Black Friday Clothing Sale Leaderboard.j

10 Formula Sukses Dalam Bisnis Kuliner

"Apa formula sukses dalam bisnis kuliner?" sebuah pertanyaan yang sering sekali muncul dan sejujurnya yang menulis juga ga tau dengan pasti apa formulanya, karena blom pernah sukses atau setidaknya kita paham bahwa definisi sukses itu sangat relatif untuk setiap orang, cuma yah karena ditanya minimal harus dijawab kali yah wkwk.

Jika kita tanyakan ke banyak pengusaha "sukses", melihat berbagai video youtube tentang perjalanan sukses setiap orang, misalnya saya sering nonton youtubenya Boy William atau juga kita membaca-baca berbagai literasi buku dan artikel, ada beberapa hal yang mungkin bisa kita simpulkan bagaimana mereka bisa sukses dengan bisnisnya saat ini.


Nah, dari sini mungkin kita bisa mengambil pendekatan mana nanti kita perlu untuk bangun dan terus pertajam sehingga bisa menjadi faktor LEVERAGE (daya ungkit) agar kemudian bisa sukses menjalankan bisnis kita. Sekali lagi, perlu diingat tidak ada 1 jalan yang betul atau salah, dan juga ini bukan cerita penulis karena penulis juga masih berjuang untuk sukses hehe, semua hal bisa betul karena ujungnya semua tentang USAHA yang sungguh-sungguh untuk kita bisa SUKSES. So apa ajah itu yang bisa membuat orang bisa sukses?


1. Hustler

"Jiwa semangat, pekerja keras, pengejar mimpi" merupakan salah satu kunci bagaimana banyak orang bisa sukses. Jika temen-temen Foodpreneur sering melihat bagaimana cerita-cerita pengusaha sukses di Youtube, akan banyak kesamaan dari mereka, semua adalah HUSTLER. Tipe orang-orang sangat YAKIN, punya HASRAT dan sangat PEKERJA KERAS untuk bisa sukses dan berhasil dengan apa yang mereka jalankan saat ini. Tidak peduli sekecil apa pun mereka saat ini, tapi KEYAKINAN mereka untuk bisa berkembang luar biasa besar, mungkin mereka blom tau bagaimana caranya bisa sukses, namun one another way dalam pemikiran mereka sukses adalah PART of THEIR LIFE.


2. Mindset

"Saya akan sukses, one any other way" Yah mindset merupakan salah satu kunci penting bagaimana orang bisa sukses, perjalanan bisnis bisa saja sangat berat, penuh dengan tantangan dan banyak sekali kegagalan yang mungkin akan kita alami, namun jika Mindset kita tetap positif dan yakin ada waktunya kita akan berhasil, inilah yang pada akhirnya membuat kita akan berhasil, dengan catatan kita terus melakukan improvement dalam setiap prosesnya.


3. Knowledge

Bagaimana mungkin bisnis kopi mendapatkan suntikan dana 1.8 T yang membuat ownernya sangat sukses, atau bisnis minuman seperti HAUS mendapatkan dana 30 M padahal bisnis outlet-outlet kecil? Kuncinya tentu saja ILMU/KNOWLEDGE. Mereka memiliki ilmu untuk membangun model bisnis yang biarpun dimulai dari kecil, namun bisa dibangun menjadi bisnis besar dan sukses. Knowledge merupakan kunci penting, jembatan, jalan TOL untuk mempercepat kita bisa sukses di dalam bisnis.


4. Collaboration

Bersama/Kongsi merupakan salah satu cara untuk kita bisa sukses, karena KONGSI memberikan DAYA UNGKIT untuk menutupi kekurangan dan memperkuat KEKUATAN, sehingga kita bisa mempersingkat waktu untuk bisa sukses di dalam bisnis. Seperti yang sering kita dengar "Silahturahmi memperlancar rezeki" yes bener banget loh foodpreneur jadi perbanyaklah kolaborasi agar kesempatan kita sukses makin besar.


5. Connection

"Klo kamu kenal si itu jalan kamu untuk sukses bakal terbuka lebar" salah satu kalimat yang dulu pernah saya dengar dari Mentor saya dan itu menurut saya betul sekali, kenalan/koneksi yang bisa kita manfaatkan secara positif membuka jalan kita untuk bisa sukses dengan lebih cepat karena terbukanya banyak AKSES dan KESEMPATAN. So, foodpreneur perbanyaklah kenal baik dengan banyak orang, teruslah bangun komunikasi dan relasi karena kita tidak tau lewat mana sebetulnya jalan sukses kita akan hadir.


