Black Friday Clothing Sale Leaderboard.j

3 MORE, Source of Growth di dalam Bisnis Kuliner


Setiap pelaku bisnis kuliner pasti menginginkan bisnisnya bertumbuh dengan konsisten (consistent growth) supaya bisa memenuhi kebutuhan konsumen yang lebih banyak lagi, dan memberikan manfaat bagi banyak orang melalui usaha yang dijalankan.


Umumnya yang dilakukan para pelaku bisnis kuliner agar bisa mendapatkan growth yang diinginkan adalah dengan melakukan berbagai kegiatan marketing, seperti promo yang gencar melalui media sosial untuk meningkatkan brand awareness, promo produk melalui diskon harga, buy 2 get 3, buy 1 get 1 ataupun melalui berbagai macam penawaran paket yang menarik baik dine-in ataupun melalui online delivery


Apapun jenis aktivitas marketing yang dipilih dan dijalankan, semuanya harus memiliki marketing objective yang jelas dan spesifik. Pada akhirnya semua aktivitas marketing yang dilakukan akan selalu berkaitan dan berpangkal kepada 3 source of growth berikut ini



1. More Consumer


Ini adalah tentang bagaimana lebih banyak orang mengetahui produk kuliner kita, kemudian memiliki ketertarikan pada produk kuliner kita hingga pada akhirnya menjadi konsumen loyal. Kunci dari aktivitas marketing yang dijalankan untuk mendatangkan lebih banyak konsumen adalah bagaimana membangkitkan keinginan konsumen untuk mencoba produk kuliner yang kita tawarkan karena marketing campaign yang relevan dan menarik ataupun bisa juga keinginan untuk mencoba tersebut datang dari referensi / rekomendasi orang lain.



2. More Consumption


Ini adalah tentang bagaimana konsumen yang sudah membeli produk kuliner kita tergerak untuk membeli lebih banyak lagi. Baik dengan lebih sering datang ke outlet maupun lebih sering memesan secara online.


Kunci dari aktivitas marketing yang dijalankan untuk menggerakkan konsumen untuk menambah konsumsi produk kuliner kita adalah melalui stimulan kepada konsumen untuk meningkatkan frekuensi pembelian (membeli beberapa kali dalam sebulan / dalam seminggu) ataupun meningkatkan nilai pembelian dalam setiap transaksi / kunjungan dengan membeli lebih banyak dari biasanya.



3. More Benefit


Ini adalah tentang bagaimana memberikan nilai tambah (value added) melalui produk kuliner yang ditawarkan. Beberapa contoh dari hal ini misalnya porsi yang lebih besar, penawaran extra topping, ataupun penawaran paket yang termasuk dengan appetizer, dessert ataupun minuman. Kunci dari aktivitas marketing yang dijalankan adalah memberikan manfaat lebih kepada konsumen sehingga pada saat yang sama kita bisa memperoleh pendapatan yang lebih banyak karena penawaran dan nilai lebih yang sudah kita berikan kepada konsumen.


Dalam bisnis kuliner akan sangat banyak kombinasi ide, kreatifitas dan eksekusi kegiatan marketing yang bisa dilakukan. Tapi jangan lupa, semuanya akan berpangkal kepada 3 source of growth yang sudah dijelaskan diatas. Dengan mengetahui source of growth yang ingin kita tuju, pilihan dan keputusan aktivitas marketing akan lebih terarah dan menghasilkan tambahan pendapatan (revenue) yang optimal.


Kegiatan marketing yang dilakukan pun akan lebih terstruktur, terencana dan tidak bersifat sporadis ataupun “asal ada promo”. Semua harus dipikirkan dengan baik agar uang yang kita alokasikan untuk budget marketing akan mendapatkan return yang maksimal. Semoga bermanfaat untuk para foodpreneurs!


Foodizz

1st F&B EduTech

Belajar Kuliner ... Yah di Foodizz.



Coming Soon, Foodizz Online Class 12

20 LOW BUDGET HIGH IMPACT MARKETING PROGRAM, kelas wajib nih yang sales nya mentok, mau naikin sales tapi budget mentok atau yang salesnya udah ok tapi bisa cost jadi lebih murah. Yuk segera join kelasnya di link ini. Asiknya lagi bakal ada 4x mentoring langsung bareng speakernya.


Jangan ketinggalan peluangnya.


#keepsharing

#keeplearning

#spreadknoweledge

#kulinerindonesia


*Buat temen-temen yang mau copas artikel silahkan ajah ga perlu minta izin asal mencantumkan sumber artikelnya, yaitu www.foodizz.id/blog. Yuk hargai karya dan usaha orang lain dalam membuat konten"


Sumber Gambar: Unsplash.com


338 views0 comments

Previous Post

Baca berdasarkan Topik