Search
  • FOODIZZ.id

8+2 Cara Riset Kompetitor Bisnis Kuliner

Tujuan melakukan riset kompetitor yaitu untuk mengetahui data, fakta dan informasi yang kita bisa kelola untuk jadi insight untuk menentukan langkah-langkah strategi berupa program- program dimana kita bisa mengambil pasar konsumen kompetitor atau mem-proteksi pasar konsumen kita agar tidak diambil oleh kompetitor.





Dari riset competitor ini juga kita bisa mengantisipasi kompetisi yang ada dalam bisnis kuliner.. Berikut strateginya :

1. Kepo in sosmed nya kompetitor (sosmed brand nya & sosmed owner nya)

Catat semua hal data dan informasi untuk dianalisa setiap hari nya untuk mengetahui langkah selanjutnya dari kompetitor kita. Kita bisa merespon/menjalankan sesuatu terhadap apa yang akan kompetitor kita lakukan kedepannya, baik itu berbentu program yang akan menyaingi program kompetitor agar exposure nya terpecah dan tidak terpusat pada program kompetitor kita.

2. Kirim Ghost Shopper (Kirim orang untuk melakukan observasi ke outlet kompetitor kita)

Menyiapkan tim observasi dan brief orang tersebut untuk menganalisis kompetitor dengan menjadi konsumen kompetitor kita dan menciptakan berbagai kondisi untuk mengetahui kapasitas kompetitor kita seperti, seberapa cepat pelayanan nya, bagaimana service nya, bagaimana jika menghandle komplain, dan data lainnya. Ekstream nya, bagaimana kita meminta ghost shopper untuk menghitung jumlah perputaran konsumen, melihat eksperience flow nya konsumen seperti apa dari parkiran hingga konsumennya pulang, bagaimana pelayanan dan kepuasan pelanggannya.

Data ini dapat menjadi insight kita untuk meng-upgrade pelayanan outlet kita.

3. Pelajari media eksposure kompetitor kita (media apa saja yang pernah meliput bisnis kompetitor kita)

Biasanya dalam berita tersebut selalu terselip informasi penting dari kompetitor kita, karena media biasanya suka memancing pertanyaan strategic kedepannya yang bisa menjadi insight analisa kita terhadap kompetitor kita 4. Riset berbayar (kualitatif & kuantitatif)

Bisa menggunakan agency riset dan menggunakan data sekunder ataupun premier untuk mencari data kompetitor kita.

5. Melakukan “bisnis intelligent” terhadap kompetitor kita

Memata-matai kompetitor kita tapi masih dalam koridor yang benar tidak menyalahi hukum dan aturan yang ada. Walaupun sangat riskan dan sudah “menyerempet” ke hal yang private, namun ada informasi/data yang dapat diketahui dari memata-matai kompetitor kita yang dapat menjadi pola kita untuk membaca strategi kedepannya dari kompetitor kita.

Tim yang kita utus untuk menjadi “mata-mata” juga harus dibekali ilmu agar mencari informasi secukupnya yang ada tanpa mengganggu/merusak brand kompetitor kita sendiri.

6. Riset dengan ngobrol dengan konsumennya kompetitor

Hal ini dilakukan bisa dengan membagikan voucher atau melakukan interview kepada konsumen kita yang pernah menjadi konsumen kompetitor kita juga. Ini bisa dikemas menggunakan riset ala mahasiswa (pihak yang netral) dimana konsumen tersebut akan lebih terbuka untuk menjelaskan dan menjawab semua pertanyaannya.

Bisa mengetahui data berapa spending sekali nongkrong, kenapa pergi ke kompetitor, apakah mereka mau mereekomendasikan kompetitor kita, apa kekurangan dan kelebihan kompetitor kita, dan data lainnya.

7. Kamu datang sendiri!

Walaupun kita sebagai owner sudah mengirim tim riset mahasiswa, ghost shoper atau riset lainnya, pada akhirnya kita sebagai owner harus datang sendiri melihat situasi nya. Karena akan ada observasi yang berbeda dan khas dimata kita sebagai owner sehingga mendapatkan “feeling” yang pas dan menjadi insight baruuu untuk strategi bisnis kita 8. Khusus yang memiliki budget tidak terbatas, kita bisa membeli franchise kompetitor maenjadi salah satu riset kompetitor :) Yakin gakan salah deh!


9. Bisa me-riset melalui vendor kompetitor kita. Kita bisa dapet data pesanan perbulan kompetitor kita ke vendor tersebut, ini bisa menjadi gambaran berapa banyak pesanan kompetitor kita selama periode tertentu.

10. Sering-sering membuka lowongan kerja, karena ada aja karyawan dari kompetitor yang melamar. Kita bisa gali informasi dan strategi nya nih!


Selamat mencoba!



118 views