Black Friday Clothing Sale Leaderboard.j

8 ALASAN POWERFULL konsumen REPEAT BUYING


Bisnis kuliner itu hanya akan betul-betul jadi bisnis klo konsumen yang pernah datang membeli, DATANG LAGI MEMBELI, DATANG LAGI MEMBELI, DST dan MEREKOMENDASIKAN brand kita ke lingkungan, kenalan dan komunitasnya.


Ga ada gunanya pas opening sampe antrian 5 kilometer, di buzz oleh berbagai KOL / Buzzer, masuk media masa, dibahas di mana-mana kalo pada akhirnya, semua konsumen yang RAMAI dan antiri 5K tadi tidak kembali lagi membeli produk kita, bahkan tidak tertarik merekomendasikan produk kita ke orang lain.


"Bisnis itu dimulai dari konsumen yang mulai membeli kembali.... Foodizz" klo bisnis baru, semua pasti pengen coba-coba apalagi lagi viral, bisa juga karena pengen ajah photo-photo, bisa juga tertarik harga promo yang luar biasa murah tapi diingatkan kembali, "kamu bener-bener punya bisnis jika konsumen kembali dan terus membeli".


Mengapa konsumen melakukan REPEAT BUYING? Nah ini pertanyaan yang menarik tentunya, bisa jadi ini 1 MILLION PRICE QUESTION di dalam bisnis kuliner, karena klo ini terjawab dan bisa kita realisasikan then bisnis kita bisa sustain dalam waktu lama. Yuk coba kita lihat 8 hal yang membuat konsumen REPEAT BUYING.



1. LAYANAN yg MEMUASKAN


Konsumen melakukan REPEAT BUYING karena mereka puas dengan layanan yang mereka dapatkan. Dalam hal ini sangat penting sekali bagi kita untuk memiliki CUSTOMER JOURNEY, sehingga kita bisa mengidentifikasi titik-titik krusial mana yang bersentuhan dengan konsumen secara langsung, mulai dari mereka parkir sampai mereka keluar meninggalkan outlet kita, dan bahkan ketika mereka sudah tidak berada di outlet (follow up database). Setiap senyum adalah penting, setiap sapaan adalah penting, dan setiap waktu ketika konsumen mulai journeynya untuk menikmati produk kita sampai dengan selesai merupakan faktor penentu kepuasan konsumen terhadap brand kita.



2. VALUE for MONEY


Konsumen melakukan REPEAT BUYING karena mereka merasa apa yang mereka dapatkan dengan apa yang mereka bayar sangat VALUE FOR MONEY, semua sesuai harapan dan ekspektasi atau bahkan ada beberapa hal yang melebihi ekspektasi mereka.



3. PRODUCT SEMLIDUT LEZATOS KOTOS KOTOS


Meminjam Istilahnya @Dyodoran, PRODUKNYA SEMLIDUT LEZATOS KOTOS KOTOS , artinya uenakkkk tenan, mau itu tempatnya terpencil, sederhana, layanan biasa ajah (malah kadang-kadang layanan bikin geleng-geleng kepala), harga juga ga murah, antrinya bisa 2 jam tapi yah gimana lagi, kita tetep sering datang karena PRODUKNYA SEMLIDUT, bikin kangen buat balik lagi dan balik lagi, sama seru banget buat diceritakan ke orang-orang.



4. LOYALTY PROGRAM


Buat program REPEAT BUYING ke database konsumen kita, berikan benefit kepada konsumen yang sudah pernah membeli produk kita sebelumnya, misalnya DISCOUNT 25% untuk pembelian ke 2 dan seterusnya, DISCOUNT jika membawa kartu member atau melakukan order ke nomor WA khusus atau menggunakan APPS. Intinya tetap untuk bisa terjadi REPEAT BUYING kita tidak bisa mengandalkan KESADARAN konsumen untuk melakukan REPEAT BUYING, tapi kita juga harus MENTRIGGER kesadaran tersebut sehingga mereka melakukan ACTION.


Loyalty program itu juga kadang ga perlu ribet-ribet, sekedar nelepon atau WA menyapa konsumen loyal kita juga sudah ok loh atau misalnya mengirim kartu ucapan Lebaran atau Natal, tergantung database yg kita miliki sedetail apa.



