Search
  • FOODIZZ.ID

8 Tips Membuat Konsumen Datang Kembali ke Outlet Anda ketika Re-Opening Outlet

Buka kembali setelah tutup hingga 3 bulan, pasti senang rasanya. Tapi ketika buka kok omzet turun jauh ya? Banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut seperti, kebiasaan masyarakat yang berubah, belum terbiasa dengan new normal dan lain-lain.

Ada beberapa tips yang akan Foodizz bagikan untuk Anda yang mengalami hal tersebut. Simak langsung beberapa tipsnya dibawah ini:


1. Buat konsumen merasa aman


Komunikasikan di sosial media standar kesehatan dan keamanan di outlet Anda:


  • Video SOP kebersihan

  • IG live standar di dapur

  • Pemeriksaan suhu setiap karyawan

  • Ketersediaan masker untuk dibeli

  • Ketersediaan desinfektan

  • Papan suhu pegawai di depan outlet


Jika perlu ownernya yang tampil dan sebagai model video campaignnya


2. Phisical distancing


Komunikasikan bentuk standar phisical distancing di outlet Anda. Perlihatkan misal jarak antar meja, atau sekat meja antar konsumen sehingga membuat konsumen merasa aman dan datang ke tempat Anda.


3. Spesial program promo


Buat program promo after COVID-19 khusus dine in untuk membuat konsumen kembali datang. Misal buy 1 get 1 your favorite coffee atau promo bunding misalnya buy 1 get 1 masker.


4. Romancing the brand


Aktif membangun komunikasi brand di own media dan payed media. Romance the brand, bangun dan komunikasi aktif dengan follower dan konsumen Anda sehingga mereka terikat dengan brand Anda.


5. Standarisasi baru untuk pegawai


Komunikasi standar pelayanan new normal wajib dibuat dan dikomunikasikan karena inilah yang akan langsung berinteraksi dengan konsumen. Misal, karyawan menggunakan masker, karyawan wajib mencuci tangan sebelum memproses pesanan, lakukan pengecekan suhu pada karyawan dan karyawan harus memiliki surat dokter keterangan bebas covid dan lain-lain.


6. Menu digital


Gunakan menu yang tidak perlu di pegang oleh konsumen, paling baik menggunakan aplikasi sehingga konsumen bisa memesan dari HP mereka sekaligus melakukan pembayaran. Namun bisa juga dengan menggunakan QR code di meja dengan kombinasi menu dan mungkin yang paling manual minimal menu sekali pakai di mana konsumen bisa memilih sendiri di kertas menu tersebut. Contoh Upnormal Coffee dengan Upnormal App nya yang bisa order di HP, bayar di HP dan juga home delivery.


7. Anda, keluarga dan management jadi customer yang pertama


Nah ini penting sekali, buat liputan video dan photo-photo di mana owner dan keluarga beserta management datang dan makan di cafenya sendiri sehingga konsumen yang lihat video yakin dan mau datang. Kalo Anda sebagai pemilik saja ragu, bisa-bisanya Anda minta konsumen datang dan berharap mereka mau datang.


8. Invite Influencer


Invite influencer untuk melakukan liputan awal ketika outlet Anda buka, minta mereka liput standar safety, social distancing, sistem bayar dan berbagai hal yang membuat konsumen ketika melihat merasa aman dan ingin datang ke outlet Anda.


Artikel bermanfaat lainnya: 7 Strategi Menu untuk Menaikan Profit Cafe di New Normal


Semoga artikel diatas bisa membantu Foodpreneur semua.

Akses berbagai program lengkap Foodizz: Online Class, E-Course, Buku, E-Book, dll untuk mendukung penambahan ilmu Bisnis Kuliner mu!


14 views