Black Friday Clothing Sale Leaderboard.j

5 Tipe Cinta Dalam Bisnis Kuliner. Jaga CINTA lo, karena klo dia SELINGKUH perih hati lo.


Bisnis kuliner ada ga kaitannya dengan cinta dua orang anak manusia? Bagaimana cinta tumbuh diantara dua orang, bersemi karena sebuah alasan yang pada akhirnya cinta tersebut bersatu (dalam bahasa kulinernya yang terjadi transaksi, jika setelah tranksaksi beli lagi dan beli lagi nah itu namanya cinta yang setia hehe)


Ada kaitannya? ADA BANGET. Menggaet DAMBAAN HATI agar jatuh CINTA itu ga jauh beda dengan bagaimana kita menggaet KONSUMEN agar membeli ditempat kita, dibutuhkan serangkaian usaha untuk bisa membuat hal tersebut terwujud dan klo sudah terwujud (dimana sigebetan jatuh cinta) wah udah asik deh, istilah orang tua dulu, klo udah jatu cintah, *** kucing berasa jadi coklat, haha.. jadul bener yah istilahnya dan ya ga gitu-gitu amat sih haha, terlalu cinta buta itu namanya, tetap ada RATIONAL REASON (alasan yang rasional) tentu dibalik mungkin EMOTIONAL REASON, lebih kuat.


CINTA seperti apa yang penting banget buat temen-temen ketahui sehingga kita bisa masuk melalui salah satu CINTA tersebut agar pada akhirnya konsumen CINTA dengan brand dan produk kita? Yuk coba kita lihat, 5 CINTA di dalam bisnis kuliner.



1. CINTA PADA PANDANGAN PERTAMA.


Bagaimana membuat target konsumen kita jatuh cinta? PACKAGING, DESIGN & PRESENTATION. Sering ga kita ingin membeli sesuatu karena tertarik banget dengan PACKAGING dan DESIGN nya yang keren / lucu / bagus banget? Atau misalnya kita jadi pengen datang dan membeli sebuah produk karena keliatannya MANTAP banget menunya, heboh sampe tumpah-tumpah isi nya, ato ada tulang sumsum yang bisa langsung disedot-sedot di mangkok dan sebagainya. SERING KAN? Iya aja lah.


Atau coba dikasih perumpamaan deh, ada kopi yang persis sama kualitasnya, dibuat dari mesin yang sama, kemudian yang pertama kita sajikan di gelas keramik dengan latte art yang keren banget, yang satu lagi kita sajikan digelas standar dengan latte art yang jelek, yang mana yang membuat temen-temen selerah buat minum dan bayar lebih mahal? Nah itulah mengapa PACKAGING, DESIGN, dan PRESENTATION itu penting sekali di dalam bisnis kuliner.


PACKAGING, DESIGN, dan PRESENTATION merupakan investasi penting banget loh, jadi jangan ragu untuk mengeluarkan sedikit BUDGET terkait hal ini karena ini bisa menciptakan CINTA PADA PANDANGAN PERTAMA.



2. CINTA PADA CICIPAN PERTAMA


Inilah mengapa PRODUK ENAK itu WAJIB, mau sekeren apapun tempat klo konteksnya masih jualan makanan, maka unsur ENAK itu menjadi salah satu yang paling UTAMA, kecuali memang tempatnya difungsikan secara berbeda dan makanan hanya sebagai pendukung, yah gini ajah tetep penting PRODUK ENAK.


Dalam bisnis kuliner itu, soal produk itu hanya boleh dua hal, ENAK atau ENAK PAKE BANGET, mengapa? Yah karena banyak konsumen pada akhirnya balik lagi dan balik lagi karena mereka CINTA PADA CICIPAN PERTAMA. "Klo misalnya kita jualan tempat enak buat nongkrong gimana? Emang penting produk harus tetep enak?" ok Foodizz tanya balik deh kalo gitu, "gimana klo ada tempat nongkrong baru, udahnya nongkrongnya enak, produknya enak pula?"


So pastikan produk kita ENAK atau ENAK PAKE BANGET, klo misalnya kita tidak punya keahlian untuk membuat produk yang ENAK atau ENAK PAKE BANGET, kita bisa hire orang atau beli resep sehingga yang penting kita punya produk seperti itu.



3. CINTA PADA KESAN PERTAMA


"Baik yah anaknya dan sopan, Mama suka deh sama dia, sok atuh kamu dengan si AA ajah, sopan dan juga kelihatannya soleh" hehe, banyak ga CINTA terjadi pada kesan pertama? BANYAK, yah memang tetep perlu ada serangkaian ACTION lah, klo cuman kesan pertama kemudian ga ada follow up lagi juga ga jadi.


