Search
  • FOODIZZ.id

4 Hal WAJIB tau buat Foodpreneur yg mau main TikTok

Booming nya pengguna TikTok di Indonesia pada akhirnya membuat foodpreneur mau tidak mau harus menghadirkan brand kuliner nya di platform milik ByteDance yang satu ini. Berikut adalah 4 hal wajib yang perlu diketahui bagi foodpreneur yang mau main / menghadirkan brand nya di TikTok:

1. Pastikan Profile lengkap


Akun dengan profile yang lengkap tentunya akan memiliki kemungkinan lebih besar untuk mendapatkan follower dibandingkan akun yang tidak memiliki informasi yang lengkap di profile nya, profile yang lengkap akan memudahkan pengguna TikTok untuk mengetahui detail informasi yang kita miliki sebelum memutuskan untuk memfollow sebuah akun. Beberapa hal yag harus dilengkapi:

- Profile picture/video: uniknya, di TikTok profile pic yg ditampilkan bisa berupa foto tdk bergerak atau gambar bergerak

- Nama akun: tampilkan nama akun yang sesuai dengan positioning / personal brand yang ingin kita tampilkan

- Username: pilih username yang mudah di ingat, sebaik nya tidak berupa kode-kode

- Bio: lengkapi bio dengan deskripsi yang menggambarkan akun kita akan membahas apa

Isi an berikut ini hanya muncul, jika jenis akun yang kita pilih adalah akun bisnis (bukan personal):

- Website: isi dengan website corporate, atau jika tdk ada bisa juga diisi dengan link ke blog kita

- E mail: isi dengan kontak email yang bisa dihubungi, ingat di TikTok kita tidak bisa mengirimkan message kepada akun yang belum berteman dengan akun kita, jadi salah satu cara agar orang lain bisa terhubung dengan kita adalah dengan e mail.

- Kategori: penting untuk diisi, jika akun bisnis maka kita harus spesifik dengan kategori bisnis kita agar lebih mudah untuk menarik follower dengan minat yang sama dengan akun yg kita miliki


2. Perbedaan “Following page” & “For You page”


Jika kita membuka aplikasi TikTok pertama kali (setelah skippable ads / iklan yang bisa di skip degan menekal tombol di kanan atas layar), kita akan disuguhkan konten-konten video di page “For You”.

Jika diperhatikan di bagian atas tengah layar HP kita ada 2 buah tulisan: “Following” & “For You”, dua tulisan tersebut menandakan kita berada di page yang mana.

“Following” adalah page dimana kita hanya diberikan konten-konten video dari akun-akun yang kita follow saja (jadi jika tidak bisa melihat konten-konten dari akun-akun yang tidak kita follow), sedangkan “For You” adalah page dimana kita disajikan semua konten (baik dari yang kita follow maupun yg tidak kita follow), konten-konten tersebut muncul random berdasarkan habit kita (pengguna) yang dibaca oleh algoritma TikTok.


Artikel bermanfaat lainnya: Manfaat Social Media untuk Bisnis Anda


3. Konsisten upload konten, minimal sehari 1 konten


Jika kita ingin menjadi akun yang memiliki viewer di TikTok, maka yang bisa dilakukan salah satu nya adalah dengan membuat dan mengupload konten-konten yang menarik dan berhubungan dengan akun kita, misal: jika kita ingin di persepsikan sebagai akun yang bicara tentang bakso, maka usahakan mengupload konten yang konsisten, minimal 1 hari 1 konten mengenai bakso dan hal-hal yang berhubungan dengan bakso, bisa mengambil pendekatan dari jenis bakso, cara makan bakso, asal muasal bakso, dll.

4. Gunakan hastag yang relevan


Seperti fungsi hastag pada platform lain, hastag akan memudahkan konten kita relevan bagi pengguna TikTok yang sedang mencari inforasi tertentu, jadi selalu gunakan hastag yang relevan dengan konten / bisnis kita. Contoh nya: jika kita membuat konten tentang masakan Indonesia, bisa menggunakan hastag2 seperti #kulinerIndonesia #maumasakapa #kulinernusantara, dll. Dan sebaiknya tidak menggunakan hastag2 yang tidak relevan, seperti: #otomotif, #motorbesar, #kuliahsubuh, dll

Oke, sekarang ambil handphone nya, dan mulai lah mencoba


Sumber foto: Foto oleh cottonbro dari Pexels

Akses berbagai program lengkap Foodizz: Online Class, E-Course, Buku, E-Book, dll untuk mendukung penambahan ilmu Bisnis Kuliner mu!



20 views