Black Friday Clothing Sale Leaderboard.j

10 Langkah Main TIKTOK yang punya IMPACT bagi BISNIS KITA.


Catatan Khusus bagi pemilik bisnis.


1. Ownernya harus mau belajar Tiktok dulu.


Kenapa owner harus mau belajar terlebih dahulu setiap hal yang ingin diimplementasikan, misalnya Tiktok?


- Biar ngerti pentingnya main Tiktok

- Biar ngerti gimana strateginya

- Biar ngerti content seperti apa yang kuat

- Biar tau harus mengarahkan tim / agency seperti apa.

- Biar tau budget yang di spending memang akan memberikan hasil.


Tidak perlu mengerti sampe teknis (klo iya lebih bagus lagi), namun setidaknya coba pelajari dan pahami secara stratejiknya.


Baca juga artikel menarik lainnya:

5 Alasan Foodpreneur HARUS BANGET Menggunakan TikTok untuk Bisnisnya!


2. Googling konten-konten yg viral


Perbanyak literasi dan contoh konten-konten seperti apa yang viral dan juga banyak views, khususnya yang berhubungan dengan bisnis kita, yaitu kuliner. Googling dengan keyword, misalnya "Tiktok Viral Restaurant / Cafe" nah nanti di cek berbagai artikel di search tersebut untuk di baca-baca, di cek kontennya seperti apa, dan kemudian di catat untuk menjadi ide ketika nanti kita membuat konten.


AMATI - TIRU - PLEK PLEK

AMATI - TIRU - MODIFIKASI

AMATI - BUAT YANG BARU


3. Luangkan waktu untuk lihat-lihat tiktok secara berkala


Nah ini juga penting karena memang banyak sekali ide konten muncul karena kita juga main dan meluangkan waktu untuk melihat konten TIKTOK secara berkala. Setiap ada konten yang menarik coba di SAVE, baik itu konsep kontennya maupun misalnya musik nya yang terdengar ASIK.


Saya pribadi setiap hari selalu meluangkan waktu 1-3 jam untuk melihat berbagai konten TIKTOK, selain itu hiburan, tentu saja alasan utamanya adalah memperkaya informasi KONTEN yang bisa dijadikan inspirasi untuk membuat KONTEN brand KULINER yang dijalankan.


4. Algoritma disesuaikan agar relevansi konten muncul


Nah ini masi terkait dengan nomor 3, ketika kita sudah rajin dan konsisten meluangkan waktu, pastikan algoritma TIKTOK kita sesuaikan dengan BISNIS kita, misalnya banyak-banyak lihat dan cari konten-konten buzzer / KOL terkait bisnis kuliner, serta lihat-lihat brand-brand kuliner, nanti jika kita sering melihat konten yang RELEVAN ini, TIKTOK akan lebih sering melakukan PUSH CONTENT yang relevan, jangan kebanyakan nonton IRRELEVANT konten yah, gossip, prank, dll yang tidak punya manfaat untuk bisnis kuliner kita.


5. Siapkan tim pembuat konten


Eksekusi Konten TIKTOK itu mudah-mudah susah sebetulnya, klo kita sangat terbiasa dengan membuat konten, edit-edit video, dan membuat konsep nya secara rutin, mungkin temen-temen hanya butuh 1 orang ajah untuk bantu secara rutin membuat konten tiktok ato bahkan ga perlu orang sama sekali.


Namun jika temen-temen tidak terbiasa dengan hal ini, tentu akan cukup sulit apalagi misalnya target buat 2-3 konten per hari, sebagai contoh saja, buat idenya sih bisa 10 per hari, gampang tinggal liat-liat konten orang lain, baca-baca, ataupun dapet ide dari nonton konten yang berseliweran di TIKTOK, tapi urusan MEMBUAT KONTENNYA, nah ini berat nih, apa karena umur hehe.. ato memang yah ga ada waktu ajah buat NGULIK, jadi di poin ini kita harus punya PIC atau TIM.


Jika kita percaya yang yakin dengan POWERFULL nya tiktok, coba ajah deh, sangat sebanding kok dengan biaya yang kita keluarkan, karena penulis sudah membuktikannya sendiri. Biaya relatif lebih kecil, tapi impact terhadap sales sangat SIGNIFIKAN apalagi jika target marketnya memang tepat.


6. Siapkan budget


Menggarap KONTEN dengan MEDIA apapun tidak akan luput dari perlunya BUDGET, kecuali nih yah (walaupun tetep ajah butuh BUDGET), anda lah CONTENT MAKERNYA. Tapi apakah temen-temen bisa KONSISTEN pertanyaannya? Jadi sebaiknya siapkan budget, ambil dari % SALES secara rutin, lagi pula yang pasti kita bisa langsung ukur efektifitasnya khan melalui sales yang terjadi.