5. SPECIAL NEEDS


Saya pribadi loyal dengan sebuah tempat buat kerja dan nongkrong, apakah suka dengan produknya? Bisa dibilang biasa ajah, tapi tempatnya memang ENAK BANGET buat kerja dan nongkrong, sehingga akhirnya terus datang dan sering kali juga mengajak banyak orang untuk datang. Suasananya hangat, sejuk, meja dan kursi betul-betul dipikirkan untuk cocok dengan situasi laptopan dan diskusi, musholla tersedia dan besar, sehingga akhirnya REPEAT BUYING bukan soal produk, harga, dll, tapi yah karena TEMPATNYA ENAK, yah tentu bukan berarti hal-hal lain diabaikan yah, cuman yah standar-standar ajah lah sudah cukup.



6. PROMO


Salah satu yang cukup powerfull buat konsumen REPEAT BUYING yah tentu saja banyak PROMO hehe, "wah tapi ga loyal dong mereka?" Lah salah, mereka LOYAL kok, LOYAL dengan PROMO-PROMO yang kita buat hehe. Yah enggak asal strateginya disusun dengan konsep yang tepat dan terarah kemudian dikemas dengan KONTEN yang kuat. Tujuan utamanya khan tetap ajah ujungnya REPEAT BUYING, asal semua sudah dihitung dan akhirnya tetap dapet untung WHY NOT.



7. MURAH


Warteg banyak ga pelanggan yang REPEAT BUYING? Banyak pasti, sama ajalah kayak penjual makanan gerobak di depan sekolah waktu kita SMP atau SMA, yah karena masuk kantor akhirnya rasa jadi nomor 2, yang penting MURAH dulu, apalagi biasanya kadang yang murah-murah MICIN nya sudah banyak, yah kemungkinan GURIH dan ENAK pasti. Strategi murah ini sangat cocok dengan BASIC NEEDS konsumen, MAKAN, KENYANG, MURAH, HATI SENANG, enak relatif lah.



8. COMMUNITY BASE


Ada beberapa coffeeshop di mana regular saya sering datang untuk sekedar ngopi dan ngobrol-ngobrol, alasan datang sederhana ajah karena banyak komunitas pengusaha nongkrong di sana, jadi feel nya dapet ajah buat ngopi di sana dan juga sengaja banget kadang-kadang datang biar ketemu beberapa orang, sehingga akhirnya bisa ngobrol-ngobrol ringan. Ini sama nih dengan temen-temen misalnya BIKE & RUNNING community di Bandung yang sering banget nongkrong di salah satu coffeeshop di Bandung karena memang ownernya ENGAGE sekali dengan komunitas-komunitas tersebut, sehingga ada kesamaan VALUE yang pada akhirnya "nongkrong di tempat si A ajah yuk".


Nah temen-temen, yuk coba kita kaji lagi delapan hal di atas, yang mana nih yang bisa menjadi alasan UTAMA di bisnis kita sehingga konsumen akhirnya REPEAT BUYING, tentu temen-temen tidak mungkin mengeksekusi ke 8 hal tersebut, cukup pilih 1-2 SENJATA UTAMA, dan terapkan maksimal.


Semoga Bermanfaat.


Baca artikel tentang REPEAT BUYING lainnya di sini:

7 Strategi Meningkatkan % REPEAT BUYING


Foodizz

1st F&B EduTech

Belajar Kuliner ... Yah di Foodizz.


Coming Soon, Foodizz Online Class 12

20 LOW BUDGET HIGH IMPACT MARKETING PROGRAM, kelas wajib nih yang sales nya mentok, mau naikin sales tapi budget mentok atau yang salesnya udah ok, tapi bisa cost jadi lebih murah. Yuk segera join kelasnya di link ini. Asiknya lagi bakal ada 4x group mentoring langsung bareng speakernya.


#keepsharing

#keeplearning

#spreadknoweledge

#kulinerindonesia


*Buat temen-temen yang mau copas artikel silahkan ajah ga perlu minta izin asal mencantumkan sumber artikelnya, yaitu www.foodizz.id/blog. Yuk hargai karya dan usaha orang lain dalam membuat konten.


Sumber Gambar: Unsplash.com


796 views0 comments

Previous Post

Baca berdasarkan Topik