Search
  • FOODIZZ.ID

8 Tips Sukses Memulai Bisnis Kuliner Rumahan

Apakah Anda merupakan karyawan yang sudah mulai suntuk dan jenuh dengan rutinitas yang dijalani setiap hari? Ingin memulai bisnis dari rumah yang bisa menghasilkan sampai ratusan juta per bulannya?

Selamat, karena Anda sedang ada di halaman yang tepat. Kali ini Foodizz akan memberikan beberapa tips sukses membangun bisnis kuliner rumahan yang bisa Anda praktekan langsung.


Membangun sebuah bisnis bukanlah sesuatu hal yang mudah untuk dilakukan. Selain harus memiliki niat yang kuat, membangun bisnis juga membutuhkan modal yang besar. Maka dari itu, kebanyakan orang lebih memilih untuk memulai bisnis berbasis rumahan sebagai langkah awalnya.


Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membangun bisnis kuliner rumahan:


1. Pilih produk kuliner yang banyak diminati


Punya pemikiran mulai dengan produk baru? Untuk pertama mulai alangkah baiknya ikuti pasar terlebih dahulu. Buat produk yang sedang ramai dan banyak diminati. Kenapa begitu? Karena pasarnya sudah jelas, banyak peminatnya dibandingkan Anda memulai dengan membuat produk baru.


2. Tentukan keunikan produk Anda


Persaingan bisnis rumahan sekarang sudah semakin ketat, bukan hanya satu, dua, atau tiga orang saja, melainkan ada ribuan orang yang sudah mulai. Maka dari itu, selain memiliki rasa yang enak, penting untuk Anda memiliki keunikan pada produk yang dijual, agar produk mudah dilirik dan diingat oleh para konsumen.


3. Tentukan visi dan misi


Visi biasa diartikan sebagai gambaran atau tujuan yang ingin dicapai di masa depan, sedangkan misi yaitu cara yang harus dilakukan untuk bisa mencapai tujuan tersebut.


Jadi, mau itu perusahaan besar ataupun bisnis rumahan, visi dan misi memiliki peranan yang cukup penting dalam menentukan tujuan dan target seperti apa yang ingin dicapai di masa depan. Dengan adanya visi dan misi, usaha yang Anda jalani akan menjadi lebih terarah.


4. Jangan malas untuk belajar administrasi


Meski hanya membuka bisnis berbasis rumahan, namun sangat penting untuk bisa memahami peran administrasi di dalam usaha. Anda wajib mencatat segala pemasukan yang ada meskipun nilainya masih terbilang kecil.


Pisahkan uang pribadi dengan uang hasil usaha. Meski terbilang sederhana, namun inilah dasar-dasar administrasi yang harus Anda pahami saat membuka usaha.


5. Perhitungkan modal


Anda harus bisa menghitung dengan cermat kira-kira berapa biaya atau modal usaha yang harus dikeluarkan. Sebisa mungkin, hindari membeli segala sesuatu yang dirasa tidak terlalu penting dan tidak dibutuhkan!


6. Lakukan promosi


Bagaimana produk Anda akan dikenal dan diketahui oleh banyak orang jika Anda saja tidak pernah mempromosikannya. Promosi sendiri juga menjadi salah satu cara terbaik untuk memasarkan dan menjual produk pada konsumen.


Banyak cara untuk mempromosikan bisnis Anda, diawal Anda bisa meminta bantuan pada keluarga dan teman dekat untuk posting produk makanan Anda di sosial media mereka.


7. Buang pikiran tentang kegagalan


Membuka sebuah usaha hanya ada dua pilihan, kesuksesan dan kegagalan. Jika Anda dari awal sudah merasa takut akan kegagalan, sudah bisa dipastikan bahwa usaha Anda kedepannya akan gagal.


Anda harus bisa meyakinkan diri Anda sendiri dan buang jauh-jauh segala pikiran mengenai kegagalan.


8. Berikan yang terbaik kepada konsumen


Supaya bisa meraih hati para konsumen, Anda harus bisa memberikan yang terbaik untuk mereka. Mau itu dalam hal produk yang Anda jual, ataupun respon yang Anda berikan. Anda harus bisa membuat mereka puas, sehingga mereka bisa merekomendasikan produk Anda ke orang lain.


Artikel bermanfaat lainnya: Bisnis Kuliner Nusantara yang Bisa Jadi Inspirasi


Itu dia tips yang bisa Foodizz berikan kali ini. Semoga bermanfaat untuk Anda yang ingin mulai bisnis kuliner rumahan. Mau belajar lebih dalam seputar membangun bisnis rumahan? Daftar di Foodizz Online Class 6 "Memulai Bisnis Kuliner Rumahan Omzet Ratusan Juta".

Akses berbagai program lengkap Foodizz: Online Class, E-Course, Buku, E-Book, dll untuk mendukung penambahan ilmu Bisnis Kuliner mu!



64 views