Black Friday Clothing Sale Leaderboard.j

8 Teknik WOW EFFECT, Bikin SALES MELEDAK secara CEPAT


Salah satu poin penting ketika berdiskusi dengan salah satu pebisnis kuliner minggu lalu adalah bagaimana pentingnya WOW EFFECT ketika kita membuat bisnis kuliner baru atau sedang melakukan RE BRANDING atau misalnya dalam mengeluarkan NEW PRODUCT LAUNCHING.


"Harus WOW mas" sehingga GAUNGNYA / awareness nya bisa massive baik itu secara oraganik maupun memang sudah di planning, misalnya menggunakan KOL (Key Opinion Leader) ataupun BUZZER. Jika tidak, yah ga bakal besar IMPACT nya bahkan bisa jadi gagal apa yang jadi target kita.


WOW EFFECT ini klo terjadi, hasilnya bisa mantap banget buat bisnis kita kenapa?

  1. WOW EFFECT bisa menciptakan TRAFFIC yang massive ke tempat kita.

  2. WOW EFFECT membuat kita akan hemat biaya karena apalagi klo kita bukan tipe yang bakar-bakar budget promosi, entah emang karena budget pas-pas an atau emang bokek sama sekali.

  3. WOW EFFECT juga menciptakan TRIAL EFFECT yang artinya akan banyak yang mencoba produk kita di mana hal ini akan memberikan informasi penting, apakah konsumen suka dan apakah dari sisi harga reasonable dan value for money.

Mantap yah?. "hmmm tapi ..... pasti deh nih Foodizz selalu ada tapi"


Bener banget hehe, tapi masalahnya membuat WOW EFFECT ini ga mudah NGAB (yang main tiktok ngerti istilah ini, klo enggak main Tiktok gih), karena butuh insight dan KREATIVITAS agar ketika kita mengeluarkan BRAND baru, RE BRANDING maupun NEW PRODUCT LAUNCHING kita bisa menciptakan WOW EFFECT di market yang akhirnya memberikan hasil yang kita harapkan bagi bisnis kita.


Nah, kali ini kita coba bahas yuk, apa ajah nih TEKNIK yang bisa membuat WOW EFFECT yang bisa temen-temen kuliner gunakan nanti di dalam bisnisnya. Let's go.



1. PRODUCT IT SELF


"Indomie Level pedas 100", "Tulang sumsum langsung dari tulangnya", "Bakso beranak", "Bakso lobster", "Nasi goreng gila", apa kesamaan dari WOW EFFECT beberapa hal di atas? Yes produknya dibuat EKSTRIM di luar KEBIASAAN NORMAL. Makan Indomie sih biasa ajah, cuman klo udah dibuat model 100 cengek / cabe di mana indomienya udah ga keliatan lagi gara-gara ketutup cabe, nah ini akhirnya bisa menimbulkan WOW EFFECT, lihat ajah contoh seperti Indomie Abang Adek atau Indomie Upnormal yang membuat WOW EFFECT luar biasa.


Yg juga WOW EFFECT misalnya makan bakso tulang sumsumnya bisa di sedot-sedot, segede gaban, atau juga dibelah sehingga sumsumnya bisa di sendok, dengan sedikit sentuhan video kreatif udah deh bakal jadi WOW EFFECT banget nih di mana akhirnya mendorong konsumen untuk datang mencoba.



2. ENDORSE BY KOL


Salah satu teknik yang cukup besar pengaruhnya dalam membuat WOW EFFECT adalah dengan menggunan ENDORSE atau kolaborasi dengan KEY OPINION LEADER atau BUZZER. Contoh seperti NYAPII dengan Edho Zell, Ngikan dengan Rachel Venya, dan banyak lagi yang sekarang menggunakan strategi ini untuk membuat WOW EFFECT bagi bisnisnya. EFFECT nya jika berhasil sangat instan dan cepat, walaupun tentu catatannya harus tetap secara fundamental bisnisnya dipersiapkan dengan baik.



