Search
  • FOODIZZ.id

Bisnis Plan Kuliner 2021, Sudah Mulai Disiapkan?

Updated: 7 days ago

Sudah Punya Bisnis Plan Kulinernya?

2021 sudah mau tiba, tantangan baru yang belom terprediksi, pesaing baru yang mungkin kita blom tau, perilaku dan preferensi konsumen yang mungkin juga akan berubah, dan blom lagi ditambah berbagai faktor given yang mungkin sekali terjadi seperti kebijakan pemerintah, virus dan lain sebagainya.


Terus dengan semua ketidakpastian, dengan semua perubahan yang mungkin terjadi, dengan segala hal yang mungkin saja akan menjadi tantangan dalam kita menjalankan bisnis, kita belom MULAI MENYIAPKAN BISNIS PLAN? SERIUS nih foodpreneur?


Pusing ga sih buat Bisnis Plan, klo kata mas Yuszak M Yahya, sejelek-jeleknya ga perlu mikirin lah template-template menjelimet, asal ditulis ajah di Word or Excell sudah cukup, TERTULIS intinya berbagai hal yang terkait dengan 2021. Misal:


-> Analisa competitor kita akan bagaimana dan seperti apa kira-kira di 2021, apa yang menjadi kekuatan mereka selama ini, siapa konsumen mereka, seperti apa SOSMED nya dll, itu kompetitor yang sudah tampak, gimana kalo ada muncul kompetitor dengan strategi dan taktik yang berbeda lagi, pointnya perbanyak WHAT IF?


-> Gimana dengan strategi marketing yang akan kita lakukan 2021? Program apa yang efektif di 2020? Gimana dengan budget? Apakah kita butuh kolaborasi, berapa banyak New Product Launching, bagaimana dengan positioning brand kita apakah perlu diperkuat? WHAT IF?


-> 2021 gimana rencana REVENUE kita? Apakah ada % kenaikan atau malah di prediksi akan turun? Kalo turun gimana kira-kira rencana cadangan yang akan dilakukan? Apakah ada SUMBER REVENUE lain untuk bisa menopang perusahaan kita? WHAT IF?


-> Apakah 2021 ada rencana untuk dapet investor dalam mengembangkan bisnis? Klo ada apa yang mesti disiapkan sejak sekarang sehingga nanti rencana ini berhasil di jalankan dan bisnis bisa berkembang sesuai rencana?


Nah temen-temen Foodpreneur, setidaknya ada 12 pertanyaan penting dalam menyusun bisnis plan yang sangat perlu untuk disiapkan, dan kembali lagi, yang penting DITULIS di WORD dan EXCELL karena Bisnis Plan itu DITULIS, bukan dipikirkan.


Nah selanjuatnya apa tujuan dari Bisnis Plan? Wah banyak banget tapi intinya adalah Tindakan Strategis, Taktikal dan Program yang kita rencana akan kita lakukan di 2021 untuk bisa mencapai OBJECTIVES / GOALS yang ingin kita capai.


If you Fail to Plan, You Plan to Fail.







169 views