Search
  • FOODIZZ.id

1T + 5W + 1H

Klo paham, jualan bisa lebih mantap loh.

Salah satu pertanyaan yang paling banyak di tanya oleh temen-temen Foodpreneur dalam menjalankan bisnis kuliner adalah, gimana yah biar program yang kita buat itu bisa berhasil membuat sales naik, apa sih resepnya, tips nya sehingga bisa berhasil.


Yah tentu faktor berhasil atau tidak cukup banyak yah pengkondisiannya temen-temen, tapi izinkan kali ini Foodizz coba memaparkan resep agar PENAWARAN kita bisa mendorong konsumen akhirnya untuk membeli.


1T + 5W + 1H


1T = Target

Tetapkan target penjualan yang ingin dicapai dalam 1 bulan atau dalam setiap program yang dijalankan, misalnya meningkatkan penjualan Gofood / Grabfood15%.


Nah 15% merupakan TARGET (T) yang harus dicapai oleh tim outlet kita setiap bulannya.


5W (Who, What, Why, Where, When)


1. WHO

Who 1. Siapa yang mau akan kita tawarkan dan konversi sehingga target 15% tercapai? Dalam konteks Gofood / Grabfood berarti adalah target market kita yang akan melakukan pemesanan via Gofood / Grabfood.


Pelajari siapa mereka, apa yang membuat mereka tertarik, program seperti apa yang membuat mereka membeli, bagaimana prilaku media konsumsi nya, kemana mereka biasa membeli.


Who 2. Siapa lawan kita di Gofood / Grabfood? Apa yang mereka tawarkan, bagaimana cara mereka menawarkan, faktor apa yang membuat penawaran mereka menarik? Apa kelemahan penawaran mereka dan celah apa yang kita bisa manfaatkan?


2. What

Apa yang ingin kita tawarkan ke konsumen? Mengapa mereka akan membeli? Mengapa mereka tidak akan melewatkan penawaran yang kita berikan?


Apa yang bisa ditawarkan? Macem-macem, bisa produk, bisa paket, diskon, dll yg penting dikemas secara USP.


3. Why

Why People will Action, karena kita membuat konsumen "merasa" atau "terpaksa" harus memanfaatkan penawaran yang sudah kita berikan, jika tidak mereka akan merasa "RUGI' "MENYESAL" dan berbagai perasaan lainnya.


4. Where

Where to Offer, di mana konsumen bisa mendapatkan informasi serta kemudian menindak lanjuti informasi tersebut untuk ACTION


Dari mana mendapakan informasi?

- KOL (Key Opinion Leader)

Yah tentu di Gofood / Grabfood. Jika kemudian mereka juga datang ke outlet itu Bonus, bukti klo apa yang kita kerjakan powerfull dan punya impact besar.

- Owned Media


Do Action

Yah tentu di Gofood / Grabfood. Jika kemudian mereka juga datang ke outlet itu Bonus, bukti klo apa yang kita kerjakan powerfull dan punya impact besar.


5. When

Kapan penawaran ini dibuat? Nah gunakan MOMENT atau CIPTAKAN MOMENT/ KONDISI. Misal: 11.11.2020 angka cantik, atau misal dalam rangka ULTAH, atau bisa juga dalam rangka HARI RAYA, dll.


1 H = How


Ingat USP

Ultimate Offering (Penawaran harus mantappp)

Strong Visualitazation (Visual harus menggoda)

Powerfull push to action (Dorongan kuat untuk melakukan action)


Intinya buat konsumen Action dengan menggoda pikiran, panca indra dan bahkan lingkungan mereka.


Nah, semoga jualan Foodpreneur makin mantap yah. Selamat Mencoba.


Join komunitas foodizz untuk mendapatkan berbagai artikel, ebook, video dan berita terbaru secara free di t.me/foodizzid



22 views