3. THE PROMOTION TACTIC


"Bayar Rp.0 selama 3 hari, khusus DINE IN atau Delivery ONLINE", ini contoh ekstrim bagaimana bisa membuat WOW EFFECT dengan cara PROMOTION TACTIC, tapi .... hati-hati menggunakan strategi seperti ini, klo bicara mendulang traffic sudah pasti, siapa sih ga mau gratisan atau discount 50% atau buy 1 get 1, namun penting juga memang kita punya PRODUK YANG KUAT, berdasarkan riset market sehingga tujuan dari PROMOTION TACTIC yang dilakukan adalah untuk PRODUCT TRIAL yang pada akhirnya membuat konsumen tetap membeli walaupun sudah tidak ada promo.


Selain itu PROMOTION TACTIC juga berguna untuk membangun AWARENESS secara massive dan cepat yang penting perhatikan ajah catatan di atas.



4. THE PACKAGING


Salah satu teknik WOW EFFECT yang cukup ampuh adalah memiliki PACKAGING yang WOW, packaging yang membuat setiap orang akan memfoto dan posting, packaging yang menarik untuk dijadikan UNBOXING sehingga penting banget untuk temen-temen kuliner serius mempersiapkan PACKAGING yang di design dengan kuat, klo perlu bahkan men hire designer khusus untuk mendesign PACKAGING buat kita. "Mahal dong" yes kalo mau WOW EFFECT memang cenderung akan mahal karena temen-temen akan berhadapan dengan profesional yang berkualitas, namun PACKAGING DESIGN itu adalah INVESTASI bagi BRAND kita.



5. PRESENTATION


Ngacung, berapa banyak yang lihat di tiktok gara-gara makanannya tampil menarik banget, dilebih-lebih kan secara tampilannya, terlihat ekstrim akhirnya "pengen coba ah". Misal ada coffee shop yang baristanya bisa menggambar NAGA dan kemudian di viral kan oleh buzzer, kira-kira penasaran ga buat dateng ke coffee shop tersebut dan kemudian juga bisa menikmati DRAGON LATTE ART.


Jadi tampilan visual itu sangat penting, karena akan memberikan pengaruh besar kepada konsumen untuk melakukan serangkaian tindakan seperti melakukan SHARING (Di sosmed, misalnya re share, atau link share) dan bahkan kemudian memutuskan untuk datang dan membeli



6. EXTREME PRICING


SEI sapi hanya 12 ribu, Mie Setan hanya 5 ribu selama opening. Salah satu teknik WOW EFFECT yang paling cepat viral yah bukan lain pasti salah satunya adalah dengan EXTREME PRICING. Bisa EKSTRIM MURAH, bisa juga EKSTRIM MAHAL seperti salah satu sushi di mall Jakarta, di mana mau buka pintunya ajah mungkin model kayak saya ini ragu-ragu mau masuk, takut kena PRANK harga wkwk (maksudnya karena emang ga tau ajah harganya mahal).


Beberapa bisnis seperti Mie Kober, Mie Gacoan salah satu yang sangat jago memainkan EXTREME PRICING ini, atau misalnya dari SL GROUP yang menjual SEI sapi hanya 12 ribu atau pizza hanya 10 ribu. "RUGI DONG PASTI?" siapa bilang? Disiplin soal LOW PRICE dan LOW OPEX ini salah satu pendekatan yg bisa dipelajari loh yang akhirnya tetep kita bisa untung gede dengan memainkan HIGH TRAFFIC DAN VOLUME.



7. AMAZING LOCATION


WOW EFFECT juga bisa terjadi ketika kita memiliki lokasi yang bisa dibilang GIVEN banget, misalnya disebelah penggunungan, sungai, atau lokasi lain yang memang tidak bisa ditiru karena faktor GIVEN nya. "tapi emang banyak konsumennya?" loh temen-temen klo ke Bandung pernah ke Cafe Dago Pakar atau cafe-cafe di Punclut? Itu mau ke sana EFFORT nya luar biasa tapi rame ajah tuh karena memang mereka memiliki WOW EFFECT yang tidak bisa dilawan oleh cafe-cafe yang ada ditengah kota.


