Berkolaborasi dengan Pesaing, Lah kok? Ngapain?


Terkejut!! Sekejut-kejut nya ketika liat posting Instagram di @xingfutang_indonesia, jarang-jarang banget sesama pemain minuman yang sebenernya memperebutkan market yang sama a.k.a pesaing / competitor saling mempost produk yang ada brand pesaing nya.


Hal ini terbilang unik, dimana 2 brand minuman yang cukup dikenal di Indonesia, Xing Fu Tang Indonesia & Ban Ban Tea melakukan kolaborasi dalam meluncurkan produk special edition (yang dilabeli “Exclusive”), bernama Coffaltine Boba, dimana produk Coffaltine Boba ini memiliki 2 varian produk: Coffaltine Boba with Vanilla Cream & Crunchy Ovaltine, yang hanya bisa di peroleh di Ban Ban Tea, dan Coffaltine Boba with Torched Brown Sugar, yang hanya bisa di peroleh di Xing Fu Tang Indonesia, dimana kedua produk exclusive ini hanya bisa diperoleh di Lippo Mall Puri saja. Peluncuran produk ini disertai dengan giveaway dengan Grand Prize Sony Alpha A5100, dan beberapa hadiah lainnya.


Jadi sebenarnya apa benefit dari kerja sama / kolaborasi dengan brand lain? Yuk kita bahas satu per satu:


1. Brand Exposure


- Diliput oleh influencer/KOL/buzzer

Melakukan kegiatan/aktivasi/campaign, sudah pasti akan mengundang banyak influencer/KOL/buzzer untuk mempost nya, dimana influencer pun memiliki kebutuhan untuk membuat konten yang update, dan kolaborasi dengan brand lain akan menjadi sebuah konten yang menarik untuk menarik traction (view, like, comment, & share) bagi follower influencer tersebut.


- PR campaign

Selain mendapatkan exposure dari influencer, kolaborasi dengan brand lain yang memiliki target market yang sama selalu akan memberikan nilai PR campaign yang positif dan memberikan image baik bagi perusahaan / brand.


- Liputan media

Bicara PR Campaign, sudah pasti pada akhirnya akan melibatkan juga para jurnalis dalam membuat sebuah campaign / berita / aktifasi menjadi dikenal secara lebih luas, jadi sebuah kolaborasi tentu nya sangat layak menjadi sebuah bahasan menarik bagi para jurnalis, apalagi jika disajikan dengan angle yang menarik, apalagi ketika sebuah campaign dilengkapi dengan aktivasi giveaway berhadiah, hal ini menjadi angle yang menarik juga untuk diangkat, karena pada akhirnya akan memberikan exposure yang lebih besar lagi.


2. Menambah sales / topline


Tambahan produk, tambahan exposure, tentunya akan menambah juga omset / revenue / sales dari brand tersebut. Dan karena di komunikasikan dengan label “Exclusive product” akan membuat konsumen ingin mencoba, karena ada keterbatasan, jadi mencoba karena produk tersebut tidak akan nada selama nya


3. Membangun keterikatan antara 2 brand yang bersaing (engage)


Kolaborasi ini dibangun dengan narasi yang sangat baik, dimana digambarkan bahwa Xing Fu Tang Indonesia dan Ban Ban Tea ini bersama meluncurkan produk dengan menggunakan masing-masing sumber daya yang ada , dan menampilkan siluet-siluet yang menunjukkan kedekatan antara kedua founder nya, dilihat dari beberapa posting Instagram nya


4. Membangun kompetisi yang sehat


Disaat semua pebisnis kuliner sedang dalam masa-masa sulit setelah terdampak pandemi karena COVID-19, kolaborasi ini memberikan persepsi kepada para konsumen, bahwa sesama pebisnis kuliner tentunya harus saling bahu membahu bekerja sama dengan pesaing bahkan, bahwa di era kolaborasi saat ini, rasa nya sangat wajar untuk berkolaborasi untuk sama-sama menghasilkan benefit yang saling menguntungkan, dan memberikan persepsi bahwa berkompetisi tidak selalu harus saling menjatuhkan, namun bisa saling berkolaborasi untuk menghasilkan benefit bersama


5. Membangun persepsi kualitas yang sama


Ketika kita melihat Xing Fu Tang Indonesia dan Ban Ban Tea berkolaborasi, apa yang kita pikirkan? Pastinya kita berpikir bahwa Xing Fu Tang Indonesia dan Ban Ban Tea memiliki kualitas yang sebelas duabelas, alias mirip-mirp, jadi mau beli Coffaltine Boba nya di Xing Fu Tang Indonesia, ataupun di Ban Ban Tea, kurang lebih kualitas produk nya akan sama, namun dengan varian yang berbeda.


Demikian 5 benefit yang bisa diperoleh jika kita melakukan kolaborasi dengan brand lain, tentunya hal ini akan mendorong kita sebagai pebisnis kuliner tetap aware terhadap setiap kesempatan dan kemungkinan, agar mampu melakukan terobosan dan update baru di tengah kondisi recovery setelah dampak pandemi COVID-19. Yuk, tetap semangat dan tetap belajar, dan tentu nya jangan takut untuk berkolaborasi dengan pesaing, seperti Xing Fu Tang Indonesia & Ban BanTea


Sumber Gambar: Akun IG @XingFuTang_Indonesia, @BanBan.Tea, @jktgo



278 views0 comments

Previous Post

Baca berdasarkan Topik