Dalam bisnis kuliner juga sama, KESAN PERTAMA juga sangat penting, ini merupakan EXPERIENCE yang TIDAK TERLUPAKAN bagi konsumen, misalnya mereka dilayani dengan sangat ramah dan tulus, apa yang kita butuhkan sebagai konsumen dengan sigap disiapkan sampai kita juga terkesan karena di sapa dengan nama misalnya, semua KESAN ini akan menciptakan CINTA pada akhirnya yang membuat konsumen datang dan datang lagi bahkan tidak sungkan untuk merekomendasikan brand kita ke orang lain.



4. CINTA KARENA KESAMAAN PRINSIP


"Udah kita makan ke sana ajah, ownernya tuh keren banget, punya banyak anak yatim dan juga didik jadi entreprenuer, itung-itung sedekah", "Ngopi di cafe itu ajah yuk, asik tuh suka banyak kumpul-kumpul pengusaha sama sering nobar film-film seputar entreprenuer".


Nah ini juga CINTA yang cukup kuat ini, timbul karena kesamaan prinsip, seperti halnya kita jatuh cinta misalnya sama si AA karena sering hadir dipengajian Ustad Adi Hidayat misalnya.



5. CINTA KARENA GODAAN MATERI


"Wuih bawaannya WULING TERBARU EY, keren juga nih cowok kayaknya", istilah anak Milenial dulu CAR GENIC, mendadak ganteng karena naik WULING TERBARU misalnya sehingga akhinya di gebetan KLEPEK KLEPEK jatuh cinta karena MATERI hehe.


Dalam bisnis kuliner kayak gimana ini maksudnya? Yak kita punya GIMMICK atau FASILITAS yang membuat konsumen jatuh cinta dengan dengan kita, misalnya di cafe kita ada WORKING SPACE yang nyaman banget buat kerja, bahkan ada booth buat tiduran plus memang kopi nya juga enak, nah karena fasilitas, akhirnya banyak anak-anak kampus yang selalu datang dan nongkrong untuk kerja.


Baca juga artikel menarik lainnya: Produk WOW, Omset MEROKET. Ini dia 9 STRATEGI nya dalam Bisnis Kuliner


Yah tentu CINTA KARENA GODAAN seperti ini lebih mudah terjadinya SELINGKUH karena nanti ada ajah pesaing yang punya GODAAN LEBIH SEKSI sehingga terjadilah PERSELINGKUHAN karena GODAAN MATERI yang lebih menarik.


Nah temen-temen, CINTA mana yang kita miliki? Apakah ada? "Gimana taunya?" yah bertanyalah kepada konsumen yang sudah datang dan datang lagi "makanya harus punya database" pun jika tidak minimal biaya karyawan kita hafal tuh konsumen loyal yang mana, minta waktunya untuk bertanya, mengapa mereka terus datang? MOSOK orang yang MENCINTAI kita dicuekin sih selama ini, malah sibuk mencari CINTA-CINTA yang baru terus, nanti klo dia SELINGKUH ninggalin kita PERIH loh rasanya.


LOVE IS ALL AROUND my friend. Semoga bermanfaat.


Foodizz

1st F&B EduTech

Belajar Bisnis Kuliner ..... Yah di Foodizz.


www.foodizz.id

www.sekolahkuliner.com

Join Telegram Group di t.me/foodizzid


GOOD NEWS

Temen-temen kuliner di bulan Mei 2021, Foodizz akan mengadakan untuk pertama kalinya BOOTCAMP BISNIS KULINER dengan topik VALUASI BISNIS, INVESTOR & MENDAPATKAN PENDANAAN yang akan diadakan selama 4 hari, dari pagi - malam. Temen-temen akan langsung dimentoring oleh Pa Budi Isman, Gito Wahyudi, Yuszhak M. Yahya, Danis Puntoadi, Rex Marindo, Akhmad Saeful, dan beberapa Venture Captital invitation untuk bisa menyusun langsung VALUASI BISNIS milik temen-temen, serta berkesempatan langsung di pertemukan dengan INVESTOR yang siap melakukan investasi di bisnis kuliner jika mereka tertarik dengan bisnis temen-temen kuliner.


Silahkan yang tertarik untuk waiting list di nomor WA ini atau hubungi Whatsapp CS Foodizz 081312147974


Peserta hanya dibatasi sebanyak 26 peserta dan akan dipilih peserta yang memang siap untuk melakukan valuasi dan di investasi.


#keepsharing

#keeplearning

#spreadknoweledge

#kulinerindonesia


*Buat temen-temen yang mau copas artikel silahkan ajah ga perlu minta izin asal mencantumkan sumber artikelnya, yaitu www.foodizz.id/blog. Yuk hargai karya dan usaha orang lain dalam membuat konten.


Sumber Gambar: Unsplash.com



169 views0 comments

Previous Post

Baca berdasarkan Topik