Black Friday Clothing Sale Leaderboard.j

BTS x McDonald's Ba Da Ba Ba Ba


Kolaborasi kelas dunia McDonald's x BTS baru saja di release beberapa waktu ke belakang. Keren abis sih, dengan total 136.4 M Army (julukan fans BTS, mohon di koreksi jika angka tidak tepat) dan jaringan Global Store McDonald's, kolaborasi ini sepertinya akan mendatangkan impact yang luar biasa untuk kedua brand ini. Bagi McDonald's tentu saja TRAFFIC, yang artinya SALES yang akan MEMBAGGONGKAN kita tentunya hehe, untuk BTS tentu akuisi Army Global yang akan semakin besar.


BTS Meals (seperti yang diberitakan CNBC), 10 Chicken Nuggets, Coke & Medium Fries dan Saos Chili dan Cajun akan menjadi menu kolaborasi MCdonald's dan BTS ini, sebetulnya untuk McDonald's ini bukan kolaborasi pertama dengan selebriti karena sebelumnya McDonald's juga sukses melakukan kolaborasi bersama Travis Scott.


Membahas soal kolaborasi ini, jadi teringat beberapa waktu lalu di kontak salah satu temen Foodizz melalui WA "Foodizz, aku tak terapkan ilmu soal kolaborasi yang ditulis waktu itu, mantap loh omset jadi naik signifikan di kondisi yang sulit seperti saat ini" ini artikelnya:

Nge BOOMING in Bisnis Kuliner melalui KOLABORASI dgn IKOBE (Influencer/ Key Opinion Leader/ Buzzer)


Ok kembali lagi ke Mcdonald's x BTS, lesson learned apa yang kita bisa ambil dari kolaborasi dua brand global seperti ini yang bisa kita terapkan di dalam bisnis kuliner lokal? Yuk kita lihat 5 lesson learned yang bisa kita ambil.



1. ERA KOLABORASI


Sudah cukup banyak artikel di Foodizz Blog yang membahas berbagai kolaborasi, seperti kolaborasi Xin Fu tang x Ban Ban, Pizza Hut x Kopi Kenangan dan terakhir Menantea.toko, hal ini sudah seharusnya disadari oleh temen-temen kuliner saat ini eranya berkolaborasi dan mulai menyusun berbagai strategi untuk melakukan kolaborasi baik di sementer ke 2 ataupun sudah disiapkan untuk tahun depan.


Baik yang ditargetkan untuk impact ke sales, engagement, ataupun untuk membangun brand awareness.



2. TUJUAN BERKOLABORASI


Tujuan melakukan kolaborasi bisa beberapa hal, seperti tujuan yang terkait untuk meningkatkan sales, bisa juga bertujuan untuk meningkatkan engagement dengan target market dan loyal konsumen, serta tujuan yang terkait dengan membangun awareness di market yang baru dengan memanfaatkan target market masing-masing brand.

  • Sales

  • Engagement

  • Brand Equity (Awareness, Perceived Quality, Association)

  • Akuisisi konsumen baru

Tinggal tergantung apa yang menjadi objectives kita sehingga kita dapat memilih dengan siapa kita akan berkolaborasi tentunya.



3. DENGAN SIAPA BERKOLABORASI


Jika bicara dengan siapa kita bisa berkolaborasi jawabannya bisa sangat beragam kembali lagi ketujuan kita ingin melakukan kolaborasi untuk apa. Beberapa yang bisa kita ajak berkolaborasi

  • KOL (key opinion leader)

  • Buzzer

  • Artis

  • Brand Retail / B2B

  • Competitor

  • Government

  • Social Movement

  • Loyal Customer

  • Community

Coba temen-temen list apa saja tujuan yang ingin dicapai dan di list kira-kira siapa yang akan diajak berkolaborasi kemudian lakukan komunikasi sejak sekarang.



4. BENTUK KOLABORASI


Bentuk kolaborasi juga cukup beragam kembali lagi tergantung dengan objektif yang ingin kita capai serta kebijakan perusahaan kita terkait dengan kolaborasi tersebut.

  • Kolaborasi menu baru

  • Kolaborasi mendirikan brand bersama

  • Kolaborasi cross promotion / saling endorse

Kemudian sistem benefit dari kolaborasi ini juga bisa berbagai bentuk seperti

  • Bagi hasil dari revenue

  • Bagi hasil dari quantity yang terjual

  • Bagi hasil dari Net

  • Equity Share (Bagi saham)

  • SWAP Share (bertukar saham)



5. BENEFIT BERKOLABORASI


Benefit dari kolaborasi tentu saja terkait pencapaian OBJECTIVES dari kolaborasi ini disepakati. Paling lazim tentu kita punya target dari kegiatan kolaborasi SALES bisa meningkatkan, brand VALUE bisa meningkat, REPEAT customer terjadi dan bahkan sampai akuisisi konsumen baru dari masing-masing brand yang berkolaborasi.


Nah temen-temen GASS KAN, segera pikirin dari sekarang KOLABORASI apa dan dengan siapa nih yang bisa kita jalankan, karena klo bukan temen-temen, COMPETITOR temen-temen yang akan melakukannya.


Semoga bermanfaat.


Foodizz

1st F&B EduTech

Belajar Bisnis Kuliner ..... Yah di Foodizz.


www.foodizz.id

www.sekolahkuliner.com

Join Telegram Group di t.me/foodizzid


GOOD NEWS

Temen-temen kuliner di Bulan Mei 2021, Foodizz akan mengadakan untuk pertama kalinya BOOTCAMP BISNIS KULINER dengan topik VALUASI BISNIS, INVESTOR & MENDAPATKAN PENDANAAN yang akan diadakan selama 4 hari, dari pagi - malam. Temen-temen akan langsung dimentoring oleh Pa Budi Isman, Gito Wahyudi, Yuszhak M. Yahya, Danis Puntoadi, Akhmad Saeful, dan beberapa Venture Captital invitation untuk bisa menyusun langsung VALUASI BISNIS milik temen-temen, serta berkesempatan langsung di pertemukan dengan INVESTOR yang siap melakukan investasi di bisnis kuliner jika mereka tertarik dengan bisnis temen-temen kuliner.


Peserta hanya dibatasi sebanyak 26 peserta dan akan dipilih peserta yang memang siap untuk melakukan valuasi dan di investasi. Silahkan yang tertarik untuk mendaftar di sini


*Buat temen-temen yang mau copas artikel silahkan ajah ga perlu minta izin asal mencantumkan sumber artikelnya, yaitu www.foodizz.id/blog. Yuk hargai karya dan usaha orang lain dalam membuat konten.


Sumber Gambar: Twitter McDonald's



251 views0 comments

Previous Post

Baca berdasarkan Topik