Search
  • FOODIZZ.ID

4 Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk Bisnis Kuliner

Tidak bisa dipungkiri, modal adalah salah satu komponen penting dalam bisnis. Di awal bisnis Anda membutuhkannya untuk memulai, mendatangkan konsumen. Saat sudah berjalan, Anda membutuhkannya untuk pengembangan usaha.


Namun di era saat ini, Anda tidak perlu khawatir karena banyak alternatif cara untuk bisa mendatangkan modal. Jadi jangan sampai tidak adanya modal, jadi alasan Anda untuk ga jadi memulai bisnis kuliner.



Berikut beberapa cara yang bisa Anda praktekan:


1. Cari Investor dari Kenalan (Angel Investor)


Siapkan proposal bisnis Anda yang menarik dan jelas. Buatlah daftar orang-orang yang potensial menjadi investor awal Anda. Beranikan diri dan berlatihlah untuk mempresentasikan dan menceritakan potensi dan rencana bisnis Anda. Carilah investor yang memahami visi Anda. Jangan lupa untuk selalu menekankan bahwa segala usaha dan dunia bisnis ada faktor resikonya. Jadi jangan to good to be true!


2. Ikut Kompetisi


Di era seperti saat ini seringkali banyak kompetisi dunia usaha. Ikutilah dan usahakan yang terbaik untuk menang. Hadiah dari kompetisi ini bisa Anda jadikan modal usaha. Kemudian buat rencana keuangan yang baik agar ada keuntungan yang bisa diputar untuk pengembangan usaha.


3. Crowdfunding/ Syirkah


Yaitu cara untuk mendapatkan permodalan, sama seperti nomor 1 namun ke banyak orang. Saat ini sudah cukup banyak badan yang juga menaungi kegiatan crowdfunding. Pastikan badan/organisasi yang Anda gunakan telah diverifikasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


4. Bagi Hasil dengan Landlord


Salah satu kendala permodalan seringkalid dari sisi tempat. Namun ada sistem kerjasama yang bisa Anda coba untuk menghilangkan permodalan awal untuk tempat tersebut dengan mengajukan sistem bagi hasil dengan Landlord. Hal ini akan meringankan Capex (modal awal) bisnis Anda sehingga minimal bisnis Anda bisa jalan dulu dan mengumpulkan keuntungan sambil berjalan.


Apapun jalur pencarian modal yang Anda cari, pastikan Anda sudah mempelajarinya dengan detil terlebih dahulu. Anda sudah mengintegrasikan nya dengan rencana bisnis Anda. Terutama apabila Anda akan memasukkan pihak baru ke dalam bisnis Anda dalam jangka panjang (seperti investor).


Bisnis kuliner adalah salah satu sektor yang saat ini banyak diminati oleh para investor. Karena terlihat dari potensinya dan di beberapa bisnis model cukup stabil bahkan berkembang walaupun menghadapi tantangan pandemik Covid 19. Hal ini berpeluang bagi Anda untuk tidak akan terlalu sulit mencari investor selama Anda memahami apa saja yang perlu dipenuhi dan dilakukan dalam mencari investor yang tepat.


Bagaimana caranya supaya lancar menghadapi investor mulai dari pendekatan hingga akhirnya mereka mau menyuntikan dana pada bisnis Anda? Anda bisa tahu tahapannya secara detil langsung di E-Course Strategi Investor Dalam Bisnis Kuliner yang dibawakan oleh Gito Wahyudi, seorang pebisnis yang sudah membawa banyak bisnisnya dari NOL hingga di invest oleh investor skala nasional hingga global. Beliau juga merupakan investor bisnis kuliner, sehingga dalam penyampaiannya memiliki sudut pandang yang lengkap terkait strategi yang tepat dalam mendapatkan investor untuk bisnis kuliner Anda.


Jangan buang waktu Anda untuk mencoba-coba karena sudah ada step-by step yang jelas di E-Course investor ini.


Artikel bermanfaat lainnya: Ayo Belajar Tentang Reseller!


Semoga artikel 4 Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk Bisnis Kuliner ini bisa membantu Anda yang ingin mulai bisnis kuliner, tapi terhambat oleh modal.

Akses berbagai program lengkap Foodizz: Online Class, E-Course, Buku, E-Book, dll untuk mendukung penambahan ilmu Bisnis Kuliner mu di Program Foodizz.


0 views