Black Friday Clothing Sale Leaderboard.j

8 Langkah Praktis Membuat PENAWARAN yang Tidak Bisa Ditolak Konsumen


PENJUALAN itu terjadi karena adanya PENAWARAN, sehingga penting sekali setiap pebisnis kuliner belajar tentang bagaimana membuat PENAWARAN yang tidak bisa DITOLAK oleh konsumen. Konsep PENAWARAN itu sangat luas yah, tidak melulu bicara hanya masalah PROMO sebetulnya, apalagi di dalam konteks bisnis kuliner.


Contoh "Kentangnya mau di upsize kak cuman nambah 5.000?" Nah ini penawaran di mana ketika konsumen sedang antri, kemudian mereka di TEMBAK untuk memutuskan dengan cepat, mau lebih gede ga kentangnya hanya dengan Rp. 5.000, secara psikologi penawaran ini terlihat SANGAT MENGUNTUNGKAN bagi konsumen pada moment itu sehingga akhirnya mereka memutuskan untuk UPSIZE, padahal setelah dimeja mungkin ajah baru mikir "LAH BANYAK AMAT YAH, kaga abis deh", sesuatu yang sebetulnya mereka tidak butuhkan tapi pada akhirnya karena PENAWARANNYA terlihat sangat MENGUNTUNGKAN, akhirnya mereka membeli juga. Menarik yah?


Nah, bagaimana kita bisa mengimplementasikan PENAWARAN yang sulit di TOLAK di dalam bisnis kuliner kita? Nah coba kita bahas yuk 8 LANGKAH PRAKTISnya sehingga nanti temen-temen bisnis kuliner mudah MENERAPKANNYA.



1. SIAPKAN PENAWARAN YANG TIDAK BISA DITOLAK


PENAWARAN itu kunci apakah konsumen akan membeli dan merekomendasikan sehingga penting banget buat temen-temen kuliner paham bagaimana cara MEMBUAT PENAWARAN yang tidak bisa DITOLAK. Bagaimana caranya?


  • Pahami ke siapa kita menjual produk kita

  • Pahami apa yang konsumen "inginkan dan harapkan" bukan cuman butuhkan.

  • Pahami apa yang ditawarkan oleh PESAING, kelebihan dan kelemahannya

  • Pelajari PENAWARAN-PENAWARAN yang sudah pernah ada dan apa IMPACT nya.

  • Dibuat kalkulasi hitungan yang kuat karena kemungkinan besar akan terkait dengan ANGKA

  • Baru kemudian siapkan PENAWARAN yang SULIT atau TIDAK BISA DITOLAK.



2. PROMOSIKAN PENAWARAN TERSEBUT


PENAWARAN itu akan dibeli sehingga PENJUALAN bisa meningkat karena di PROMOSIKAN ke target yang tepat, menggunakan media/platform yang tepat dan pada saat yang tepat. Mau sekeren apapun penawaran yang kita buat, klo GA ADA yg TAU, yah GA ADA yg BELI. Misal, kamu punya PENAWARAN SPECIAL 3 hari ajah, BUY 1 GET 1, mantep nih dari hasil analisa PENAWARANNYA, terus cuman di taro di selembar FLYER di depan kasir, yah KE LAUT hasilnya, ato hanya ditaro di Instagram yang engage ratenya juga cuma NOL KOMA, HALU namanya.



3. KASIH LIMIT WAKTU BUAT PENAWARANNYA


Selalu berikan LIMIT WAKTU untuk PENAWARAN yang kamu buat, sehingga muncul pikiran "RUGI" dalam benak konsumen kalo tidak dimanfaatkan penawarannya saat ini juga, apalagi ditambah misalnya Bonus SPECIAL dari penawaran tersebut, makin membuat konsumen berpikir "RUGI NIH KLO GA BELI SEKARANG".



4. Buat HEADLINE yang POWERFULL


JUDUL / HEADLINE itu SUPER PENTING, kalimat pendek yang membuat pikiran konsumen DUARRR / WOWWWW / EDANNN sehingga matanya kemudian terus membaca penawaran yang dibuat sampai lengkap serta menimbulkan efek DORONG SADIS untuk segera "MEMBELI". BUY 1 GEt 1, HANYA HARI INI .... BURUAN nah contoh HEADLINE yang "memaksa" otak untuk lanjut membaca apa yang DITAWARKAN.



