Black Friday Clothing Sale Leaderboard.j

7 Faktor Penting Apakah Investor Tertarik Untuk Funding


"Gimana yah biar investor tertarik dengan bisnis kita dan kemudian mau memberikan FUNDING sehingga bisnis kita bisa scale up dengan cepet, saya liat beberapa brand seperti minuman dapet sampai 30M, kok bisa yah".


"Klo misalnya kita punya konsep bisnis dan resep yang kuat nih, bisa ga sih dapet FUNDING untuk bisa membukan bisnis yang kita konsepin ini? Biarpun baru sebatas konsep dan itungan, blom ada real bisnisnya karena memang terkendala biaya"


Beberapa pertanyaan yang sering banget Foodizz dapet nih di berbagai kesempatan diskusi, sharing, dan workshop, ternyata banyak sekali temen-temen kuliner yang juga ingin dan ada rencana untuk bisa dapet FUNDING baik itu dari Close Cirle, Angel Investor, Venture Capital, atau bahkan Private Company.


Sebetulnya berdasarkan pengalaman sendiri dan sharing temen-temen kuliner yang sudah mendapatkan FUNDING, ada cukup banyak aspek yang membuat apakah investor tertarik untuk berinvestasi di bisnis kuliner kita. Nah dikesempatan kali ini coba kita lihat 7 faktor pentingnya, are you ready? Yuk, Let's go!



1. BRAND EQUITY


Seberapa kuat brand awarenessnya, bagaimana dengan perceived quality brandnya, bagaimana image brandnya di target market, semua ini akan menjadi nilai penting dalam keputusan melakukan investasi, khususnya FUNDING awal yang memang budgetnya mungkin tidak terlalu besar untuk bisa dihabiskan untuk membangun brand. Itulah mengapa investasi di BRAND itu harus dimulai sejak business plan awal ketika bisnis didirikan, karena nilai BRAND itu bisa sangat tinggi dan membuat kita punya VALUASI yang bagus.



2. FINANCIAL PROVEN


Lazimnya untuk bisnis kuliner, investor akan melihat terlebih dahulu performance financial seperti Omset, Cogs, Opex, Ebitda, Net Profit (corporate investor khususnya), tapi hal ini bisa juga tidak diperlukan jika investor nya kenalan atau orang deket yang biasanya suka dengan prinsip "percaya ajah".


Gimana sebaiknya? Tentu yang terbaik sudah ada financial proven, karena banyak indikator bisa dilihat dari sini terutama tentu komitmen FOUNDER terhadap bisnisnya, investor tentu lebih yakin jika bisnisnya sudah berjalan 1-2 tahun misalnya. Jika blom ada financial proven, setidaknya sebagai FOUNDER temen-temen harus memiliki business plan yang kuat, serta memiliki TEAM yang memang siap mengeksekusi bisnis yang direncakan dengan baik.


Financial proven juga terkait dengan bagaimana kita mengelola keuangan di dalam perusahaan, apakah semua rapih, jelas, dan transparan, atau misalnya semua acak-acakan dan tercampur sana sini, transaksi tidak jelas, tidak ada cash flow planning yang jelas, dll, ini bisa menjadi faktor penting yang membuat investor menjadi tidak tertarik.



3. THE FOUNDER / CEO


Aspek yang juga sangat penting, yah tentu temen-temen sendiri, yes YOU ARE. Baik dari sisi purpose, mindset, dedikasi, dan juga tentu dari sisi competency seperti pemahaman yang baik mengenai market, kemampuan untuk mengelola keuangan dengan bai,k serta dapat menjadi pemimpin yang memang bisa membawa perusahaan menjadi lebih besar, lebih cepat, serta punya performace yang baik. Nah dalam hal ini, penting sekali buat temen-temen membangun PORTFOLIO dan PERSONAL BRAND yang baik dan kuat, sekaligus terus memperkuat kemempuan dari sisi teknis terkait beberapa hal seperti marketing dan finance.



4. POTENTIAL GROWTH


Nah ini sangat penting nih temen-temen, sejak awal memilih CATEGORY yang memang punya potensi untuk terus bisa berkembang, atau jikapun potensinya sudah agak slow tapi potensi untuk kita bisa mengambil KUE / MARKET SHARE nya masih sangat besar. Gimana cara memilihnya? Yah harus lihat data, cari data terkait dengan CATEGORY yang kita ingin masukin atau sedang kita jalankan, baik itu data sekunder yang gratis maupun data yang harus dibeli untuk bisa diperlihatkan ke investor jika category yang temen-temen ingin atau jalankan masih sangat potensial.



