Search
  • FOODIZZ.ID

7 Strategi Menu untuk Menaikan Profit Cafe di New Normal

Menghadapi new normal seperti sekarang segala strategi harus dilakukan untuk menaikan profit sehingga bisnis kuliner bisa bertahan.

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan beberapa perubahan pada menu makanan yang Anda sajikan. Penasaran apa saja? Yuk langsung disimak!


1. 20/80 Menu Pareto


Karena kapasitas tempat duduk berkurang cukup signifikan karena social distancing, strategi fokus pada CORE MENU akan menjadi sangat vital. Dengan berfokus pada pareto 80/20 Anda bisa fokus untuk mendeliver makanan dan minuman keluar dengan cepat serta dari sisi sales juga akan fokus pada PROFIT yang paling oke untuk perusahaan Anda.


Oleh karenanya kurangi menu, fokus pada 20/80, yaitu hanya jualan 20% menu yang punya kontribusi terhadap profit 80%.


2. Jual Menu yang Cepat Habis


Sebaiknya cafe/resto menyediakan menu-menu yang cepat habis di konsumsi oleh individu sehingga membuat konsumen lebih cepat untuk menyelesaikan makanannya atau jika konsep cafe/resto Anda dibuat untuk nongkrong setidaknya menu yang cepat selesai di konsumsi membuat konsumen berpikir untuk melakukan pembelian kedua.


3. Menu Baru


Ciptakan menu-menu yang sesuai dengan New Behaviour dan kebutuhan dari konsumen seperti healty menu, sebagai tambahan menu khususnyadi cafe/resto yang memang belum ada menu tipe ini. Promosikan menu tersebut sehingga konsumen tau dan punya alasan untuk datang ke tempat Anda.


Selain itu Anda juga bisa mengeluarkan menu-menu yang bisa dimasak di rumah dan jadikan display pada buku menu dan media lainnya.


New normal ini menurut banyak pendapat pakar bisnis tidak akan sama dengan kondisi normal secara behaviour konsumen, tetapi akan cukup banyak yang lebih memilih WFH atau ke office jika ada perlu saja karena market ini sangat concern dengan kesehatan, jadi nongkrong menjadi pilihan setidaknya hingga vaksin ditemukan.


4. Fast Serving


Penting sekali Anda menjual menu yang bisa di deliver dengan cepat baik dine in maupun delivery, khususnya dine in karena di new normak ada aturan untuk social distancing membuat traffic berkurang setidaknya 30-50% dari kondisi normal sehingga tentu membuat perputaran konsumen sangat penting dan revenue per table akan lebih tinggi dari biasanya.


5. Menu Display


Tampilkan gambar yang menarik khususnya menu pareto 20/80 sehingga konsumen didorong untuk melakukan keputusan memilih menu dengan cepat dan sesuai harapan Anda tentunya. Untuk menu lain yang tidak termasuk dalam pareto cukup tampilkan tulisan saja.


6. Menu Trending


Ciptakan beberapa menu trending untuk mendorong traffic dine in, tentu traffic online delivery juga. Menu trending ini berguna untuk boosting awareness khususnya di awal cafe/resto buka, sehingga bisa dengan cepat meningkatkan engagement dengan konsumen yang sudah lama tidak datang ke outlet Anda.


Menu trending ini juga bisa mendorong efek visual sehingga brand mendapatkan awareness secara murah bahkan gratis. Contohnya launcing menu Dalgona, menu oreo supreme, dll.


7. Menu Promo


Menu promo juga bisa dijadikan alat untuk meningkatkan profit outlet dengan syarat dan perhitungan volume/quantity yang tepat. Tidak masalah konsumen datang karena ada menu promo, namun Anda sudah melakukan kalkulasi detail dari sisi harga jual. COGS, Gross Profit hingga Net Profit dari kontribusi menu tersebut baik yang secara langsung terkait dengan sales menu tersebut atau karena terjadinya Up Selling dan Cross Selling dari menu tersebut.


Artikel bermanfaat lainnya: 4 Tips Memulai Bisnis Frozen Food Rumahan


Semoga bermanfaat.

Akses berbagai program lengkap Foodizz: Online Class, E-Course, Buku, E-Book, dll untuk mendukung penambahan ilmu Bisnis Kuliner mu!


17 views