Search
  • FOODIZZ.ID

6 Manfaat Digital Marketing untuk Pengembangan Bisnis Anda

Di tahun 2020, penggunaan digital marketing semakin memiliki banyak manfaat terutama ketika COVID-19 mulai masuk ke Indonesia. Agar bisa melakukan kegiatan pemasaran, paling ampuh ya dengan menggunakan sosial media dan platform lainnya untuk menjual produk yang Anda sediakan.

Bukan tidak mungkin digital marketing menjadi andalan bagi para pelaku bisnis baik perusahaan maupun UKM dalam mengembangkan usahanya dengan kondisi seperti saat ini. Ada banyak keuntungan digital marketing bagi bisnis UKM hingga tingkat perusahaan tidak sedikit yang menggeser periklanan konvensional mereka ke digital marketing ini.


Berikut Foodizz berikan untuk Anda 6 manfaat digital marketing yang bisa membantu bisnis yang sedang Anda kelola:


1. Kemudahan untuk Menemukan Konsumen


Melalui digital marketing, bisnis yang Anda tawarkan dengan mudah menjangkau konsumen yang tengah mencari produk sesuai. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk meningkatkan konversi penjualan produk atau memberikan pelayanan kepada publik.


Dengan menggunakan digital marketing juga Anda dapat melayani semua pelanggan tanpa harus bertatap muka secara langsung sehingga jauh lebih efisien. Apalagi dengan konsisi seperti saat ini tentu akan membuang waktu lebih banyak lagi.


2. Jangkauan Luas Secara Online


Internet sekarang sedang menjadi andalan bagi para konsumen untuk menemukan produk yang mereka cari. Dengan banyaknya pengguna internet tentu memberi kesempatan bagi para pelaku bisnis untuk memperkenalkan produk kepada publik. Internet memungkinkan bisnis Anda dapat terhubung dengan konsumen secara cepat dan luas.


Ketika konsumen mengenal produk yang Anda jual, besar kemungkinan mereka akan membeli produk tersebut.


3. Meningkatkan Profit


Salah satu faktor berkembang pesatnya bisnis digital saat ini adalah fitur transaksi berbasis online. Karena kemudahannya mampu meyakinkan dan menarik perhatikan banyak konsumen terhadap produk tertentu. Bahkan ketika bisnis yang Anda jalankan masih dalam tahap perkembangan, sangat memungkinkan digital marketing membuat produk Anda banyak dicari dan dibeli oleh konsumen. Dengan begitu, tentu saja akan membuat bisnis Anda mendapatkan lebih banyak profit jika dibandingkan dengan pemasaran secara online.


4. Posisi Strategis dalam Persaingan Bisnis


Baik perusahaan besar atau pelaku bisnis UKM memiliki kesempatan yang sama dalam ranah digital marketing. Banyak sekali sekarang platform yang menawarkan jasa periklanan sama-sama memberikan layanan terbaik mereka untuk siapapun. Dengan begitu bisnis Anda akan mendapatkan posisi yang setara dengan perusahaan yang sudah besar sekali pun.


5. Terlihat Lebih Profesional


Bisnis yang tidak terlihat di portal internet tentu akan dicap sebagai bisnis yang tertinggal. Tidak hanya menyulitkan untuk produk Anda menjangkau konsumen, melainkan bisnis seolah-olah tidak memiliki kredibilitas yang cukup baik di mata konsumen maupun pelanggan. Maka digital marketing sangat penting untuk menjadikan bisnis yang dimiliki terlihat lebih profesional.


6. Evaluasi Bisnis Menjadi Lebih Mudah


Internet merupakan akses terbuka dimana bisnis Anda dapat terhubung oleh berbagai portal secara online. Ketika sebuah bisnis ditampilkan bersamaan dengan bisnis lainnya, tentu saja Anda bisa melihat kekuatan dan kelemahan pada bisnis yang dijalani. Dengan begitu Anda bisa melihat kekuatan dan kelemahan dimana menjadi bahan untuk evaluasi ke depannya.


Artikel bermanfaat lainnya: 5 Tips Memilih Lokasi Bisnis Kuliner yang Tepat


Itu dia manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan digital marketing sebagai proses pemasaran. Yuk untuk Anda yang belum memanfaatkan digital marketing sekarang sudah saatnya Anda untuk go online. Semoga bermanfaat.

Akses berbagai program lengkap Foodizz: Online Class, E-Course, Buku, E-Book, dll untuk mendukung penambahan ilmu Bisnis Kuliner mu!


19 views