Search
  • FOODIZZ.ID

3 Kunci Sukses Membangun Bisnis Kuliner

Banyak yang bertanya dan tertarik untuk terjun di bisnis kuliner. Oleh karenanya berikut kami berikan 3 kunci sukses membangun bisnis kuliner untuk membantu Anda dan memberi pandangan lebih luas terhadap bisnis kuliner.

Anda sudah siap dengan kuncinya? Yuk langsung saja di simak!


1. Pasarnya Besar


Kunci yang pertama, terutama jika Anda adalah seorang pemula yang baru ingin terjun. Pastikan jika pasar yang ingin Anda sasar besar.


"Tapi pasar yang besar kan persaingannya ketat?" Pastinya, oleh karena itu bisnis membutuhkan ilmu. Jika Anda mengerti ilmu marketing seperti bagaimana menciptakan kategori produk baru, membangun diferensiasi yang kuat, tentu Anda punya peluang untuk bisa menang berhasil.


2. Feasible


Feasible ini artinya Anda harus kembali mengukur potensi diri sendiri dan disesuaikan dengan peluang pasar agar bisnis kuliner tersebut bisa dijalankan. Misalnya jika modal masih di kisaran Rp 50 juta maka buatlah konsep bisnis yang kuat dengan anggaran kurang lebih Rp 50 juta, kecuali Anda mengajak investor. Hanya saja, sebaiknya kerjakan bisnis pertama Anda sendiri, sehingga tidak akan ada banyak beban.


3. Infrastruktur Pendukung


Apa sih infrastruktur yang dimaksud? Bisa apa saja, asal mendukung bisnis yang sedang dijalankan. Contoh ekstrem seperti ini, jika Anda ingin membuka bisnis "Swike, Kodok Goreng" memang gampang mencari bahan baku? Memang mudah mencari karyawan yang bersedia memasak kodok? Nah, ini namanya infrastruktur tidak mendukung, jangan cari bisnis yang ribet.


Bayangkan ketika Anda membuka lontong sayur, semua bahan yang ingin dicari pasti sangat mudah, untuk mencari pegawai pun mudah, karena tinggal mencampurkan berbagai macam bahan makanan yang sudah disiapkan. Artinya ketika memulai bisnis kuliner maka penting bagi Anda untuk memastikan infrastruktur pendukung, sehingga tidak akan terjadi masalah untuk kedepannya.


Artikel bermanfaat lainnya: 10 KPI Area dalam Operational Restoran


Itu dia 3 kunci jika Anda ingin menjadi pebisnis kuliner yang sukses. Semoga Anda yang baru akan terjun ke bisnis kuliner mendapatkan pencerahan, dan untuk Anda yang sudah memulai bisnis kuliner bisa menjadi masukan ketika ada yang salah dalam bisnis Anda.


Materinya kurang?


Anda bisa langsung join di Workshop Membangun Bisnis Kuliner dari Nol 15. Disana Anda bisa bertemu langsung dengan pembicara dan menanyakan berbagai macam pertanyaan.

Akses berbagai program lengkap Foodizz: Online Class, E-Course, Buku, E-Book, dll untuk mendukung penambahan ilmu Bisnis Kuliner mu!




22 views