Search
  • FOODIZZ.id

Belajar dan Berinovasilah atau End Game

Tidak ada yang menginginkan kondisi saat ini berlangsung lama, membuat perubahan perilaku konsumen, serta membuat banyak bisnis yang menjadi tidak relevan. Dengan situasi, kondisi seperti ini, rasanya tidak mungkin Level UKM atau UMKM siap untuk menghadapi hal ini, Wong level Big Business ajah banyak yang tumbang.


Lah terus bagaimana? harus diam ajah, pasrah sembari bernostalgia enak banget jaman 8-9 bulan lalu, "oh andai", come on, MOVE ON, semua udah berubah hanya dalam hitungan 1 bulan "Covid-19 was Inevitable", Stop Crying, Blaming condition, Move forward.


1 Bulan sebelum Covid, 2 hal yang saya inget diskusikan dengan temen-temen di Foodizz, Satu, What if Wuhan happen in Indonesia. Dua, what are our next revenue if offline "End game", kita ngalor ngidul baik dari impact ke perusahaan maupun pribadi.


Singkat kata, siapkanlah planning jika hal di atas terjadi, mulai dari melakukan Split Tim untuk mempelajari Online Sales dan Marketing, mempersiapkan konsep-konsep baru edukasi dalam online, dan juga persiapan operasional perusahaan untuk WHAT'S COMING.


..... dan DUARRR Covid-19 meledak, tapi biarpun tidak dikatakan betul-betul siap, setidaknya kita tidak kaget dan langsung menjalankan plan baru, offline revenue GAME OVER, online becoming NEW STAR.


Sedikit cerita di atas klo boleh saran dan hanya ingin sharing, belajarlah sesuatu yang "baru", jangan hidup hanya dengan "kemampuan masa lalu" karena "masa depan sudah berubah".


Klo kamu dulu jual ayam pake outlet, cobalah sekarang jualan ayam dengan online, jika kamu hanya bisa produksi cireng, pelajari ilmu bagaimana membuat bisnis cireng bisa jadi reseller online dengan membangun pasukan online. Jika outletmu besar-besar, banyak tuh space berarti untuk mulai produksi, stok barang frozen, kemudian mengembangkan model bisnis baru yang adaptif.


Intinya BELAJARlah hal baru terkait bisnismu, baik itu baru, untuk mendukung bisnis yang jalan saat ini, atau bahkan memulai bisnis yang baru untuk bisa SURVIVE dan menyambut masa depan. MASA DEPAN PASTI DATANG, masalahnya kita hanya tidak tahu dengan pasti masa depan seperti apa, karena itu BERSIAPLAH!!



18 views