WOW Effect juga misalnya kita punya bangunan ICONIC yang tidak ada duanya, misalnya rumah tua peninggalan Belanda yang disulap menjadi coffee shop, namun perlu diingat yah, bukan berarti punya AMAZING LOCATION pasti laku, lah wong klo ga ngerti marketing, ga bisa mendevelop produk atau juga ga ngerti nge branding yah podo wae hasilnya. WOW EFFECT itu tidak berdiri sendiri tapi PEMICU / TOOLS yang bisa digunakan.



8. STORY BEHIND


Terakhir WOW EFFECT juga bisa dibentuk dengan STORY/CERITA yang menarik dari sebuah BRAND, entah itu cerita OWNERNYA, cerita PRODUKNYA, cerita PROSES nya, CERITA PENGALAMAN, dan berbagai cerita yang bisa dikemas untuk menciptakan WOW EFFECT. Contoh siapa yg ga tau dengan Kopi KLOTOK, tau yah yg di Yogya, kecuali emang temen-temen ga pernah main ke YOGYA, pertanyaan berikutnya KOK BISA TAU, tau dari mana? "Oh diceritakan dan rekomendasikan banyak orang, klo ke Yogya wajib ke sana beli pisang gorengnya sama lodeh nya, terus hati-hati suka dimarahin klo nambah-nambah pisang". Banyak cerita tentang gimana nambah pisang di omelin tapi justru inilah STORY BEHIND yang akhirnya membuat orang PENASARAN untuk datang, dan bener ajah pas kebetulan pengen nambah pisang, eh omelin suruh habisin dulu yang udah di order wkwk.


"WOW EFFECT khan tidak menjamin bisnisnya bertahan, paling cuman viral sesaat", YA ELAH NGAB beda bahasan lah, ini khan untuk TRAFFIC DRIVEN di awal, yah tentu kalo bahas sustain ceritanya jadi panjang, silahkan cek www.foodizz.id/blog nah ada hampir 200 artikel dibacain semua, kira-kira panjang ceritanya kayak gitu klo soal sustain.


Nah temen-temen kira-kira itu 8 Teknik untuk menciptakan WOW EFFECT dalam bisnis kita, ingat setiap TEKNIK butuh didukung oleh USP yang kuat


  1. Ultimate MESSAGE

  2. STRONG VISUALIZATION

  3. PUSH TO ACTION


Jadi klo temen-temen contohnya pake TEKNIK no 1, produknya punya WOW EFFECT, ketika di komunikasikan ke konsumen melalui media apapun, USP nya harus diperhatikan dan mendukung WOW EFFECT nya, karena konten sekuat apapun jika di sampaikan dengan USP yang tidak pas, yah ga akan punya impact besar.


Selamat pagi temen-temen, semoga artikel harian yang Foodizz buat bisa bermanfaat buat temen-temen semua. Jangan lupa di share di berbagai group dan temen-temen lain yah dengan tetap mengikut sertakan sumbernya dari FOODIZZ.


Foodizz

1st F&B Education Platform in Indonesia.

Belajar Kuliner ... Yah di Foodizz.


Coming Soon, Foodizz Online Class 12: 20 LOW BUDGET HIGH IMPACT MARKETING PROGRAM, kelas wajib nih yang sales nya mentok, mau naikin sales tapi budget mentok atau yang salesnya udah ok tapi bisa cost jadi lebih murah. Yuk segera join kelasnya di link ini. Asiknya lagi bakal ada 4x mentoring langsung bareng Speakernya.


Jangan ketinggalan peluangnya.


#keepsharing

#keeplearning

#spreadknoweledge

#kulinerindonesia


*Buat temen-temen yang mau copas artikel silahkan ajah ga perlu minta izin asal mencantumkan sumber artikelnya, yaitu www.foodizz.id/blog. Yuk hargai karya dan usaha orang lain dalam membuat konten"


Sumber Gambar: Unsplash.com


945 views0 comments

Previous Post

Baca berdasarkan Topik