5. DESIGN & VIDEO YANG MENGGANGGU PIKIRAN


Unsur DESIGN & VIDEO juga sangat penting untuk membuat PENAWARAN menjadi sangat MENARIK dan MENDORONG orang pada akhirnya untuk bersegera MEMBELI. Barusan nih beli ramen di sebuah tempat, karena apa? Karena DESIGN tempatnya CAKEP, di videokan dengan cara yang menarik serta di promosikan oleh ownernya di TIKTOK, jadinya ajah rame-rame dari kantor pergi ke ramen tersebut.



6. SIAPKAN ALTERNATIF CALL TO ACTION


PENAWARAN itu harapannya khan ada yang BELI, sehingga PENJUALAN NAIK, nah pastikan di PENAWARAN yang kita buat ada CALL TO ACTION yang detail, jelas, dan mudah dipahami. Misalnya ada Nomor WA untuk order, ada MAP Google klo mau pergi ke sana, ada FEED Instagram kalo mau liat menu-menu, ada kontak bisnis di Google Business, dilengkapi dengan review-review yang bagus, sehingga tidak ada cela untuk konsumen tidak bisa MENEMUKAN PENAWARAN yang kita buat.



7. BUAT ALTERNATIF PENAWARAN


Apakah 1 PENAWARAN cukup? TIDAK, buatlah selalu ALTERNATIF PENAWARAN dengan semua poin di atas, kemudian coba TAWARKAN melalui berbagai media alternatif PENAWARAN tersebut. Bisa ISI PENAWARAN yang berbeda, bisa juga DESIGN & VIDEO nya yang beda, bisa juga HEADLINE nya beda padahal konteks nya sama ajah. Intinya BUAT ALTERNATIF, test, dan ukur mana PENAWARAN yang paling efektif.



8. UKUR HASILNYA APAKAH DI KILL, IMPROVE, atau REPEAT


Terakhir PENAWARAN itu harus di ukur, apakah ada HASIL, apakah perlu diGANTI, di IMPROVE, atau bahkan harus di REPEAT, karena ternyata memberikan hasil yang sangat bagus bagi PENJUALAN. Misal brand OVERHOT YAA!!!, mereka membuat penawaran TEBUS MURAH setiap KAMIS hanya seharga 25 ribu, nah program ini ternyata memberikan dampak bagus terhadap penjualan sehingga terus di REPEAT setiap Kamis walaupun dengan KONSEP yang berbeda-beda.


Nah temen-temen kuliner semua, demikianlah 8 langkah praktis untuk membuat PENAWARAN yang tidak bisa ditolak oleh konsumen, semoga bisa dipraktekan dan bisa bermanfaat buat bisnis kuliner temen-temen semua.


Semoga bermanfaat untuk para foodpreneurs!


Foodizz

1st F&B Education Platform in Indonesia.

www.foodizz.id


Buat temen-temen yang mau belajar lebih detail bagaimana MEMULAI BISNIS KULINER DARI NOL, nah coming soon Maret 2021 kelas MBK 16 Foodizz akan hadir dengan format OFFLINE (di Bandung) dan ONLINE (bisa di mana ajah). Siapa yang pernah ikut kelas ini? BANYAKK, sudah 16 MBK loh dan banyak owner bisnis kuliner yang sudah sukses pernah ikut di kelas-kelas Foodizz seperti HAUS, Waroeng Steak, TEGUK, TUGU JOGJA & LAPIS BOGOR, Master Penyet, Mr. Suprek, Mie Gacoan, Capital Bakery, dan ribuan lainnya.


So, jangan terlewat di kelas MBK 16 kali ini, banyak ILMU UPGRADE, STUDI KASUS, serta MENTORING ONLINE 10x setelah selesai kelas dan dapet bocoran 5 bisnis yang bisa jadi bisnis miliaran yang bisa temen-temen jalankan. Daftar di link ini


Jangan ketinggalan peluangnya.


#keepsharing

#keeplearning

#spreadknoweledge

#kulinerindonesia


*Buat temen-temen yang mau copas artikel silahkan ajah ga perlu minta izin asal mencantumkan sumber artikelnya, yaitu www.foodizz.id/blog. Yuk hargai karya dan usaha orang lain dalam membuat konten"


Sumber Gambar: Unsplash.com


1,295 views0 comments

Previous Post

Baca berdasarkan Topik