda sudah mencapai kesuksesan, jangan takut untuk berbagi kesuksesan Anda dengan orang lain. Justru Anda memiliki peluang yang besar untuk melebarkan sayap bisnis Anda. Dengan menggandeng mitra atau menggunakan sistem waralaba, artinya Anda sudah berbagi kesuksesan dengan orang lain.


Artikel bermanfaat lainnya: Istilah-istilah dalam Bisnis


Berbicara seputar waralaba atau kemitraan, Foodizz sedang ada kelas online yang berhubungan dengan bisnis kemitraan yaitu Foodizz Online Class 7 "Membuka 100 Cabang Pertama dalam 6 Bulan dengan Sistem Kemitraan"


Segera daftarkan diri Anda dan dapatkan materi ter-update bisnis kuliner saat ini.

Akses berbagai program lengkap Foodizz: Online Class, E-Course, Buku, E-Book, dll untuk mendukung penambahan ilmu Bisnis Kuliner mu!


36 views