Search
  • FOODIZZ.id

8 Hal Penting yg Harus Diperhatikan dalam Menciptakan Menu Baru untuk Naikin Omset dan Profit

Kalo sekedar launching menu baru sih sepertinya dalam bisnis kuliner bukan jadi persoalan mencari idenya, buanyaakk pasti dah, kita semua kemungkinan besar pasti punya ide menu apa yang bisa di launching.


Tapi .......


Klo udah ngomongin launching menu baru harus bisa naikin Omset dan Profit, nah ini pekerjaan ga gampang tentunya karena ini butuh strategi yang tepat sehingga betul ketika meluncurkan Menu Baru tersebut bisa mencapai target yang dibuat.


Nah .......


Apa ajah nih yang perlu diperhatikan oleh Foodpreneur ketika Ingin meluncurkan menu baru yang berfungsi untuk meningkatkan Omset dan Profit Perusahaan.

1. Menigkatkan Omset


- TC GENERATOR

Pastikan menu yang dibuat bisa mendrive konsumen baru atau konsumen lama (TC / Total Check) untuk datang ke outlet atau pememasan delivery atau membeli melalui channel sales manapun yang memang menjadi tujuan kita.


- APC

Perhatikan juga apakah Menu baru ini punya impact ke Average per Check (Nilai belanja) sehingga bisa membantu menaikan omset, jangan malah sebaliknya. Namun hati-hati soal ini, jangan sampai memunculkan persepsi dimana konsumen berpikir "wah tidak value for money ini"


- TREND

Menu baru ini bisa base on nya trend, sehingga memang memanfaatkan moment dan sesuatu yang viral yang bisa mendorong munculnya traffic (TC) ke outlet or channel sales kita.


- COMMUNICATION

Pastikan juga Menu Baru ini di KOMUNIKASIKAN, jangan cuma launching tanpa aktivitas, misalnya kirim ke influencer, undang buzzer, beriklan, buat Release atau hajar dengan promo.


- EVALUASI

Lakukan Pengukuran secara berkala dampak terhadap OMSET setelah menu diluncurukan sehingga kita bisa tau apakah ini efektif atau tidak dalam mendorong terjadi OMSET.


2. Meningkatkan Profit


- COGS (Cost Of Goods Sold)

Pastikan menu yang diluncurkan punya COGS yang bagus atau bahkan lebih baik dibandingkan menu-menu sebelumnya sehingga jika terjadi (boom factor) dan menu ini menjadi CORE (menu yang banyak dibeli konsumen) perusahaan kita akan mendapatkan Profit yang lebih baik tentunya)


- OPEX (Operation Expense)

Pastikan menu baru yang diluncurkan tidak memberikan dampak terhadap peningkatkan BIAYA OPERASIONAL, bahkan malah sebaliknya bisa memberikan impact penurunan BIAYA OPERASIONAL.


- SUPPLY CHAIN

Pastikan menu baru yang diluncurkan sudah dipertimbangkan dengan matang terkait dengan supply chain, misalnya tidak perlu harus STOCK banyak-banyak karena barang tersedia banyak, sehingga tidak membuat CASH FLOW keluar banyak, serta SPACE GUDANG butuh besar, Supplier bisa TOP (Term Of Payment), Single Serving, bahan kering sehingga murah dalam pengiriman, Alternatif Supplier tersedia banyak, dll.


- FINANCIAL REVIEW

Lakukan Review apakah betul dengan munculnya menu baru ini Profit perusahaan naik sehingga bisa diambil langkah selanjutnya terkait dengan menu baru ini.


Nah temen-temen Foodpreneur, inilah kira-kira Guideline penting ketika mau MELUNCURKAN MENU BARU, jadi buka sekedar launching yah, tapi harus diukur mulai dari TARGET OMSET sama IMPACT ke P&L perusahaan.


26 views