Black Friday Clothing Sale Leaderboard.j

8 Alasan Mengapa Konsumen Membeli Pertama Kali


"Eh nanya dong, lo khan sering banget membeli entah itu dessert, snack, makanan or minuman yang baru-baru buat lo coba, nah gua mau nanya apa yang mendorong lo untuk memutuskan membeli?"


Ini percakapan semalam ketika sedang berbuka puasa bersama keluarga karena jujur Foodizz penasaran kenapa seseorang begitu IMPULSE (terdorong) untuk membeli sesuatu yang baru yang sebelumnya produk ini tidak pernah dia cicipi.


Di moment seperti sekarang, di mana kompetisi sangat ketat di dalam bisnis kuliner karena hampir setiap minggu jika tidak berlebihan ada ajah produk baru yang muncul, permasalahannya sekarang semua juga udah mulai jago-jago dan mengerti bagaimana cara MELAUNCHING PRODUK sehingga bisa mendapatkan AWARENESS yang bagus dan luas, misalnya melalui KOLABORASI (Key Opinion Leader, dll), IKLAN BERBAYAR (Buzzer, IG ads, Tiktok Ads, dll) ataupun berbagai cara lain yang keren lah intinya.


Nah tentu kemudian yang menjadi tantangannya adalah setelah target market TAHU, mereka AWARE ada produk brand baru yang muncul, bagaimana MENDORONG mereka untuk MEMBELI, yes MEMBELI, karena inilah KUNCI PENTING, jalan pembuka untuk bisnis bisa jalan, klo ga ada yang beli yah artinya NO SALES, yah artinya NO BUSINESS jadi sangat-sangat PENTING untuk kita memastikan ketika LAUNCHING ada yang membeli.


Nah kembali pertanyaan Foodizz diatas, yah tentu ini hanya insight dari 1 orang yah, tidak mewakili apakah jawaban ini betul-betul valid atau tidak, namun setidaknya bisa menjadi lesson learned buat kita, ketika kita meluncurkan bisnis baru ataupun menu baru, APA YANG MENDORONG TARGET MARKET UNTUK MEMBELI PRODUK KITA? Yuk coba kita lihat, 8 poin yang menjadi jawaban dari adik Foodizz di atas. BTW bahasan ini hanya di fokuskan untuk media Instagram yah, bukan media lainnya.



1. FOTO YANG KEREN


Imagenya di foto secara profesional, artistik, dan keren merupakan hal yang sangat penting yang menjadi pertimbangan ketika akan membeli sesuatu yang baru. Foto ini harus terlihat "MENDORONG" banget buat di coba, buat kita "NGILER", dan membuat kita untuk terus mencari tau tentang produk tersebut di Instagram. Jadi buat temen-temen kuliner sangat penting sekali untuk kita serius mempersiapkan FOTO produk kita, jika perlu bayar profesional untuk bisa mendapatkan FOTO yang maksimal dan keren. Ingat tulisan Foodizz sebelumnya? FOTO itu CINTA PADA PANDANGAN PERTAMA.



2. VIDEO


Nah sama seperti hal nya foto, VIDEO yang kita tampilkan pastikan punya efek PENDORONG yang sangat kuat, membuat kita berimajinasi, dan akhirnya mendorong kita untuk membeli produk tersebut. Again, jika temen-temen tidak bisa melakukannya sendiri, coba lah untuk mem bayar TEAM atau AGENCY untuk melakukannya.



3. DESKRIPSI PRODUK


"Chesee Cake ini dibuat dari 7 jenis keju dengan pemanis alami madu, dibuat dengan temperatur kecil sehingga untuk bisa menghasilkan CHESEE CAKE ini membutuhkan proses sampai 8 jam. Ini bukan hanya CHESEE CAKE, tapi ini MAHAKARYA yang kami buat dengan SEPENUH HATI" ..... contoh ajah di mana penting sekali DESKRIPSI (CAPTION) ketika menggunakan instagram agar target market bisa "MEMBAYANGKAN / BERIMAJINASI" produk apa sih ini sebetulnya dan kenapa gua harus beli.



4. TAG PICTURE


Ini salah satu pertimbangan juga untuk melengkapi informasi ketika akan membeli produk yang baru muncul di pasar di mana dia akan melakukan check TAG PICTURE di instagram (lagi-lagi visual, image / video) untuk melihat apakah sudah banyak yang membeli produk ini atau sudah banyak influencer / target market yang sudah membeli dan melakukan liputan.



