Search
  • FOODIZZ.id

Buka Outlet Sekarang atau Ntar Dulu yah?

Banyak yang tanya, apa sekarang moment yang tepat untuk membuka bisnis kuliner dengan OUTLET. Nah, temen-temen mungkin ada 8 catatan penting nih klo memang pengen buka outlet di saat ini.

1. Perhitungan bisnis sudah ada dengan berbagai skenario


Wajib banget sudah ada forecasting dan bisnis plannya dengan skenario Normal, Optimis dan Pesimis, bahkan sampai skenario Gagal. Kenapa? Karena saat ini kondisi tidak normal sehingga kita harus betul-betul mempertimbangkan semua hal. Dalam keadaan normal saja Forecasting dan Bisnis Plan sangat wajib, apalagi seperti sekarang, harus Wise dan Smart dalam mengeluarkan modal uang. Nah, buat yang mau buka cabang, udah punya blom hal di atas?


2. Low Capex (Modal) dulu ajah


Cari model bisnis yang rendah modal namun pasarnya luas, misal kita mau bikin bisnis Ayam Bakar, nah buatlah konsep yang secara modal rendah misalnya tidak perlu ber AC, Semi / Open Outdoor sehingga biaya untuk membangun tidak terlampau besar, selain itu juga konsep ini sangat cocok untuk kondisi saat ini.


3. Produk sudah tervalidasi


Jualah produk2 yang memang sudah terbukti laku / laris di pasar, ga usah aneh-aneh dulu atau terlalu niche market. Pasar yang sudah besar lebih baik untuk kondisi saat ini karena kita tinggal berfokus ada produk yang punya differensiasi yg kuat, branding dan layanan, bukan lagi harus memvalidasi dulu segmen marketnya. Apa contohnya? Ayam, Bakso, Nasi Rames, Nasi Padang, Soto, Sate, dll.


4. Model bisnis tervalidasi dengan benchmarking


Punya benchmarking yang sudah terbukti sukses secara bisnis modelnya, sehingga menghemat waktu kita untuk melakukan forecasting dan projection bisnis. Kemudian jika kita mau cari investor, juga akan lebih mudah untuk bisa diyakinkan.


5. Alokasi CAPEX dari Budget Dingin dan tidak dalam Cash Flow Survival Mode


Pake DUIT yang memang tersedia untuk investasi, lebih baik lagi pake investor. Jangan menggunakan duit yang diperuntukkan untuk BERTAHAN dalam beberapa bulan ke depan, karena kita tidak tahu seperti apa beberapa bulan ke depan, jadi CASH FLOW akan sangat penting dan berpengaruh.


6. Tidak tergantung hanya 1-2 Sumber Revenue


Pelajari Channel Revenue dalam bisnis kuliner. Jangan hanya tergantung dengan 1-2 sumber revenue saja, seperti Outlet dan Delivery ajah sehingga kita bisa membagi portfolio revenue kita ke beberapa channel, sekaligus meminimalisir resiko.


7. Set Of Skills udah siap (Marketing, Ops, SCM, dll)


Pertanyaan PENTING, udah siapkan ilmu marketing, operasional, branding, sosmed yang sangat penting klo mau punya outlet? Klo blom lebih baik belajar dulu dan tahan keinginan untuk punya outlet, ini level kompetisi yang sangat berbeda dan penuh tantangan loh.


8. Apakah sudah punya TEAM


Membuka outlet berarti juga kita akan mulai punya tambahan karyawan, artinya butuh pimpinan, butuh manager dan butuh tim operasional, sudah ready blom nih Foodpreneur? Apakah kita sudah punya rencana bagaimana melakukan Recruitment, Training, SOP, KPI dan Reward & Punishment terkait dengan SDM? Jangan anggap ringan hal ini karena ini faktor penentu bisnis kita bisa sukses atau tidak loh ketika bicara buka outlet.


Tentu banyak lagi review dan check list jika kita ingin membuka outlet, termasuk misalnya HKI brand, legal aspek, kemampuan management back office dan keuangan namun setidaknya apakah kita sudah siap dan memperhitungakan 8 aspek di atas?


Nah Foodpreneur, bukan tidak mungkin atau tidak boleh buka outlet di kondisi seperti sekarang ini namun coba review lagi dan check list beberapa catatan di atas untuk melihat apakah kita betul-betul siap untuk masuk ke kompetisi outlet.






22 views