7. Eksekusi konten harian 2-3 buah


Wah harus 2-3 konten yang per hari? Yah harus jawabannya, karena kita tidak tahu konten mana yang kemudian nanti bisa VIRAL, selain itu dengan konten 2-3 hari per hari kesempatan kita untuk mendapatkan EXPOSURE, push konten ke banyak orang akan lebih banyak tentunya. Dalam beberapa kali kesempatan, salah satu brand alumni Foodizz bahkan sudah 2x tembus 1 juta view dan beberapa kali di atas 100 ribu views, ada impact enggak? So far yes, jualan jadi naik serta AWARENESS terhadap brand juga meningkat tajam. Coba lihat link video ini contoh yang tembus sampai 1 juta views https://vt.tiktok.com/ZSv5Hjq9/ dan https://vt.tiktok.com/ZSv5PNkP/


8. Sesuaikan konten dengan brand value


Nah ketika main TIKTOK, bisnis owner jangan lupa untuk memastikan dan melakukan BRIEF terkait dengan BRAND VALUE, sehingga konten TIKTOK yang dibuat nanti tidak menyimpang, apalagi kontradiktif dengan VALUE yang memang dimiliki dan dibangun oleh brand tersebut. Contoh, Brand Overhot Yaa!!!, valuenya ada Happiness, nah jangan sampai kemudian konten-kontennya banyak konten galau, konten yang membahas Gossip atau konten-konten yang lebih menuju ke seksi, khan ga nyambung dengan value dari brandnya.


Harusnya konten-konten yang dibuat lebih banyak ke konten yang bikin happy, ketawa, lucu dan buat santai sehingga antara CONTENT dan BRAND VALUE nya punya benang merah dan saling memperkuat untuk membangun brand.


9. Tidak udah berpikir Viral, just do it


Yes, dasarnya kita main TIKTOK khan mendistribusikan KONTEN kita yang pada akhirnya bisa mendapatkan ATTENTION, serta AWARENESS, dan juga pararel menanamkan BRAND VALUE kita ke target market, jadi fokus pada PROSES yang konsisten dijalankan, BONUS nya ada VIRAl, jadi jangan dipusingkan oleh konten kita bisa VIRAL atau tidak.


Terus perdalam knowledge mengenai platform TIKTOK ini, sehingga kita bisa terus membuat dan mendistribusikan konten yang sesuai ke target market yang kita tuju, serta lakukan secara KONSISTEN, bukan anget anget *** chicken.


Baca juga artikel menarik lainnya: 4 Hal WAJIB tau buat Foodpreneur yg mau main TikTok


10. Evaluasi secara berkala impactnya


Terakhir tentu, dengan semua EFFORT membuat konten, membangun team, spending budget, waktu, serta konsistensi, hal yang juga sangat penting adalah lakukan EVALUASI secara berkala untuk melakukan PERBAIKAN, UPGRADE, serta peningkatan KUALITAS sehingga kita betul-betul bisa mengukur dampak dari MAIN TIKTOK bagi bisnis kita. Yah sebetulnya sudah banyak contoh sukses "KORBAN TIKTOK" jadi basically Anda tidak perlu diyakinkan lagi kok, udah MAIN AJAH, ini EFEKTIF kok asal ....................... baca kembali 9 point di atas.


Nah temen-temen Foodizz semua, semoga bermanfaat tulisan kali ini. YOK MAIN TIKTOK, bukan hanya ASIK loh, tapi juga bisa jadi ini media platform di mana AWARENESS kita bisa dibangun dengan lebih cepat dan murah, serta mendatangkan TRAFFIC ke bisnis kita.


Let's get SCALE


Foodizz Team

Serial #134


#keepsharing

#keeplearning

#spreadknoweledge


*Buat temen-temen yang mau copas artikel silahkan ajah ga perlu minta izin asal mencantumkan sumber artikelnya,s yaitu www.foodizz.id/blog. Yuk hargai karya dan usaha orang lain dalam membuat konten"


#KontenPromo


#Ikuti kelas SCALE 10X Bagaimana mengembangkan cabang dan membuat VALUASI BISNIS KULINER kita minimal 10X. Daftar di link ini Daftar di link ini


Dapatkan juga template bisnis valuasi sehingga kamu tidak perlu repot mencari format excell untuk membuat valuasi bisnis.


Sumber gambar: unsplash.com


185 views0 comments

Previous Post

Baca berdasarkan Topik