5. HARGA


Yah faktor ini jelas penting lah, tergantung target marketnya tentunya, murah dan mahal relatif di poin ini, namun buat dia penting sekali untuk mengetahui berapa harga jual produk ini, yang juga akan mempercepat keputusan untuk membeli jika ada informasi soal harga. Tapi ketika Foodizz tanya lebih lanjut, "apakah harga menjadi pertimbangan utama?" ternyata jawabannya tidak juga sih, asal memang harganya "WAJAR", contoh dessert yang pernah dibeli harga 1 pack nya 75 ribu, mahal or murah? Yah kembali lagi, klo kita memang target marketnya, yah biasa ajah, tapi juga bukan yah bisa mahal banget, relatif lah, kembali siapa target marketnya.



6. SUGGESTED ACCOUNT


Nah ini juga penting ternyata menurut dia, ketika ingin membeli dia akan mengecek terlebih dahulu Suggested Account di instagram apakah suggested accountnya punya relevansi dengan kategori bisnis sejenis dan juga brand-brand yang sudah terkenal sebelumnya.



7. REKOMENDASI / REVIEW


Tentu ini juga menjadi faktor penting di mana jika kita direkomendasikan dan di review banyak akun kuliner (baik berbayar, berkolaborasi atau memang diliput secara free) akan lebih lagi memberi dorongan untuk mencoba produk tersebut. Di kolom komen juga biasanya akan dibaca-baca untuk melihat review-review yang dilontarkan oleh follower terhadap produk tersebut sehingga kembali lagi, penting sekali untuk kita mengelola akun instagram dengan sangat baik, termasuk misalnya jika ada komplain ternyata di Kolom KOMEN, karena hal ini bisa membuat target market membatalkan niatnya untuk membeli.



8. TERSEDIA DI MULTI SALES CHANNEL


Nah terkahir ini penting banget nih, "gua bakal beli klo misalnya pas check bio link tersedia di tokopedia atau bisa di WA dan bales dengan cepet" kurang lebih ini jawabannya, menarik yah karena tidak ada kata-kata "Platform Delivery Online" tapi yang muncul Tokopedia dan WA Business. Apa artinya? Yah seperti yang sering banget Foodizz bahas dan tulis, selalu miliki MULTI SALES CHANNEL karena HABIT konsumen itu berbeda-beda, jangan sampe kita kehilangan kesempatan untuk mendapatkan SALES hanya misalnya gara-gara ga bisa di order via WA.


Coba baca lagi artikel tentang MULTI SALES CHANNEL di sini biar lebih lengkap: 8 Alternatif Channel Jualan Dalam Bisnis Kuliner


Nah temen-temen, semoga bermanfaat tulisan ini, mana tau bisa temen-temen terapkan di dalam bisnisnya.


Foodizz

1st F&B EduTech

Belajar Bisnis Kuliner ..... Yah di Foodizz.


www.foodizz.id

www.sekolahkuliner.com

Join Telegram Group di t.me/foodizzid


GOOD NEWS

Temen-temen kuliner di Bulan Mei 2021, Foodizz akan mengadakan untuk pertama kalinya BOOTCAMP BISNIS KULINER dengan topik VALUASI BISNIS, INVESTOR & MENDAPATKAN PENDANAAN yang akan diadakan selama 4 hari, dari pagi - malam. Temen-temen akan langsung dimentoring oleh Pa Budi Isman, Gito Wahyudi, Yuszhak M. Yahya, Danis Puntoadi, Akhmad Saeful, dan beberapa Venture Captital invitation untuk bisa menyusun langsung VALUASI BISNIS milik temen-temen, serta berkesempatan langsung di pertemukan dengan INVESTOR yang siap melakukan investasi di bisnis kuliner jika mereka tertarik dengan bisnis temen-temen kuliner.


Silahkan yang tertarik untuk mendaftar di sini


Peserta hanya dibatasi sebanyak 26 peserta dan akan dipilih peserta yang memang siap untuk melakukan valuasi dan di investasi.


*Buat temen-temen yang mau copas artikel silahkan ajah ga perlu minta izin asal mencantumkan sumber artikelnya, yaitu www.foodizz.id/blog. Yuk hargai karya dan usaha orang lain dalam membuat konten.


Sumber Gambar: Unsplash.com


195 views0 comments

Previous Post

Baca berdasarkan Topik