Search
  • FOODIZZ.ID

5 Tips Memilih Lokasi Bisnis Kuliner yang Tepat

Lokasi yang tepat untuk bisnis kuliner menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan usaha tersebut. Oleh karena itu dalam memilih lokasi bisnis kuliner, Anda tidak boleh sembarangan.

Tak semua tempat bisa dijadikan lokasi yang tepat untuk membuka usaha kuliner. Contohnya seperti memilih lokasi untuk restoran, kafe, hingga toko kue.


Hal ini dikarenakan lokasi yang kurang strategis bisa membuat masyarakat tak sadar akan keberadaan tempat bisnis kuliner tersebut. Salah satu hal buruk yang bisa terjadi adalah bisnis menjadi sepi pengunjung karena tempatnya sulit untuk ditemukan.


Lalu apa saja yang harus diperhatikan saat memilih lokasi untuk bisnis kuliner? Berikut Foodizz berikan tips untuk memilih lokasi bisnis kuliner yang tepat.


1. Lokasi Bisnis yang Sesuai dengan Target Pasar


Membangun bisnis kuliner Anda harus mempertimbangkan siapa saja target pasarnya.


Misalnya ketika Anda membuka restoran mewah yang harga makanannya cukup tinggi, maka lebih baik pilih lokasi yang berdekatan dengan tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh orang-orang dari kalangan menengah keatas.


Begitu juga sebaliknya, jika Foodpreneur berbisnis kuliner skala kecil yang harganya bisa dijangkau oleh berbagai kalangan. Maka bisa dipastikan untuk memilih lokasi yang berdekatan dengan universitas, pemukiman, atau area yang dekat dengan kos-kosan.


2. Lokasi Bisnis Kuliner yang Mudah Dijangkau


Kenapa harus memilih lokasi yang mudah dijangkau? Hal ini karena lokasi tersebut memudahkan orang-orang untuk tahu bisnis kuliner Anda. Jika lokasi bisnis kuliner Anda ada di dalam mall, pastikan lokasinya berada di tempat yang mudah terlihat dan dijangkau oleh para pengunjung.


Namun perhatikan juga biaya lokasinya, karena tempat yang strategis biasnaya memiliki harga sewa yang cukup tinggi.


3. Lokasi dengan Lahan Parkir yang Luas


Tidak sedikit orang mau untuk menghadapi hal-hal yang merepotkan, termasuk soal mencari tempat untuk parkir kendaraannya. Tak menutup kemungkinan juga konsumen membatalkan niatnya untuk pergi ke tempat lain karena parkiran yang menyulitkan, ribet, atau bahkan seringkali penuh.


Jadi usahakan Foodpreneur yang berniat untuk membuka bisnis kuliner pilihlah lokasi yang cukup mudah untuk para konsumen parkir.


4. Hindari Sikap Impulsif saat Memilih Lokasi Bisnis Kuliner


Misalnya Anda mendatangi suatu tempat yang hendak disewa untuk membuka bisnis kuliner, maka jangan tergesa-gesa memutuskan untuk mengambil dan menyewa tempat tersebut hanya karena sekilas tampak baik atau harga sewa yang murah.


Pikirkan baik-baik secara matang dengan beberapa pengambilan keputusan. Jangan lupa untuk mengecek hal-hal lain seperti kondisi kelayakan bangunan, kondisi keamanan lingkungan daerah sekitar, kondisi jalan menuju lokasi, dan hal lain yang diperlukan.


5. Pahami Komitmen yang dibuat saat Menyewa Lokasi


Pahami juga komitmen apa yang sedang dibuat. Jika Anda menyewa ruko untuk dijadikan tempat berbisnis kuliner, sebelum menandatangani perjanjian sewa tempat dengan si pemilik, pahami isi surat perjanjian tersebut.


Tujuannya agar terhindar dari masalah yang berkaitan dengan perjanjian di kemudian hari.


Artikel bermanfaat lainnya: 8 Alternatif Channel Jualan dalam Bisnis Kuliner


Itu dia beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika akan memilih lokasi untuk membuka bisnis kuliner. Semoga bermanfaat.

Akses berbagai program lengkap Foodizz: Online Class, E-Course, Buku, E-Book, dll untuk mendukung penambahan ilmu Bisnis Kuliner mu!


18 views