5. COMPLIANCE TO LAW & REGULATION


Ini juga perupakan faktor yang sangat penting apakah investor jadi atau tidak berinvestasi di dalam bisnis kita. Coba cek apakah HKI brand kita sudah di daftarkan dengan KELAS yang tepat misalnya? Apakah perjanjian pemegang saham (misalnya jika kita ber 3 atau ber 5) semua sudah jelas dan tidak akan menjadi masalah ke depannya yang punya impact ke investor. Contoh lain apakah selama ini perusahaan kita taat dengan aturan pemerintah (jika sudah berjalan) misalnya mengikuti aturan-aturan terkait perusahaan seperti UMK, Tax, dll. Nah temen-temen, hal ini sebaiknya sudah berjalan dengan baik sejak awal, agar investor lebih mudah tertarik dengan bisnis yang kita jalankan.



6. BENCHMARKING


Apakah ada contoh perusahaan yang sudah SCALE atau sudah di FUNDING yang se category atau punya bisnis model yang sama dengan bisnis kita? Jika ya, tentu ini merupakan indikasi positif, apalagi misalnya perusahaan yang menjadi BENCHMARKING tersebut berkembang dengan baik dan sustain di market. Nah buat temen-temen yang baru akan mulai, ini bisa dijadikan semacam guideline, di mana pilihlah bisnis model di mana ada becnhmarking sehingga kita akan lebih mudah untuk menyakinkan investor jika bisnis kita punya potensi untuk bisa berkembang.



7. TEAM & ORGANIZATION


Sekuat dan sekompeten apa tim yang kita miliki juga merupakan faktor penting dalam keputusan investor untuk melakukan FUNDING. Strategi yang hebat dan eksekusi yang kuat hanya akan terjadi jika kita didukung oleh TIM yang kuat tentunya, "wah kalo sendirian gimana nih Foodizz?" yah tentu ini hanya salah satu faktor pertimbangan PLUS, jika pun sendiri setidaknya kita sudah punya gambaran seperti apa TIM yang akan kita bentuk atau bahkan dari awal kita sudah mencoba untuk melakukan approach terlebih dahulu beberapa individu yang menjadi calon tim kita jika memang investasi masuk ke dalam perusahaan kita.


Nah temen-temen semoga ke 7 poin di atas bisa menjadi lesson learned jika kita memang punya rencana untuk bisnis kita di FUNDING. Semoga bermanfaat.


Foodizz

1st F&B EduTech

Belajar Bisnis Kuliner ..... Yah di Foodizz.


www.foodizz.id

www.sekolahkuliner.com

Join Telegram Group di t.me/foodizzid


Baca juga artikel mengenai investor lainnya: Market Leader, Investor & Valuasi Bisnis Kuliner

Mau Dapet Pendanaan Oleh Investor? Perhatikan 10 Hal Penting dalam Pitch Deck Bisnis Kuliner


GOOD NEWS

Temen-temen kuliner di Bulan Mei 2021, Foodizz akan mengadakan untuk pertama kalinya BOOTCAMP BISNIS KULINER dengan topik VALUASI BISNIS, INVESTOR & MENDAPATKAN PENDANAAN yang akan diadakan selama 4 hari, dari pagi - malam. Temen-temen akan langsung dimentoring oleh Pa Budi Isman, Gito Wahyudi, Yuszhak M. Yahya, Danis Puntoadi, Rex Marindo, Akhmad Saeful, dan beberapa Venture Captital invitation untuk bisa menyusun langsung VALUASI BISNIS milik temen-temen, serta berkesempatan langsung di pertemukan dengan INVESTOR yang siap melakukan investasi di bisnis kuliner jika mereka tertarik dengan bisnis temen-temen kuliner.


Silahkan yang tertarik untuk waiting list di nomor WA ini atau hubungi Whatsapp CS Foodizz: 081312147974


Peserta hanya dibatasi sebanyak 26 peserta dan akan dipilih peserta yang memang siap untuk melakukan valuasi dan di investasi.


#keepsharing

#keeplearning

#spreadknoweledge

#kulinerindonesia


*Buat temen-temen yang mau copas artikel silahkan ajah ga perlu minta izin asal mencantumkan sumber artikelnya, yaitu www.foodizz.id/blog. Yuk hargai karya dan usaha orang lain dalam membuat konten.


Sumber Gambar: Unsplash.com


188 views0 comments

Previous Post

Baca berdasarkan Topik