Black Friday Clothing Sale Leaderboard.j

10 Cara agar Ghost Kitchen dapat Banyak Order

"Gimana yah sejak buka Ghost Kitchen (GK), salesnya ga naik-naik, padahal sudah daftar di aplikasi online, saya harus ngapain nih Foodizz?"

Waduh akang, teteh, oom tante, klo buat buat GK terus daftar aplikasi online Gofood / Grabfood otomatis SALES LANGSUNG KINCLONG sesuai target, itu sih namanya HALU, cerita Cinderella begini mungkin cuman ada di film Disney. Memangnya di aplikasi online itu GA ADA PESAING? Memang nya apa yang membuat KONSUMEN mau MEMBELI dari GK kita? Memangnya algoritma aplikasi online tersebut otomatis merekomendasikan GK Kita? YAH ENGGAK.


Jadi biarpunya sudah buat GK, sudah daftar aplikasi online masih banyak yang harus dilakukan agar GK kita bisa mendapatkan SALES sesuai yang kita harapkan. So, kali ini Foodizz coba akan berbagai ke temen-temen, 10 Cara agar Ghost Kitchen kita dapat banyak order, apa ajah itu?........... Yuk let's go.


1. Kelola Instagram


Instagram saat ini merupakan media yang sangat penting khususnya jika target market kita Millenial dan Gen Z. Instagram kita gunakan sebagai "rumah" untuk memberikan berbagai informasi terkait dengan produk kita secara visual maupun audio visual, serta Instagram juga punya fungsi untuk CALL TO ACTION yang mengarahkan konsumen untuk bisa tau alamat kita di mana, nomor telepon yang bisa dihubungin berapa, serta website kita apa.Instagram cukup powerfull digunakan sebagai media engage (berhubungan lebih dekat) dengan konsumen kita, jadi temen-temen semua harus serius dalam mengelola Instagram.


Tips-tips nya:

a. Klo bisa punya team / PIC lebih baik

b. Pelajari strateginya secara detail

c. Buat content calender yang detail

d. Pastikan image & video digarap dengan bagus, jgn asal-asal an.

e. Diukur dan terus di improve agar maksimal


2. Maksimalkan Tiktok


Saat ini tiktok merupakan media distribusi content yang sangat powerfull loh teme-temen. Di tiktok tidak masalah temen-temen cuma follow 10 orang, tapi kemungkinan content yang temen-temen buat bisa menyebar ke ribuan, ratusan ribu, bahkan jutaan orang, sehingga brand awareness kita bisa naik dengan cepat, apalagi misalnya penggunaan tiktok tidak hanya secara organik (mandiri) tapi juga di support oleh budget untuk beriklan atau menggunakan influencer, wuih.. bisa luar biasa impactnya ke traffic dan sales.

Salah satu contoh brand viral beberapa kali di Bandung melalui Tiktok seperti: Overhot Yaa!!! yang sampai mencapai 1.3 Juta views, Teduh Coffee, Mie Tjo Kin, Odading Mang Oleh, dan beberapa brand lain.


Tip-tipsnya:

a. Komitmen terus membuat konten

b. Pelajari konten-konten yang viral

c. Jika ada budget, hire team khusus buat konten

d. Selalui inovatif dengan berbagai konten

e. Terus diukur dan uji


3. Buat Tim Sales


Salah satu cara paling efektif meningkatkan penjualan Ghost Kitchen adalah punya TIM / PIC SALES. "Loh khan Ghost Kitchen cuman lewat Gofood / Grabfood, kok punya tim sales?" nah, inilah salah kaprah nya temen-temen soal membuat Ghost Kitchen, ujungnya khan pengen SALES, Ghost Kitchen itu khan fasilitas, jadi untuk dapetin sales kita harus menggarap channel sebanyak mungkin (lihat nomor 8), salah satunya tentu dengan punya tim sales.


Tim sales ini ngapain?

a. Jualan ke berbagai event

b. Jualan ke berbagai perusahaan

c. Mengelola database yang dimiliki agar ada repetisi


4. Siapkan Program Closing


Nah temen-temen yang punya GK, sudah terdaftar di gofood / grabfood bukan artinya SALES akan datang gitu ajah, klo gitu sih alangkah indahnya berbisnis kuliner, pada kenyataannya banyak yang gagal dan tutup khan. Ketika punya GK kita harus mempersiapkan dan terus berinovasi dengan program-program closing yang menarik untuk konsumen, contoh gampangnya tentu seperti PROMO, DISCOUNT, BUY 1 GET 1, dll. Nah program ini harus di PLANNING, DI HITUNG dengan detail, DI EKSEKUSI dengan tepat serta dievaluasi hasilnya.


