Search
  • FOODIZZ.ID

7 Tips Menghindari Persaingan Harga Extreme di GoFood atau GrabFood

Saat ini, jenis bisnis kuliner menjadi bisnis yang sangat kompetitif. Kita bisa melihat sudah banyak sekali produk makanan yang terdaftar di aplikasi online delivery seperti GoFood dan GrabFood.

Jika Anda tidak dapat menarik perhatian pelanggan, kemungkinan usaha Anda akan tutup. Banyak sekali cara yang dilakukan untuk memenangkan persaingan pasar bisnis kuliner, salah satunya adalah persaingan harga. Jika Anda masih sayang dengan bisnis Anda dan ingin bisnis berkembang, persaingan harga sebisa mungkin harus dihindari.


"Tapi jika saya menghindari persaingan harga? Produk yang saya jual bakal sepi pengunjung dong?"


Tenang karena Foodizz akan membagikan tips untuk menghindari persaingan harga, terutama di aplikasi online delivery.


1. Strategi Awal


Persiapkan COGS/HPP produk sejak awal yang memang di setting untuk model bisnis delivery online di mana biaya Aplikasi 15-25% sudah termasuk ke dalam faktor COGS/HPP serta biaya promo diskon juga sudah disiapkan untuk program-program yang dibuat oleh GoFood dan GrabFood agar tidak boncos, kesannya laku banget cuma boncos di sisi Anda, konsumen happy, GrabFood dan GoFood happy, Andanya yang akan menderita.


2. Rombak HPP


Jika produk yang ada sekarang secara COGS kurang mendukung terhadap harga jual maka rombak kembali proses dan SKU (bahan yang digunakan) untuk produknya, cari cara agar bisa diturunkan jika memang harga sudah mentok karena pesaing juga jual rata-rata segitu, bisa dengan mengganti proses, menurunkan OPEX sehingga profit tetap bisa besar, mengganti bahan baku dan melakukan negosiasi dengan vendor untuk mendapatkan harga terbaik.


3. Produk Khusus/Unggulan


Ciptakan fighting product yang memang di desain khusus untuk bertarung di dunia aplikasi online, artinya secara COGS/HPP, Gross margin, OPEX dan Profitnya memang dibuat secara khusus.


Contohnya produk diposisikan memang produk premium atau kebalikannya, produk memang dibuat murah namun sebetulnya karena ada proses atau spek yang berbeda dengan pesaing, misal: biasa pesaing membagi ayam menjadi 9-10 bagian nah sekarang Anda desain produk dengan menggunakan ayam 12 bagian, proses tepung hanya 1X, packing MOQ besar sehingga murah dll.


4. Kolaborasi


Lakukan kolaborasi dengan pemain bisnis kuliner lain untuk mendapatkan Minimum Order Quantity sehingga harga bahan baku bisa ditekan, di poin ini Anda mencoba untuk menekan cost dari sisi vendor baik itu bahan baku atau bahan pendukung seperti packing sehingga masih ada margin yang oke walaupun harga juga tidak berbeda jauh dengan kompetitor.


5. Bangun Brand


Anda bisa membangun brand di media yang tepat dan sesuai dengan target market Anda, misal Instagram dan Tiktok, "cegat" konsumen di media tersebut untuk membuat mereka akhirnya ingin membeli produk Anda, jadi ketika membuka aplikasi GrabFood/GoFood mereka sudah "memutuskan" untuk membeli produk Anda bukan yang lain. Artinya sosial media harus dijadikan fungsi strategis yang dapat mendorong konsumen untuk membeli produk Anda.


6. Membangun Database


Berkolaborasi membangun sistem database dan tim delivery dengan brand-brand yang ada di dalam satu area sehingga mendapatkan biaya yang efisien, tentu saja membuat brand dan produk Anda menjadi prioritas untuk bisa dibeli oleh konsumen karena sistem dan armada punya Anda sendiri dan beberapa brand yang berkolaborasi.


7. Iklan di Sosial Media


Pada prinsipnya sama dengan menjalankan aktivitas di sosial media sendiri seperti Instagram, namun dengan menganggarkan budget tertentu. Perhatikan cara beriklan, pertama gambar harus nendang, caption harus powerful, penawaran harus bikin greget dan push to sell pastikan cara order harus jelas, misalnya diarahkan ke WA Business, atau link order aplikasi online harus langsung ke brand Anda.


Artikel bermanfaat lainnya: 8 Tips Membuat Konsumen Datang Kembali ke Outlet Anda ketika Re-Opening Outlet


Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa bersaing di pasaran. Jangan sampai Anda mengorbankan segalanya hanya untuk bisa menang. Semoga bermanfaat.

Akses berbagai program lengkap Foodizz: Online Class, E-Course, Buku, E-Book, dll untuk mendukung penambahan ilmu Bisnis Kuliner mu!


34 views