Search
  • FOODIZZ.ID

4 Tips Memulai Bisnis Frozen Food Rumahan

Updated: Jul 27

Masyarakat di Indonesia terutama ibu-ibu milenials sangat suka dengan hal yang praktis termasuk ketika mengolah makanan. Frozen food adalah salah satu makanan yang selalu dicari karena kepraktisannya. Hal inilah yang menjadi pertimbangan kenapa sekarang semakin banyak produk frozen food di pasaran.




Beberapa bulan ke belakang ketika masih berlakunya PSBB, frozen food menjadi salah satu primadona untuk kebutuhan stok makanan yang awet dalam jangka waktu lama. Sejak saat itulah, permintaan makanan jenis frozen atau beku ini meningkat dan banyak orang baru yang mulai terjun.


Untuk memulai bisnis Frozen Food ini, Anda bisa memulainya dari rumah. Namun, hal yang harus diperhatikan adalah kebersihannya. Jika Anda ingin mulai dan bingung harus bagaimana? Berikut beberapa tips yang akan Foodizz bagikan untuk Anda.


1. Jangan banyak berpikir, eksekusi ide


Membangun bisnis rumahan memang antara gampang dan susah. Namun, terlalu banyak berpikir, justru bisnis yang ingin Anda jalankan tak akan kunjung terlaksana.


Jika Anda sudah memiliki ide yang cukup matang, Anda bisa langsung mengeksekusi ide tersebut. Namun sebelumnya Anda harus melakukan survey bahan baku, cek pasar, atau cek supplier jika memang Anda tidak bisa menyediakan bahan sendiri.


2. Maksimalkan freezer yang sudah ada


Makanan "beku" dingin, yang terlintas langsung dalam pikiran pasti freezer khusus atau boks penyimpanan makanan beku. Namun, sebenarnya freezer khusus ini belum begitu penting, apalagi ketika Anda baru mulai.


Manfaatkan area freezer yang ada di lemari pendingin Anda. Sembari kumpulkan sedikit demi sedikit modal untuk membeli freezer khusus.


3. Marketing online


Pemasaran di era digital ini tidak memerlukan modal yang besar. Anda bisa memasarkan produk yang Anda buat di grup WhatsApp keluarga, lingkungan rumah, hingga teman-teman dekat.


Jangan lupa untuk membuat dan mengelola akun Instagram khusus untuk produk Anda. Lakukan strategi memaksimalkan Instagram untuk promosi dan tak perlu segan meminta pembeli untuk memberikan kesannya setelah mencicipi produk yang Anda jual di media sosial.


4 Catatan Keuangan


Bisnis rumahan bukan berarti lepas dari pencatatan keuangan. Anda perlu menyiapkan catatan khusus terkait keluar masuk uang sekecil apapun terkait bisnis.


Artikel bermanfaat lainnya: 5 Ide Bisnis Kuliner Rumahan yang Menjanjikan


Pisahkan uang yang berhubungan dengan bisnis frozen food Anda dengan uang pribadi. Pemisahan ini dilakukan agar Anda dapat mengontrol pengeluaran dan tahu berapa banyak yang dihasilkan. Keuntungan juga sebaiknya disimpan terlebih dahulu dan tak buru-buru untuk digunakan.


Itu dia 4 Tips Memulai Bisnis Frozen Food Rumahan. Semoga bermanfaat.


Tertarik lebih dalam untuk menggali informasi seputar frozen food? Anda bisa belajar di E-Course Frozen Food Model Bisnis yang Cocok di Era New Normal. Dijelaskan secara detail langsung oleh ahlinya.

Akses berbagai program lengkap Foodizz: Online Class, E-Course, Buku, E-Book, dll untuk mendukung penambahan ilmu Bisnis Kuliner mu!



0 views