6. Capital

Biarpun bukan faktor utama kalo menurut saya, namun CAPITAL merupakan faktor pendukung yang juga sangat penting untuk bisa sukses di dalam bisnis. CAPITAL membantu kita untuk tumbuh/GROWTH dengan cepat sehingga jika ukuran sukses bisnis temen-temen misalnya adalah PERTUMBUHAN, maka ini tentu menjadi salah faktor kunci yang sangat penting untuk bisa sukses.


7. Timing

Yes, kadang waktu yang tepat adalah kunci orang bisa sukses, ketika waktu bertemu dengan kesempatan dan kesiapan, saat itulah gerbang sukses terbuka untuk kita, pertanyaannya kapan? Bisa kapan ajah, karena tergantung kesiapan kita tentunya. Seperti contoh ketika E-commerce era di mulai, banyak yang sukses memanfaatkan bisnis melalui e-commerce ini, banyak yang bisnisnya bisa menjadi sangat besar karena menggunakan e-commerce untuk berjualan apalagi kemudian muncul kondisi pandemic di mana semakin masyarakat MELEK ONLINE, semakin berjaya deh bisnis-bisnis di bidang online karena WAKTU dan KESIAPAN.


8. Hard Work

Ini hampir semua kesamaan yang pernah saya liat, baca dan tonton bagaimana banyak orang bisa SUKSES: KERJA KERAS. Rasanya saya pribadi sepakat soal ini NO DEBAT DEBAT, usaha tidak pernah menghianti HASIL pada akhirnya. Pengusaha dilahirkan untuk hidup 7 x 25 jam, hampir semua waktunya untuk kerja keras, mengkompensasi waktu hari ini untuk kemudian dinikmati di waktu yang akan datang.


9. Work Smart

Yes selain HARD WORK, jaman sekarang dari banyak contoh sukses yang bisa dilihat adalah bagaimana kita juga dapat WORK SMART karena saat ini banyak sekali TOOLS untuk membantu kita bisa sukses dengan lebih cepat, kuncinya harus SMART memanfaatkan berbagai hal yang menjadi DAYA UNGKIT dalam kita menjalankan bisnis. Contoh sederhana ajah, klo dulu kita jualan baju punya toko offline, nah dengan pengetahuan teknologi seperti Website dan E-commerce, maka muncullah peluang untuk bisa lebih besar lagi melalui online. Contoh lain, jika dulu kita bisa membangun outlet dalam 1 tahun mungkin hanya 1 dari putaran net income, sekarang dengan PENDANAAN, kita bahkan bisa membangun puluhan outlet padahal blom punya outletnya saat ini karena kita ngerti bagaimana membuat PITCH DECK dengan komprehensif sehingga menarik minat investor.


10. DOA

Buat saya pribadi, inilah penentu utama SUKSES yaitu BERKAH, bisa saja kita sukses namun jika akhirnya tidak BERKAH untuk apa?, jika demikian mending menjalankan sesuatu yang BERKAH terlepas apakah secara materi itu terukur sukses atau tidak. Doa merupakan salah satu hal terpenting dalam membangun kesuksesan, di mulai dengan Doa, dijalani dengan Doa dan akhiri dengan Doa, karena pada akhirnya kita tetap akan merasa sukses berapapun materi yang kita dapatkan.


Yah tentu temen-temen Foodpreneur semua, kembali lagi ke kita sendiri bagaimana kita memaknai sukses dalam perjalanan bisnis kita, setiap orang punya pemahaman berbeda dan untuk itulah kita harus bisa terus menghargai perjalan bisnis orang lain.


Jangan mengukur SUKSES menurut ukuran diri kita, jangan pula men JUDGE apapun yang kita lihat menjadi nilai kurang pada orang lain ketika mereka menjalankan bisnis, karena kita tidak pernah tau bagaimana dan apa akhir perjalanan bisnis kita.


Tetap semanagat/HUSTLER pada kondisi apapun kita saat ini, karena SUCCESS IS YOURS.

#Foodizz

#SpreadKnowledge

#KeepSharing


BTW Foodizz akan menghadirkan kelas terbaru yang sangat menarik sekali yaitu:


10X Outlet Growth. Bagaimana mengembangkan cabang sendiri tanpa kemitraan. Gimana Strateginya, Gimana Strategi Fundingnya dan Bagaimana Membuat Business Forecastingnya plus dilengkap Studi Kasus dan diberikan contoh Excell Forecastingnya. Jangan lewatkan Kelas ini, daftar sekarang di https://kursusfoodizz.id/foc11/


Sumber Gambar: Pexels

205 views0 comments

Previous Post

Baca berdasarkan Topik