Black Friday Clothing Sale Leaderboard.j

Beli KOPI KENANGAN di PIZZA HUT?? Emang bisa??


Ada yang menarik kemarin yang ingin sekali Foodizz bagikan yaitu ketika ada short meeting di Pizza Hut, ternyata di dalam outlet Pizza tersebut ada small store Kopi Kenangan dan menunyanya pun tersedia di seluruh table. "Wah keren nih kolaborasinya, brand lokal bisa buka outlet di international brand, edun sih"


Alhasil, setengah peserta meeting order kopi haha dan cukup banyak juga Foodizz lihat pengunjung Pizza Hut juga order kopi dan boba hehe. Ada apa ini? Brand ratusan cabang berkolaborasi dengan brand besar ratusan cabang lainnya. Kolaborasi Next Level ini NGAB.


Apa yang bisa kita jadikan learning lesson & insight dari kolaborasi Pizza Hut dan Kopi Kenangan ini? Ini dia yang paling asik buat di bahas, yuk ah.



1. TC DRIVER (MORE KONSUMEN)


Bisa ngopi enak sekarang di Pizza Hut hehe, sedikit komen yang muncul ketika melihat kolaborasi brand ini di Bintaro. Kolaborasi ini tentu TC (Total Check) DRIVER BANGET, apa itu? Membuat traffic konsumen dan yang membeli makin banyak datang baik itu buat Pizza Hut maupun Kopi Kenangan, apalagi secara outlet Pizza Hut memang cukup enak buat nongkrong.



2. APC BOOSTER (BUY MORE)


Ini masih tanda tanya karena sistem bill nya terpisah, jadi dugaannya ini lebih mengarah ke additional revenue untuk Pizza Hut karena dengan sistem bill pisah, artinya secara APC kemungkinan besar berpengaruh kurang ok ke Pizza Hut karena konsumen ada opsi untuk membeli kopi dan tidak membeli minuman yang ada di Pizza Hut, seperti pengalaman Foodizz kemarin, setengah dari yang sedang meeting ordernya Kopi Kenangan, bukan minuman dari Pizza Hut. Tapi at the end, Pizza Hut pasti sudah consider hal ini, mungkin dicatat di konsolidasi laporan keuangan, sehingga APC bisa terjaga karena ini indikator penting untuk brand sekelas Pizza Hut.



3. BRAND EXPOSURE


Yah ini contohnya, dijadikan bahan tulisan deh karena memang menarik untuk dicermati, Foodizz sendiri cukup kagum yah gimana brand lokal seperti Kopi Kenangan bisa nembusin untuk jualan di Pizza Hut yang merupakan brand global, keren abis lo NGAB. Memang klo di cek di Google belom ada yang membahas kolaborasi ini (mungkin ada tapi blom terbaca), mungkin baru tahap trial, jadi blom ada media expose, tapi hal ini konten banget sih buat media. Menurut Foodizz, baik brand Pizza Hut maupun Kopi Kenangan bisa mendapatkan manfaat positif dari kerjasama ini dari sisi exposure, tinggal angle beritanya ajah di kemas masing-masing, contoh dari sisi Pizza Hut bisa diangkat support local brand, dari sisi Kopi Kebangan, brand lokal yang bisa masuk ke global brand


Baca juga artikel Kopi Kenangan lainnya: Kopi Kenangan Halal


4. OUTLET GROWT


Jika strategi ini diterapkan dengan expansive, tentu buat Kopi Kenangan ini menjadi GROWTH FACTOR untuk menambah cabang, dengan jumlah gerai lebih dari 500 gerai Pizza Hut dan Juga Pizza Hut Delivery, jumlah ini akan sangat signifikan bagi Kopi Kenangan, di sisi lain untuk Sarimelati Kencana (Perusahaan induk PHR dan PHD) seperti yang sudah dijelaskan di atas, merupakan TC DRIVER & APC BOOSTER dengan kuatnya brand Kopi Kenangan di Indonesia saat ini, ato jangan-jangan nanti Kopi Kenangan juga jual Pizza Hut, wong pake booth ajah bisa dan sudah dilakukan oleh Pizza Hut, apalagi jika pake outlet Kopi Kenangan khan. Apakah akan seperti ini? Will see.



5. CUSTOMER EXPERIENCE


Yeap, kolaborasi ini juga bisa meningkatkan customer experience kedua brand ke next level, sekarang mau makan pizza ada kopi enak, or sekedar mau nongkrong di Pizza Hut ada kopi enak, ke depan siapa yang tau, mau order kopi sekalian ada paket bundling dapet Pizza Hut hanya 25 ribu hehe.


Any way temen-temen kuliner tentu tulisan di atas hanya pengantar untuk sesuatu yang mungkin lebih besar yang blom kita dapet updatenya, minimal kita bisa ambil sisi INSIGHT nya di mana KOLABORASI di saat ini merupakan sesuatu yang sangat SEKSI, tidak hanya dengan KOL tapi juga antar BRAND.


Semoga bermanfaat. Rencanakan untuk BERKOLABORASI yuk.


Foodizz

1st F&B EduTech

Belajar Bisnis Kuliner ..... Yah di Foodizz.



Coming Soon, Sekolah Bisnis Kuliner By Foodizz

Program belajar bisnis kuliner selama 6 bulan di Bandung dengan metode kurikulum bisnis kuliner yang terintegrasi pertama di Indonesia, serta dibarengin dengan studi kasus terupdate. Peserta akan dapat membuat business plan yang kuat, kesempatan untuk presentasi ke investor, mendapatkan partner, atau sampai mendapatkan funding.


Buat temen-temen yang tertarik memulai bisnis kuliner, atau sudah punya bisnis kuliner ingin mengirim keluarga, anak atau orang kepercayaannya yuk segera join di program ini. Cek www.sekolahkuliner.com


#keepsharing

#keeplearning

#spreadknoweledge

#kulinerindonesia


*Buat temen-temen yang mau copas artikel silahkan ajah ga perlu minta izin asal mencantumkan sumber artikelnya, yaitu www.foodizz.id/blog. Yuk hargai karya dan usaha orang lain dalam membuat konten.


537 views0 comments

Previous Post

Baca berdasarkan Topik