Black Friday Clothing Sale Leaderboard.j

8 Ide Giveaway Socmed Bisnis Kuliner Di Bulan Ramadhan


Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya yang berjudul 5 Ide Konten buat Sosmed Restoranmu di Bulan Ramadhan, Nomor 5 Pasti Gak Kepikiran!, salah satu ide konten media sosial restomu pada bulan Ramadhan adalah dengan mengadakan giveaway atau kontes berhadiah! Konten tipe seperti ini so far terbukti diminati, mulai dari karena tentunya menawarkan hadiah langsung untuk audience dalam berbagai bentuk (uang tunai, saldo uang digital, hingga produk) juga karena bersifat menghibur karena dikemas dalam bentuk pertanyaan atau trivia yang membuat audience harus mengulik atau berpikir kreatif dalam menjawab!


Belum pernah mengadakan giveaway di akun sosmed restomu? Wah, sekalian jadi saat yang tepat untuk memulai mencoba! Karena mengadakan giveaway akan mendatangkan beberapa manfaat mulai dari meningkatkan jumlah followers (dengan menjadikan wajib akun follow akun restomu sebagai syarat), meningkatkan interaksi (dengan syarat komentar di kolom komen) hingga potensi meningkatkan awareness brandmu di media sosial (dengan syarat wajib share atau tag teman followers).


Nah.. udah tau manfaatnya kan? Nih dikasih beberapa referensi giveaway yang bisa diadakan oleh akun sosmed restomu!



1. Berikan pertanyaan hitungan matematika yang sulit!


Giveaway dalam bentuk ini akan sangat diminati karena audience pada umumnya senang terlihat “pintar” apabila berhasil memecahkan sebuah pertanyaan yang sulit! Contoh referensinya bisa dilihat dari Bolu Susu Lembang berikut ya, liat tuh engagementnya aja sampe 1.000 dalam 1 postingan!


2. Berikan pertanyaan terbuka yang membuat konsumen menjawab sekreatif mungkin!


Cari momen yang tepat untuk dijadikan pertanyaan, misal yang dilakukan oleh Lapis Bogor Sangkuriang ini yang menanyakan harapan followers di tahun baru 2021 lalu. Nah, karena sekarang udah mau bulan puasa, mungkin sosmed resto Foodpreneurs bisa menanyakan harapan followers di bulan puasa tahun ini, atau apa yang paling mereka rindukan dari tradisi di bulan puasa!


3. Berikan tantangan untuk menemukan perbedaan pada 2 gambar


Jangan lupa usahakan foto produkmu nih yang dipajang dalam kontennya seperti triknya Overhot Yaa!!! di postingan berikut:

Dengan memperhatikan produkmu selama bermenit-menit demi mencari perbedaannya, besar kemungkinan audience jadi “ngiler” hingga terdorong untuk melakukan pemesanan! Sambil jadi konten giveaway, sambil “dikit-dikit” jualan gitu kan hehehe....



4. Adakan Giveaway nyambi Instagram Live!


Hayoo.. Ingin mulai mengadakan Instagram Live secara rutin tapi gak tau mau bahas apa di IG Live tersebut? Simpel, bagi-bagi hadiah aja kayak Khong Guan! Dalam IG live nya sih kamu bisa sambil tur restoran, atau sesimpel sambil food review / mukbang aja, tapi selipkan pertanyaan-pertanyaan giveaway saat melakukan itu dan langsung umumkan di akhir IG Live, supaya audience menonton keseluruhan IG Live akun restomu!


5. Berikan tantangan untuk memecahkan maze (labirin)


Sama nih seperti soal matematika, buat sesulit mungkin supaya audience makin tertarik menjawab supaya bisa membuktikan bahwa mereka smart dan super jeli!


6. Adakan kompetisi video TikTok!


Sedang berusaha membangun channel TikTok restomu? Dorong dengan mengadakan giveaway dengan syarat audience harus membuat video TikTok, misal sambil mereview produkmu atau ketika berada di outlet / restomu! Dengan begitu, kamu bisa sekalian menjadikan konten-konten tersebut sebagai bahan repost (User Generated Contents). Psstt.. Dengan syarat mereview produk / visit toko bisa mendorong penjualan juga lho! Jadi dobel-dobel khan benefitnya. Jangan lupa, mengingat effort audience lebih tinggi (karena bukan segampang komen / tag teman, tawarkan nilai hadiah yang juga menarik ya seperti yang dilakukan oleh Waroeng Steak pada kompetisi ini:


7. Adakan kompetisi foto di Instagram!


Masih mau fokus membangun presensi di Instagram? Tinggal ubah syarat upload ke TikTok menjadi ke Instagram para audience yang ikut serta. Kurang lebih sama seperti poin sebelumnya, hasil upload-an peserta bisa digunakan sebagai materi posting sosmed restomu. Baik peserta harus upload ke Story atau Feeds, sama-sama bisa mendatangkan potensi awareness tambahan untuk brandmu karena followers mereka (followers para peserta) juga akan melihat brandmu



8. Adakan kompetisi bersifat GIF wajib screenshot & share!


Nah ini bisa Foodpreneurs lakukan kalo mau agak sedikit effort di pembuatan konten publikasinya. Karena tidak hanya didesain, perlu dibuatkan motiongraphic terlebih dahulu. Tapi kita kan semua tahu bahwa konten bersifat video (motiongraphic dikategorikan sebagai video juga) sangat diminati di Instagram, sehingga peluang tersebarnya informasi giveawaymu akan diuntungkan oleh algoritma Facebook yang menyebarkan konten tersebut ke para peminat konten tipe video. Contohnya begini yaa:

Masih banyak ide giveaway lainnya yang bisa dieksplor untuk jadi konten sosmedmu selama bulan Ramadan nanti lho! Jajaki terus berbagai konsep kreatif untuk diimplementasikan pada akun media sosial brand kuliner kamu supaya memiliki reach, impression, dan engagement yang tinggi yang akhirnya membuat kontenmu didorong oleh algoritma Facebook & Instagram!


Eits… “mengadakan kontes atau giveaway” itu cuma 1 dari keseluruhan 30 Ide Konten media sosial untuk bisnis kuliner di Bulan Ramadan lho! 29 ide lainnya bisa kamu dapatkan di sini supaya brand kuliner kamu tetap konsisten, produktif dan kreatif selama Bulan Ramadhan nanti!


Foodizz

1st F&B EduTech

Belajar Kuliner ... Yah di Foodizz.


#keepsharing

#keeplearning

#spreadknoweledge

#kulinerindonesia


*Buat temen-temen yang mau copas artikel silahkan ajah ga perlu minta izin asal mencantumkan sumber artikelnya, yaitu www.foodizz.id/blog. Yuk hargai karya dan usaha orang lain dalam membuat konten.


www.sekolahkuliner.com


Sumber Gambar: Unsplash.com


460 views0 comments

Previous Post

Baca berdasarkan Topik