5. Beriklan di IG / FB / Tiktok


Salah satu cara yang juga powerfull agar sales GK kita bagus adalah dengan rutin beriklan yang tentu CTA (CALL TO ACTION) nya di arahkan ke WA kita, bukan ke aplikasi online agar database dan jika ada order langsung bisa kita handling.


Iklan di IG ----> Click ----> Masuk ke WA business ----> Data di manage ----> Order -----> Handling.


Sederhananya flow nya begitu. Jadi sekali lagi ketika temen-temen beriklan, pastikan DATABASE nya bisa dikelola agar kita tau EFEKTIFITAS iklannya, serta bisa mmendorong terjadinya REPETISI PEMBELIAN oleh konsumen yang sudah membeli sebelumnya.


6. Cross Promotion


Misal, temen-temen kenal dengan 10 pemain GK, nah coba jalankan CROSS PROMOTION bersama dengan 10 pemain GK tersebut. Misal buat 1 Flyer yang berisi seluruh Menu 10 pemain GK dan informasi order (no HP). Nah flyer ini kemudian oleh 10 pemain tersebut secara komitmen bersama disebarkan melalui Instagram masing-masing dengan durasi yang sudah ditentukan, sehingga katakanlah masing-masing punya 5.000 follower, artinya ada potensi menggarap 50 ribu prospek, silahkan konsumen memilih ingin order ke siapa. Ini cara paling murah untuk masing-masing brand akhirnya mendapatkan exposure juga.


7. Manfaatkan Moment Campaign


Banyak moment di mana konsumen biasanya berbelanja lebih banyak, misalnya 11.11 Makanthon atau apapun istilahnya, ato nanti khan bakal ada Imlek tuh, nah coba buat promosi terkait moment ini sejak awal sehingga konsumen bisa dari sekarang memutuskan untuk melakukan pembelian, apalagi misalnya GK kita memang menyediakan produk dengan sistem PO (Pre Order), misalnya jualan brownies ato bisa membuat Kue Bulan, nah sejak sekarang segera manfaatkan momentnya untuk campaign lebih awal dari pesaing.


8. Multi Sales Channel


Nah ini paling penting, klo punya GK pastikan juga kita menggarap Multi Sales Channel, jgn hanya tergantung dengan delivery online. Ini sudah ditulis lengkap di sini, yuk dibaca yah:

8 Alternatif Channel Jualan Dalam Bisnis Kuliner


9. Kolaborasi dengan Influencer


Strategi ini juga cukup powerfull nih temen-temen untuk bisa meningkatkan Sales dari GK kita, yaitu bekerjasama dengan Influencer / Key Opinion Leader, bagaimana caranya juga sudah ditulis di Blog Foodizz, temen-temen tinggal baca di sini: Nge BOOMING in Bisnis Kuliner melalui KOLABORASI dgn IKOBE (Influencer/ Key Opinion Leader/ Buzzer)


10. Komitmen untuk Alokasi Budget


Terakhir, tentu tidak semua hal bisa gratis di dalam bisnis kuliner, jadi sangat ok banget kalo tementemen bisa mengalokasikan budget secara konsisten untuk bisa membangun brand GK nya, serta tentu mencapai target sales yang dibuat. Apalagi klo yang memang sudah mantap nih salesnya, wah jangan sampe PELIT budget, selalu disiplin alokasikan, karena ingat di luar sana banyak PESAING siap mengambil pasar kita, sehingga penting untuk selalu memaintain brand dan marketing kita, sehingga brand kita akan selalu menjadi pilihan konsumen.


Nah temen-temen, semoga tulisan kali ini bermanfaat yah, yuk terus belajar dan ACTION, selalu yakin klo saatnya kita sukses tinggal 1 atau beberapa langkah lagi.



Let's get SCALE


Foodizz Team

Serial #132


#keepsharing

#keeplearning

#spreadknoweledge


*Buat temen-temen yang mau copas artikel silahkan ajah ga perlu minta izin, asal mencantumkan sumber artikelnya yaitu www.foodizz.id/blog. Yuk hargai karya dan usaha orang lain dalam membuat konten"


#KontenPromo


Temen-temen ingin tips lebih dalam untuk NAIKIN SALES dan NAIKIN PROFIT di tahun 2021, gimana strategi, taktik dan programnya apa ajah? Sudah dipratekan dan terbukti jadi tinggal pelajari, contek, modifikasi untuk membatu SALES PROFIT bisnis kita naik.


Yuk bisa di klik di sini


Sumber gambar: Unsplash.com


390 views0 comments

Previous Post

Baca berdasarkan Topik